Sebaiknya Anda Tahu, Faktor Ini Sangat Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan

Sebaiknya Anda Tahu, Faktor Ini Sangat Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan

Image dari Playbuzz.com
Image dari Playbuzz.com

Kinerja karyawan dalam mendukung bisnis ataupun perusahaan yang sedang Anda bangun adalah sangat penting. Karyawan secara langsung adalah motor dari bisnis yang Anda jalankan. Jadi, ketika Anda ingin meningkatkan performa bisnis dan perusahaan Anda, maka salah satu jalan yang harus Anda lakukan adalah dengan meningkatkan kinerja karyawan Anda dengan maksimal.

Nah, dalam proses meningkatkan kualitas kinerja karyawan ini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Kinerja karyawan dalam menjalankan instruksi bisnis dari Anda sebagai pimpinan dipengaruhi beberapa faktor selain tentu saja Anda sendiri sebagai pimpinan harus sangat menguasainya.

Di bawah ini adalah beberapa faktor secara garis besar yang sangat mempengaruhi kinerja karyawan Anda. Tidak bisa tidak, Anda pun harus memperhatikan faktor-faktor berikut ini untuk memudahkan Anda dalam proses meningkatkan kinerja mereka.

1. Ketersediaan Fasilitas Kantor

Fasilitas di kantor adalah sesuatu yang mutlak harus Anda sediakan di kantor jika Anda ingin kinerja karyawan Anda bisa maksimal. Tidak mungkin Anda menuntut mereka para karyawan bekerja dengan maksimal jika fasilitas tidak Anda sediakan dengan cukup. Terlebih fasilitas dasar dalam bekerja, jika Anda atau perusahaan Anda tidak bisa memberikannya, tentu sulit bagi karyawan bisa bekerja dengan maksimal.

Jika terpaksa Anda belum bisa memberikan fasilitas yang baik, karena perusahaan Anda masih dalam tahap #Startup, maka akan lebih baik jika Anda menjelaskan keadaan secara jelas kepada para karyawan. Berikan pengertian kepada mereka bahwa perusahaan bisnis ini masih dalam tahap membangun dan pengembangan, sehingga mereka pun juga mengerti keadaan perusahaan sebenar-benarnya.

Artikel lain: Karyawan Anda Malas? Coba Atasi Dengan Cara Ini

2. Keadaan dan Lingkungan Kerja

Selain ketersediaan fasilitas kantor, yang menjadi mempengaruhi kinerja karyawan adalah keadaan lingkungan kerja mereka. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa hampir 80% karyawan resign dari tempat kerja mereka karena merasa lingkungan kerja tidak nyaman. Lingkungan kerja ini bisa terkait dengan lokasi perusahaan atau kantor, bisa juga terkait langsung dengan hubungan antar personal.

Lingkungan kerja yang sehat dilihat dari lokasinya adalah ketika karyawan memiliki tempat kerja yang nyaman, seperti penerangan yang cukup, dan juga temperatur udara baik. Sedangkan kenyamanan lingkungan kerja antar personal adalah ketika hubungan antar karyawan, karyawan dengan atasan terjalin dengan sehat. Persaingan tentu ada, namun semuanya masih berjalan secara sehat dan fair.

3. Skala Prioritas Dalam Pekerjaan

Ketika Anda tidak memberikan kerangka kerja yang jelas, maka kegaduhan pasti akan timbul dalam kinerja karyawan. Karyawan tentu menginginkan kejelsan mengenai tugas pokok dan fungsi mereka sebagai karyawan. Di sini perlunya Anda memberikan skala prioritas kepada mereka, jelaskan kepada mereka mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu mana yang tidak.

Mungkin dalam perjalanannya ada keadaan yang mendadak yang mengharuskan karyawan mengerjakan pekerjaan yang tidak terjadwal sebelumnya, maka Anda harus mampu memberikan penjelasan yang gamblang tentang tugas tersebut. Pola komunikasi yang baik akan sangat membantu Anda dalam menyampaikan tugas baru tersebut.

4. Dukungan Dari Pimpinan

Ini sangat diperlukan dalam memompa kinerja para karyawan. Anda sebagai seorang pimpinan harus pandai memberikan #motivasi kepada mereka. Memberikan ruang yang terbuka kepada pendapat-pendapat dan ide kreatif mereka bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan dukungan pada mereka.

Tentu tetap pada takaran yang sesuai dengan kapasitas masing-masing karyawan. Tidak bisa juga Anda memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada mereka untuk mengatur perusahaan. Anda fungsikan diri Anda sebagai penyaring berbagai ide yang muncul dari mereka. Tentunya dari banyak karyawan akan mampu memperkaya ide kreatif yang muncul dari berbagai disiplin bidang yang mereka kuasai.

Baca juga: Jangan Biarkan Karyawan Terbaik Anda Resign! Cegah Dengan Cara Ini

5. Reward and Punishment

Bonus atau reward adalah sesuatu yang paling diinginkan oleh para karyawan. Mereka sangat senang dan bahkan bangga ketika pekerjaan atau prestasi mereka diapresiasi dengan baik oleh perusahaan. Maka tidak salah jika Anda juga memberikan reward kepada mereka, tidak harus besar, namun sebuah reward lebih kepada sebuah penghargaan atas kinerja mereka.

Di sisi lain, Anda juga perlu memfungsikan punishment atau hukuman untuk menjaga agar mereka tetap bekerja sesuai dengan aturan dan tata tertib perusahaan. Keseimbangan antara keduanya akan sangat membantu karyawan bisa lebih maksimal dalam menjalankan tugas dari perusahaan.

1 KOMENTAR

  1. Sepatu Boots Wanita Kantor

    Kaau boleh menambahkan mas,,,Kedekatan pemimpin dan bawahannya sehingga tidak ada jarak antara pimpinan dan karyawan yang akan menimbulkan kenyaman karyawan. Kalau sudah nyaman tentunya akan menghasilkan produktifitas yang bagus..

Tinggalkan Balasan