Selama Bulan Ramadhan Ternyata Tren Belanja Konsumen Berubah, Inilah 5 Wujud Perubahan...

Selama Bulan Ramadhan Ternyata Tren Belanja Konsumen Berubah, Inilah 5 Wujud Perubahan Tersebut

tren belanja online
Image dari Sukmainspirasi.com

Bulan Ramadhan memang selalu menciptakan atmosfer yang berbeda disetiap harinya. Bagaimana tidak, dengan nuansa dan beberapa kegiatan yang ada didalamnya membuat bulan Ramadhan memang sangat spesial. Dari adanya bulan Ramadhan sendiri memang membuat muncul beberapa kegiatan yang berbeda yang tidak dilakukan bulan-bulan sebelumnya. Dan salah satu kegiatan atau aktivitas yang berbeda dilakukan saat bulan Ramadhana dalam belanja.

Ya, ketika bulan Ramadhan tren belanja seseorang memang mengalami perbedaan. Perbedaan atau perubahan dalam tren belanja ini terjadi lantaran adanya tuntutan dan juga perubahan jam dari hidup seseorang seperti mempersiapkan ramadhan dan lebaran, atau tuntutan harus bangun sahur. Tren perubahan belanja ini sendiri menyebabkan daya beli masyarakat meningkat hingga 3 kali lipat.

Nah dari sinilah seharusnya para pebisnis offline ataupun online bisa memanfaatkan momen spesial ini. Nah untuk bisa mencermati peluang di bulan Ramadhan dengan lebih baik, maka penjelasan tentang wujud perubahan belanja konsumen berikut ini bisa jadi panduan Anda. Berikut ulasannya.

1. Trafik Waktu Sahur Naik 152% untuk Belanja Online

Wujud perubahan belanja pada bulan Ramadhan yang pertama adalah kebiasaan belanja online saat waktu sahur. Ya, jika sebelum puasa mungkin orang-orang akan melakukan belanja online pada siang atau sore hari maka pada bulan Ramadhan trafik tertinggi ternyata muncul pada saat jam 4 pagi yakni ketika sahur.

Menurut data Flipit.com tercatat sebesar 152% traffic dari e-Commerce mengalami kenaikan pada saat momen makan sahur ini. Nah dari sini bagi Anda yang menjalankan bisnis online seharusnya bisa memanfaatkan perubahan jam ini dengan menggelar promosi atau pun strategi lain agar konsumen bisa berbelanja ke tempat Anda.

Artikel lain: Mau Dapat Diskon Gede di Bulan Ramadhan 1437 H? Pastikan Anda Belanja di 6 Toko Online Berikut Ini

2. Tren Belanja dengan Voucher Diskon

Berikutnya, wujud perubahan belanja seseorang pada bulan Ramadhan adalah tren mencari voucher diskon. Entah karena untuk berhemat atau karena kebutuhan, voucher diskon dari sejumlah e-commerce selalu menjadi buruan para netizen saat bulan Ramadhan.

Voucher diskon yang sering dicari oleh konsumen pada bulan Ramadhan ini sendiri adalah berupa kupon online. Dari data yang tercatat oleh Flipit Indonesia, pencarian kupon online selama bulan Ramadhan ini meningkat 35% dan 242% saat lebaran.

3. Fashion Hijab Banyak Diburu Konsumen

Bulan Ramadhan memang tak akan lepas dengan nuansa religi disana-sini. Dan salah satu hal yang membuat Ramadhan selalu berkesan religi adalah adanya produk-produk fashion muslim dan muslimah yang seringkali dikenakan dan terlihat.

Nah dari sinilah dalam tren belanja Ramadhan diketahui bahwa hijab menjadi barang yang paling diburu oleh konsumen. Dari catatan flipit.com, tercatat pengeluaran untuk belanja produk ini naik mencapai 67% dari rata-rata waktu atau hari biasanya.

4. Beli Tiket Mudik di Jejaring Online

Tidak hanya fashion hijab yang banyak diburu pada bulan Ramadhan, namun tiket mudik juga menjadi sesuatu yang paling diburu oleh masyarakat. Mudik atau kembali ke kampung halaman memang selalu menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat lebaran. Nah sebelum bisa mudik ini orang-orang yang menggunakan transportasi umum harus mempersiapkan tiket mudik.

Menurut data dari Kompas, sebesar 31,8% netizen selalu melakukan pembelian tiket mudik lewat jejaring online. Dengan makin berkembangnya sistem online dan munculnya beragam aplikasi travel yang menawarkan kemudahan bertransaksi menjadikan banyak orang lantas memutuskan untuk membeli tiket mudik lewat media online.

Baca juga: Anda Penggila Belanja Online? Ketahui 5 Trik Berikut Ini Agar Belanja Makin Memuaskan

5. Sedekah dan Berzakat Secara online

Terakhir, wujud perubahan belanja seseorang di bulan Ramadhan adalah bersedekah secara online. Dari kecanggihan teknologi dan semakin berkembangnya sistem online maka sedekah dan zakat yang sudah jadi tradisi di bulan Ramadhan bisa dilakukan secara online.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? tentu saja bisa, dengan adanya aplikasi seperti kitabisa.com dan lain-lain maka urusan bersedekah dan zakat bisa kita lakukan dengan mudah lewat genggaman tangan. Tidak hanya aplikasi yang bisa melakukannya, sebab pada bulan Ramadhan, beberapa perusahaan #ecommerce juga memberikan kesempatan pada netizen yang ingin memberi sedekah sambil belanja online melalui platformnya di Bulan Ramadhan ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan