Selamatan Kelahiran Anak, Bos Facebook “Habiskan” USD 45 Miliyar

Selamatan Kelahiran Anak, Bos Facebook “Habiskan” USD 45 Miliyar

Maxima Chan Zuckerberg
Image dari Techinsider.io

Salah satu kabar yang sedang trending di jagat maya dalam beberapa hari ini, tak lain yakni kelahiran anak pertama dari founder #Facebook, Mark Zuckerberg dan istrinya Priscillia Chan. Menjadi penerus trah keluarga seorang milioner seperti Mark tentu menjadi hal yang tak biasa, terlebih baik Mark maupun istri sudah cukup lama mengidamkan kehadiran sang putri kecilnya tersebut.

Nah, ternyata kabar mengejutkan tidak berhenti pada kelahiran putri cantik bernama Maxima Chan Zuckerberg tersebut. Bagaimana tidak, saking bahagia dan bersyukurnya pasangan hartawan yang kerap tampil sederhana tersebut menyatakan akan  memberikan 99% saham Facebook yang dimiliki Mark  untuk kepentingan amal. Ingin tahu berapa nilainya? Kurang lebih $45 Miliyar dollar alias lebih dari Rp600 Triliun!

Sebuah Surat Kecil Untuk Sang Buah Hati

Untuk seseorang seperti Mark Zuckerberg, merasakan gelimang harta mungkin bukan hal yang mengejutkan. Bahkan selama berkarir, mulai awal membangun Facebook dengan berbagai tantangannya hingga mampu mencapai puncak karir, ia memang sudah dikenal sebagai sosok yang sederhana dan anti gaya hidup getset. Dan saat ini dengan kelahiran sang buah hati, perasaan Mark mungkin jauh lebih sumringah ketimbang semua pencapaian bisnisnya selama ini.

Yang menarik, Mark sempat menuliskan sebuah surat terbuka yang ditujukan untuk sang putri kecil, Max (panggilan Maxima Chan Zuckerberg). Dalam surat tersebut ada beberapa hal yang disampaikan Mark, di antaranya tentang harapan di masa depan dan juga keinginan untuk lebih banyak membantu sesama.

Artikel lain: Fundraiser ~ Halaman Khusus Facebook untuk Organisasi Nirlaba Menggalang Dana

Memang benar sang anak belum bisa membaca surat yang di posting secara online oleh ayahnya tersebut. Namun mungkin tujuan dari Mark adalah selain ingin berbagi kebahagiaan dengan semua orang yang telah membantu dan mendukung selama ini, ia ingin suatu saat nanti sang anak bisa tumbuh dan besar dengan mewarisi mimpi orang tua mereka tentang bagaimana bisa menjadi manusia yang berguna dan mampu menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk orang lain.

Mendirikan Yayasan Sosial

Dalam surat tersebut, Mark sempat menyebut akan mendirikan sebuah yayasan sosial bernama Chan Zuckerberg Initiatives. Nantinya yayasan tersebut diharapkan bisa menjadi penyambung tangan keluarga Mark dengan berbagai kegiatan filantropi mulai dari pengembangan pendidikan, potensi anak serta kesetaraan hidup manusia.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, dikutip dari sumber lain menyebutkan bahwa dalam waktu dekat ini Mark akan menjual 1% sahamnya sebagai dana operasional awal yayasan Chan Zuckerberg Initiatives. Setelah proses operasional berjalan, sesuai dengan “nazar” yang diucapkan oleh orang nomor satu Facebook tersebut, hasil penjualan saham Facebook akan secara bertahap disalurkan lewat berbagai kegiatan sosial yang sudah direncanakan. Sebagai langkah awal, Mark mengatakan akan fokus kepada kegiatan yang menyangkut anak-anak.

Sisi Filantropi Keluarga Mark Zuckerberg

Sebagai sosok dengan kesuksesan luar biasa, nampaknya Mark sadar betul bahwa pencapaian tertinggi dalam hidupnya adalah ketika bisa berguna untuk orang lain. Seakan sudah jalan takdirnya, Mark bertemu dengan sang istri Priscillia yang juga mempunyai kepedulian sosial yang amat besar. Lahir dan besar dalam kondisi yang tidak terlalu beruntung, menjadikan Priscillia faham masih banyak mereka yang membutuhkan uluran tangan.

Baca juga: Tahukah Anda, Bill Gates Jadi Dermawan Karena Sosok Ibunda

Terinspirasi dari keluarga pebisnis teknologi sukses, Bill Gates dan istri yang juga sangat loyal untuk urusan sosial, Mark juga ingin menjalankan langkah nyata untuk membantu sesama. Hal tersebut sudah nampak sejak ia masih membangun Facebook. Kala itu diusia 26 tahun, ia bersama Bill Gates sempat menggalakan gerakan mengajak beberapa miliader dunia untuk menyumbangkan setengah kekayaan mereka untuk didermakan.

Bagaimanapun, kita bisa melihat banyak hal positif dari lahirnya putri kecil Mark Zuckerberg. Tidak hanya berkah kebahagiaan bagi keluarga, ke depan tentu semakin banyak juga anak-anak yang bisa merasakan kebahagiaan tersebut lewat aksi sosial sang Ayah dermawan tersebut.

2 KOMENTAR

  1. sedangbosan.com

    uang sebanyak itu buat apa aja ya?? kalau di indonesia paling cuma bancakaan (nasi kardus) sama cemilan cemilan ringan lainya :D

  2. Kalau anak nya Mark Zuckerberg udah gede, anak nya boleh main facebook gak ya ? :V

    #KomentarPalingCoeg :V

Tinggalkan Balasan