Anda Merasa Sangat Lelah Bekerja Di Kantor? Mungkin Ini Penyebabnya

lelah bekerja di kantor

Image dari Mamentrepreneures.com

Rasa lelah yang teramat sangat bisa saja terjadi kapan saja dan di mana saja. Di dalam lingkungan kerja, misalnya di kantor sangat berpotensi menimbulkan kelelahan seperti ini. Keadaan ini sangat berbahaya untuk Anda, untuk kesehatan dan juga produktifitas dalam bekerja juga rawan terpengaruh. Keadaan ini bisa menurunkan produktifitas Anda dalam bekerja.

Keadaan ini juga bisa membuat seseorang menjadi kehilangan energinya begitu saja. Penurunan kepercayaan diri dan rasa antusias kepada pekerjaan juga bisa menurun. Nah, keadaan ini sebenarnya bisa diatasi jika Anda mengetahui penyebabnya. Di antara penyebab itu adalah seperti di bawah ini.

1. Kurang Kendali Terhadap Keadaan

Ketidakmampuan Anda dalam mengendalikan keadaan bisa memicu keadaan yang sangat melelahkan. Biasanya ini berawal dari manajemen waktu yang buruk. Anda tidak disiplin dengan waktu yang sudah dijadwalkan, atau barangkali Anda bahkan tidak memiliki jadwal kerja sama sekali. Ketika Anda tidak mampu mengelola waktu dalam bekerja di kantor, maka Anda akan kehilangan kendali atas apa yang menjadi tugas Anda. Dan itu sangat melelahkan.

Artikel lain: Cara Sederhana Ini Bisa Membuat Pekerjaan Di Kantor Terasa Lebih Menyenangkan

2. Konflik Nilai Dalam Lingkungan Kerja

Konflik nilai ini umumnya terkait dengan prinsip idealisme Anda. Ini bisa terjadi pada Anda dengan rekan kerja, atau juga bisa dengan atasan Anda. Jika ini terjadi, ini akan sangat menguras energi Anda.

Ketika kalian mencoba untuk mengalah dengan mereka yang berbeda prinsip misalnya, ini pun juga akan menimbulkan tekanan dalam diri yang tidak ringan. Karena dengan menuruti mereka secara otomatis Anda akan membohongi hati Anda sendiri.

3. Beban Kerja Tak Sebanding Dengan Imbalan

Ini juga sangat sering menjadi pemantik seseorang merasa cepat merasa sangat lelah. Perasaan beban kerja yang tidak mendapatkan imbalan yang sebanding memang sangat riskan. Hal ini bukan saja mengenai gaji, namun apresiasi dari atasan terhadap sebuah prestasi juga sangat mempengaruhi sikap kerja Anda. Akan membuat Anda menjadi sangat lelah karena kecewa ketika prestasi yang Anda lakukan sama sekali tidak mendapat apresiasi dari perusahaan.

4. Anda Tidak Menemukan Keadilan Proporsional

Ketidakadilan dimanapun tempatnya kelihatannya adalah isu yang sangat rawan. Ketika Anda merasa tidak mendapatkan keadilan dalam lingkungan, pasti akan membuat sakit hati dan menjadi tidak maksimal dalam pekerjaan.

Terlebih jika ada unsur pilih kasih, itu pasti akan membuat pekerjaan yang Anda lakukan akan semakin terasa berat. Dan tentu saja hal ini akan membuat Anda mudah merasa sangat lelah. Keadilan bukan harus sama, tapi lebih kepada sesuai dengan porsi dari masing-masing orang.

5. Tempat Kerja di Kantor yang Tidak Nyaman

Tempat kerja yang tidak mendukung pekerjaan Anda juga bisa sangat berpengaru terhadap kelelahan yang Anda rasakan. Tempat kerja yang kotor, tidak rapi, pengap bisa menyebabkan kerja menjadi tidak nyaman dan akan membuat Anda pasti akan mudah lelah. Keamanan di area kerja juga sangat penting.




Tidak mungkin Anda bisa bekerja maksimal ketika Anda bekerja dalam kondisi jiwa yang sedang terancam misalnya. Lokasi kantor atau perusahaan di daerah yang rawan kejahatan bisa membuat Anda selalu was-was dan tidak nyaman dalam bekerja.

Dan perlu Anda ketahui, perasaan khawatir yang terus menerus akan membuat Anda mudah sekali lelah. Dan ketika ini tidak segera mendapatkan jalan keluar, maka rasa lelah Anda akan semakin parah yang akan berujung pada stres yang berbahaya.

Baca juga: 5 Cara Jitu Menghadapi Persaingan Kerja Di Kantor

6. Komunikasi Antar Pekerja yang Buruk

Komunikasi sangat penting dalam rangka menjalankan sebuah pekerjaan di lingkungan kerja. Tidak mungkin Anda hanya bekerja sendirian tanpa adanya bantuan orang lain. Ketika komunikasi dengan pekerja yang lain, naik atasan maupun bawahan atau rekan kerja buruk, maka sudah bisa ditebak, pekerjaan akan tersendat dan ini sangat menjengkelkan.

Hal ini, jika Anda diamkan saja terus menerus, pasti akan membuat Anda semakin mudah lelah dan stress. Komunikasi adalah kunci utama hidup bahagia di lingkungan kerja. Anda akan mudah dan nyaman meminta bantuan siapa saja ketika komunikasi dengan orang lain terjalin dengan hangat dan intens.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud