Fundraiser ~ Halaman Khusus Facebook untuk Organisasi Nirlaba Menggalang Dana

Image dari Thenextweb.com

Image dari Thenextweb.com

Setelah sebelumnya Facebook meluncurkan fitur donate beberapa bulan yang lalu, kini media sosial yang dipimpin oleh Mark Zurkerberg ini kembali merilis halaman baru untuk menggalang dana. Halaman yang kemudian diberi nama Fundraiser ini ditujukan bagi organisasi non-profit untuk bisa mengumpulkan dana melalui akun Facebook mereka.

Fundraiser sendiri sejatinya merupakan pengembangan dari fitur donate ini memang sengaja dikembangkan pihak #Facebook untuk bisa membantu organisasi non-profit tersebut untu bisa mendapat donatur baru dan akhirnya memperoleh dana yang dibutuhkannya. Lalu bagaimana halaman fundraiser ini sendiri? Berikut ulasannya.

Halaman Fundraiser Seperti Layaknya Page Event

Fundraiser adalah halaman khusus yang bisa digunakan lembaga atau organisasi nirlaba untuk bisa mengumpulkan dana guna kampanye tertentu, seperti untuk krisis pengungsian, membantu memberantas malaria atau menyediakan air bersih, dan lain-lain. Tombol Donate sendiri yang sebelumnya talha ada dan disediakan untuk ikan di situs, sekarang ini karena mengalami pembaruan maka tombol ini akan muncul di pages nonprofit sehingga memungkinkan pengguna untuk berkontribusi langsung dari News Feed.

Page atau halaman Fundraiser sendiri menyerupai format pages event yang memungkinkan oraganisasi non profit untuk menggabarkan kampanye tertentu dan menggalang dana dari para donaturnya secara langsung. Selain untuk menggalang dana, halaman ini juga bisa digunakan untuk memnatau progress atau perkembangan dari kampanye yang diumumkan.

Artikel lain: Facebook Reaction ~ Fitur Terbaru Pengganti Fungsi Tombol Dislike




Wujud Apresiasi dan Dedikasi untuk Organisasi Nirlaba

Diciptakannya halaman Fundrasier ini adalah sebagai apresiasi Facebook untuk dedikasi organisasi nirlaba yang selama ini tanpa lelah mengumpulkan dana. Halaman organisasi nirlaba (nonprofit fan page) ini memang bisa digunakan untuk kampanye tertentu. Dan tanpa dukungan dari sang pemilik #media sosial sendiri tentu usaha organisasi non-profit ini akan kurang maju.

Namun dengan adanya dukungan dari Facebook saat ini organisasi nirlaba tersebut bisa memaksimalkan usahanya seperti menceritakan kisah kampanye mereka, mengerahkan pendukungnya serta untuk mengumpulkan sumbangan.

Simpati Facebook atas Kejadian di Dunia

Selain sebagai wujud apresiasi facebook atas perjuangan organisasi non-profit ini, langkah yang dilakukan facebook meluncurkan halaman Fundraiser ini juga dilatarbelakangi oleh simpatinya terhadap berbagai kejadian-kejadian di dunia.

Saat ini Facebook memang belakangan terlihat aktif memberikan respon dan menunjukkan simpatinya atas kejadian-kejadian yang terjadi di dunia internasional. Dengan kemampuan yang dimilikinya, Facebook berusaha sebisa mungkin membantu apa yang bisa dibantu.

Salah satunya bukti simpati dan respon Facebook atas kejadian dunia ini telah nampak nyata saat Facebook membuat fitur Safety Check pasca peristiwa penyerangan Paris, Jumat (13/11). Meski kemudian menuai kritik tapi hal ini telah menjadi bukti nyata bahwa Facebook sudah mulai ikut terlibat dan merespon kejadian-kejadian di dunia.




Cara Kerja Halaman Fundraiser

Seseorang yang berniat jadi donatur, mereka bisa mengirimkan sumbangan secara langsung dengan cara mengklik tombol ‘Donate’ pada halaman ‘News Feed’ organisasi-organisasi tertentu. Setelah itu mereka bisa membagi atau memposting aksinya ke beranda mereka agar bisa dilihatdan menarik simpati orang lain untuk ikut menyumbang atau melakukan donasi. Setelah mengklik tombol ‘Donate’ ini, maka donatur akan mendapati tautan halaman baru berupa formulir untuk memproses pembayaran donasi melalui PayPal, kartu kredit, atau kartu debit.

Dengan adanya halaman fundraiser ini, donatur juga akan dimudahkan menyumbang hanya dengan beberapa ‘klik’ atau ‘tap’. Saat donatur kemudian memposting donasinya, maka tombol donasi akan muncul diberanda akunnya. Dari sini maka orang-orang atau teman-teman sang donatur akan bisa melihat aksinya dan kemudian orang-orang atau teman-teman sang donatur akan bisa juga ikut menyumbang dan bergabung dengan penggalangan dana langsung dari News Feed.

Baca juga: Photo Magic ~ Fitur Terbaru Facebook Untuk kenali Wajah Teman

Memudahkan Organisasi untuk Mendapatkan Banyak Donatur

Selain memudahkan donatur untuk menyumbang, halaman Fundraiser ini juga memudahkan organisasi nirlaba untuk bisa mendapatkan banyak donatur. Hal ini sebenarnya adalah dampak dari satu orang donatur yang menyumbang tadi.

Selain mendapatkan donatur, organisasi nirlaba juga akan dimudahkan untuk bisa mendapatkan banyak pendukung dan melacak perkembangan dari proyek atau kampanye yang diadakan. Sejauh ini Facebook sendiri telah melakukan kesepakatan kerjasama dengan 37 organisasi seperti di antaranya Mercy Coprs, National MS Society, World Wildlife Fund dan lainnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud