Karyawan Anda Malas? Coba Atasi Dengan Cara Ini

mengatasi karyawan malas

Mengelola sebuah perusahaan bukanlah perkara yang sepele. Di dalam perusahaan bukan saja diharuskan mampu mengelola #peluang bisnis yang ada, namun lebih dari itu, Anda dituntut juga mampu mengelola karyawan.

Karyawan sebagai salah satu aspek utama harus menjadi prioritas utama dalam manajerisasi. Kenapa demikian, karena ketika terjadi sesuatu terhadap karyawan, penurunan produktivitas kerja misalnya, maka secara signifikan itu akan berpengaruh terhadap perusahaan.

Nah, masalah yang sering kita jumpai adalah, ketika manajemen mendorong produktivitas karyawan, yang terjadi justru sebaliknya. Banyak karyawan yang tidak sejalan dengan program dari manajemen karena mereka malas. Ini menjadi masalah berbahaya jika tidak segera mendapatkan solusi yang tepat. Jika Anda juga mengalami hal yang sama, coba lakukan beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Perlakukan Karyawan Seperti Investor

Ini mungkin jarang dilakukan oleh beberapa perusahaan. Pertanyaanya kemudian adalah bagaimana maksudnya memperlakukan karyawan seperti layaknya investor. Dalam memperlakukan seorang investor, tentunya Anda tidak bisa main-main. Dalam menyampaikan informasi pun juga demikian, Anda harus memberikan info sejujur-jujurnya.

Nah, karyawan diharapkan juga diperlakukan seperti halnya investor. Berikan informasi yang jujur pada mereka. Meskipun juga tidak dengan memberikan akses informasi sebebas-bebasnya. Setidaknya Anda sudah jujur pada mereka, dan hal ini sangat berarti pada mereka.




Artikel lain: Jangan Biarkan Karyawan Terbaik Anda Resign! Cegah Dengan Cara Ini

2. Karyawan Bukan Mesin, Jadi Izinkan Juga Mereka Istirahat

Perlu Anda ketahui bahwa karyawan juga manusia yang sangat memerlukan istirahat dan refreshing. Tidak bisa Anda terus menekan mereka dalam tugas kerja dari perusahaan. Kerja mereka semakin lama akan semakin tidak efektif jika Anda memaksa mereka tanpa memberi istirahat barang sejenak. Meluangkan waktu sejenak untuk merayakan keberhasilan yang sudah dibuat sangat bagus sekali untuk merefresh otak mereka.

Memang dalam mengelola karyawan masing-masing perusahaan memiliki metode dan cara yang berbeda. Namun, bekerja dengan tekanan tanpa adanya waktu istirahat akan menjadi racun yang mematikan suatu saat.  Karena bekerja dalam suasana yang tidak nyaman dan tertekan yang terus menerus pasti akan memunculkan potensi pemberontakan yang bisa jadi di luar kendali Anda.

3. Seringlah Muncul Di Tengah-tengah Karyawan Saat Jam Kerja

Ini bukan tentang mengontrol mereka saja, namun lebih dari itu, interaksi yang Anda lakukan sangat membantu dalam proses meningkatkan #motivasi para karyawan. Anda bisa menanyakan hal-hal kecil terkait pekerjaan yang sedang mereka kerjakan. Ingat, jangan memberikan pertanyaan yang memojokkan saat itu. Jika Anda sekiranya ingin memberikan sedikit peringatan kepada karyawan, sebaiknya cari waktu dan tempat tersendiri.

Cara ini lebih efektif jika Anda lakukan dengan komunikatif kepada mereka. Jadi, jangan muncul di tengah-tengah karyawan kemudian Anda hanya diam saja, itu sangat tidak bagus. Setidaknya berikan sapaan akrab kepada mereka.




4. Sediakan Fasilitas Pendukung Pekerjaan Mereka

Salah satu faktor yang membuat banyak karyawan malas dalam bekerja adalah karena fasilitas yang ada. Fasilitas yang minim sangat bisa memicu karyawan menjadi pemalas. Jadi, sebelum menyuruh mereka untuk menjadi karyawan yang rajin, ada baiknya kalau disediakan dahulu fasilitas penunjang dalam pekerjaan.

Tidak bisa Anda hanya meminta mereka menjadi rajin, sedangkan fasilitas yang diberikan sebagai penunjang pekerjaan sangat minim. Baru ketika semua fasilitas sudah tersedia mereka tetap malas, maka Anda pun juga harus bisa bertindak dengan tegas. Anda bisa melakukan teguran atau sanksi ketika mereka tetap tidak memiliki dedikasi dalam pekerjaan.

Baca juga: Resep Sederhana Tumbuhkan Loyalitas Karyawan 

5. Sering-seringlah Mengajak Mereka Berdiskusi

Janganlah menjadi seorang yang kaku. Apalagi ketika Anda menghadapi bawahan, jadilah pribadi yang menarik. Menjadi orang yang kaku dan tidak pernah mau mendengarkan orang lain, akan menjadikan Anda sebagai seorang yang tidak dihormati. Sesekali ajaklah karyawan berdiskusi bersama membicarakan masa depan perusahaan yang sedang dikembangkan.

Hargai peran mereka sebagai salah satu faktor penting dalam membesarkan perusahaan. Dengan sering mengajak berdiskusi, akan membuat mereka merasa dihargai dan diapresiasi pekerjaannya. Dan, tentu saja ini bisa membuat motivasi mereka semakin meningkat dalam pekerjaan.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. wah,, mantep ni share arikelnya tentang karyawan yang lagi males.
    suwun om artikelnya..

    • sami sami mase

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud