Jangan Biarkan Karyawan Terbaik Anda Resign! Cegah Dengan Cara Ini

Image dari stepbystep.com

Image dari stepbystep.com

Memiliki karyawan adalah salah satu faktor penting yang menunjang kesuksesan dalam menjalankan sebuah bisnis. Karyawan yang baik akan sangat membantu Anda dalam membesarkan bisnis atau perusahaan yang sedang Anda kelola. Keberadaan karyawan terbaik itu jika Anda tidak bisa mengelolanya, suatu saat akan justru menjadi pisau bermata dua. Maka dari itu, Anda harus pandai menjaga mereka agar tetap loyal pada paerusahaan.

Sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus teliti dan bisa membaca situasi atau keadaan sekiranya karyawan terbaik Anda mulai menunjukkan gejala tidak betah bekerja pada Anda. Akan sangat disayangkan jika karyawan terbaik Anda yang biasa menjadi andalan kemudian keluar begitu saja dari perusahaan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencoba menghentikan niat mereka ketika menunjukkan tanda-tanda akan resign. Perhatikan beberapa cara di bawah ini.

1. Cobalah Untuk Saling Terbuka

Betapa penting komunikasi yang dibangun antara karyawan dan pimpinan. Jangan sampai Anda sebagai pimpinan tidak terbuka pada karyawan, mereka juga manusia biasa yang memiliki perasaan dan emosi yang sama dengan kita.

Bicaralah dengan mereka baik-baik, coba bangun komunikasi yang intens. Cobalah menjadi orang yang bisa dipercayai oleh karyawan. Buatlah karyawan bisa berbagai tentang masalah yang mungkin sedang dihadapi pada Anda. Dengan cara seperti ini, karyawan biasanya lebih merasa diapresiasi dan merasa lebih dihargai.

Artikel lain: Lakukan 7 Hal Ini Agar Karyawan Bekerja Lebih Maksimal




2. Ajaklah Untuk Merasa Memiliki

Kepercayaan Anda pada mereka adalah #motivator utama bagi para karyawan dalam menjalankan pekerjaan untuk Anda. Selain itu, perasaan memiliki bisnis untuk dibesarkan bersama-sama juga akan membuat mereka semakin percaya akan apresiasi yang Anda berikan pada nya.

Berikan juga informasi mengenai progress perusahaan, perkembangan yang dicapai oleh perusahaan atau prestasi-prestasi lain yang berkaitan langsung dengan apa yang mereka kerjakan. Hal ini akan membuat mereka semakin bangga dengan apa yang dikerjakan, dan tentunya diharapkan selalu bisa tetap berkarya untuk perusahaan Anda.

3. Akomodir Pendapat Mereka

Libatkan juga mereka dalam suatu proses pengambilan keputusan. Sesekali ajak mereka berdiskusi dan saling bertukar pendapat. Jangan terlalu kaku dan membuat batasan yang terlalu tinggi antara perusahaan dan karyawan.

Proses demikian akan membuat karyawan semakin merasa bahwa keberadaannya dalam sebuah perusahaan sangat dibutuhkan.  Melibatkan mereka dalam sebuah proses diskusi juga akan semakin membuka lebar referensi Anda untuk mengambil suatu kebijakan tertentu.

4. Bertindak Tegas Pada Karyawan Negatif

Dalam sebuah #komunitas atau sekumpulan banyak orang, tentu tidak semua orang memiliki pikiran dan sifat yang sama. Ada peran-peran yang negatif dan bisa berpengaruh terhadap orang-orang baik di sekitarnya.




Termasuk dalam sekumpulan karyawan dalam sebuah berusahaan, tentu akan ada satu atau dua orang yang memiliki pengaruh negatif pada karyawan baik yang lain. Ini sangat berbahaya jika Anda diamkan saja, jangan ragu untuk segera mengambil keputusan yang tegas dalam menghadapinya. Bisa dengan memberikan peringatan sampai pada pemecatan.

5. Interospeksi Diri Anda Juga

Jangan hanya selalu membebankan semua kesalahan pada karyawan Anda. Ada kalanya Anda juga perlu melakukan interospeksi diri Anda sendiri. Adakah sesuatu kesalahan yang Anda perbuat sehingga membuat karyawan terbaik Anda menginginkan untuk resign.

Coba lakukan ini, jika Anda sulit melakukannya, coba tanyakan pada orang-orang terdekat Anda. Apakah tindakan yang selama ini Anda kerjakan ada yang tidak menyenangkan pada karyawan, atau bahkan menyakiti mereka.

Baca juga: 5 Tips Berkomunikasi Dengan Karyawan Pertama Anda

6. Reward Lebih Untuk Karyawan Terbaik

Memberikan reward pada karyawan terbaik juga sangat diperlukan. Jangan hanya mempekerjakan mereka saja, memberikan sesuatu meskipun sedikit akan membuat mereka lebih bahagia.

Tidak harus juga memberikan reward ketika mereka telah memberikan sebuah prestasi pada perusahaan Anda, namun sesekali memberikan kejutan akan lebih membuat mereka lebih merasa senang. Mengajak liburan bersama atau makan bersama tanpa mereka ketahui sebelumnya bisa menjadi contoh sederhana.

So, jangan biarkan karyawan terbaik Anda meninggalkan perusahaan Anda begitu saja. Usahakan untuk selalu menjaga mereka dan membuat mereka merasa nyaman dan betah bekerja untuk perusahaan Anda.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Tergantung perusahaannya, kalau perusahaan krluarga yg penting income mereka, karyawan masih banyak.

  2. Saya sangat setuju dengan yang nomor 6 , pemberian reward akan memberikan rasa nyaman pada karyawan untuk bekerja

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud