Beranda SEO Salah Satu Project SEO Website Yang Berhasil Saya Kerjakan

Salah Satu Project SEO Website Yang Berhasil Saya Kerjakan

seo-project1

Kalo kita ngomongin tentang SEO (search engine optimization) pasti tidak akan ada habisnya. Sudah sangat banyak ahli SEO yang bermunculan di dunia online marketing – di Indonesia khususnya – bahkan ada yang sampai mengklaim diri mereka sebagai “dewa SEO”, “master SEO”, “dukun SEO”, “Iblis SEO”, “SEO No. 1”, dan lain-lain. Apapun sebutan yang mereka pakai, yang pasti mereka mengerti tentang optimasi website di search engine.

Saya pribadi beberapa kali menerima project optimasi website di search engine, baik
yang dibayar ataupun yang gratis. Salah satu website yang pernah saya optimasi adalah web liriklagubatak.com punya temen saya. Saat ini web lirik lagu batak ini berada pada posisi #1 di google.co.id dan google.com untuk kata kunci utama yaitu “Lirik Lagu Batak” dan banyak dari postingannya berada di halaman utama google. Tentunya trafik website ini lumayan banyak, berdasarkan informasi yang saya lihat dari data histat nya, web liriklagubatak.com sekarang memiliki trafik 500-700 UV per hari, lumayan lah untuk sebuah website sederhana. Proses mulai dari build website hingga menjadi posisi #1 di Search Engine untuk web ini membutuhkan waktu sekitar 6 bulan, prestasi yang tidak terlalu buruk untuk seorang amatir seperti saya hehehe.

Terus terang untuk konten website liriklagubatak.com sebenarnya sudah banyak diposting di internet, jadi kontennya pasti tidak unik, dan memang ini pasti terjadi untuk web-web yang menyediakan konten lirik lagu. Lalu, kenapa web ini bisa menjadi posisi #1 di google dan mengalahkan web lirik lagu batak yang lain yang lebih dulu ada di internet? Sebenarnya cukup sederhana, web ini memenuhi syarat-syarat SEO on page dan off page dari sebuah website.

Artikel terkait8 Langkah Sederhana Untuk Memaksimalkan SEO Sebuah Website

Apa saja faktor SEO yang membuat web ini menjadi idola search engine Google? Berikut ini penjelasan singkatnya:

  1. Niche website sangat fokus, dimana kontennya adalah lirik lagu batak. Niche ini masih sangat sedikit saingannya, kalaupun ada, sangat mudah dikalahkan – menurut saya. Oleh karena itu, keywords yang dipilih sangat mudah dioptimasi karena saingannya tidak sulit.
  2. Menggunakan domain yang mengandung kata kunci. Pada dasarnya, domain tidak harus mengandung kata kunci tapi dalam hal ini saya menyarankan teman saya untuk membeli domain dengan kata kunci agar search engine langsung mengenal topik utama website tersebut, dan memang hasilnya sangat baik untuk web ini.
  3. Menggunakan platform WordPress. Salah satu platform yang sangat disukai oleh search engine adalah WordPress, itulah sebabnya saya menyarankan teman saya untuk menggunakan platform ini. Selain itu proses modifikasi di WordPress lebih mudah dibanding dengan platform lain, sangat cocok untuk pemula.
  4. Website ini menggunakan media sosial – twitter dan facebook – untuk memaksimalkan trafik dan keberadaannya di internet. Dampak positive dari media sosial, selain trafik adalah “Trust” dari search engine kepada web ini dan tentunya sangat berpengaruh pada optimasi website di mesin pencari.
  5. Backlinks secukupnya. Jumlah backlinks tidak selalu berpengaruh pada posisi di search engine, tapi kualitas sumber backlinks pasti sangat berpengaruh dalam SEO. Web liriklagubatak.com tidak punya banyak backlinks, tapi sumber backlinksnya adalah dari website yang memang punya reputasi baik di internet, jadi tidak heran kalo website ini sangat kuat di mesin pencari.

Artikel terkait: Tips Memilih Nama Domain

Lima poin yang disebutkan di atas memang terlihat sangat umum dan biasa saja, tapi bila dikerjakan dengan baik hasilnya pasti positive, seperti yang terjadi pada website milik teman saya itu. Dan untuk niche yang memang agak berat saingannya pasti membutuhkan usaha yang lebih besar lagi dan juga membutuhkan waktu yang lebih lama agar website kita mencapai posisi yang baik di halaman utama mesin pencari.

Pada intinya, menurut saya SEO itu sebenarnya tidak sulit dan tidak ribet. Namun sebelum memilih keywords untuk SEO sebuah website, ada baiknya bila kita mengukur tingkat kesulitan sebuah keywords, mengukur kemampuan kita, dan melakukan proses SEO dengan sewajarnya. Kalau amatir seperti saya bisa, Anda juga pasti bisa dong!

44 KOMENTAR

  1. ternyata triknya sederhana, jadi gk perlu muluk-muluk untuk seo

  2. Kalau kita mengundang agan ke palembang gimana, contact saya di email.
    Thank sebelumnya

  3. Mau dong bang dikerjain juga seo utk web saya.
    Cara kontaknya bagaimana ya bang

  4. Mauliate bah..
    Baru tau aku lae..
    Tapi aku pake blogger lae, tapi bagus kok lae..
    Mantap lae, lae manurung mantap..

  5. Mau nanya ni mas … Cara menentukan niche blog kita itu bagaimana ya mas ???

  6. saya jadi sering komentar di tempat sampean nih mas, pertama saya masih kurang paham tentang menanam back link di situs yang bagus. banyak teman yang menyarankan untuk membuat beberapa blog untuk menenujang blog saya, dan setelah membaca ini saya jadi berfikir kalau blog penunjang itu lebih muda dari pada blog saya berarti itu situs belumkan logikanya kurang bagus ya mas? atau salah salah menafsirkan tulisan sampean mas. hehehehe
    terimakasih

    • Kalau blog penunjang masih baru, link dari sana bisa dianggap spam oleh Google. Apalagi kalau menggunakan blogspot sebagai dummy blog. Di awal-awal membangun links baiknya dari social media, social bookmarks, dan dari blogwalking. Paling tidak umur dummy blognya 3 bulan dan sudah banyak konten, baru mulai pelan-pelan membangun links dari sana.

  7. jadi intinya babklink yang baik adalah backlink dari situs lain yang mempunyai reputasi baik… thanks infonya mas

  8. iya bnr bngt.persaingan untuk tema lirik ini sangt ketat. blog saya pun susah bersaing

  9. wah hebat ya mas max ini bisa sampai membantu SEO web nya temen, SEO itu memang penting untuk meningkatkan trafik pengunjung cuman butuh konsistensi juga agar web yang dioptimasi seo bisa masuk top 10 di mesin pencari. Kaya blog baru saya ini mas.. susah bener buat di index sama mbah google… butuh konsistensi…

    btw makasih infonya mas, bermanfaat sekali.

    salam kenal…

  10. Mas web saya ko susah sekali diakui sama google, apa memang ada yang salah dengan web saya

    • Ya web nya error gitu gimana mau diakui hehehe. Perbaiki dulu website nya mas :)

  11. Mas mau tanya, kalau jasa untuk menaikan SEO sebuah website ada tidak ya, soalnya website saya tidak naik digoogle, kesalahan saya apa memang kesalahan dimesin pencarian nya pencerahannya
    Terimakasih

  12. mas max..minta masukan untuk web bisnisonlinetori.com agar bisa masuk 10 besar di google…mana yang perlu di perbaiki mas…trims tuk masukanya..

    • Keywords yang dibidik apa mas Tori? Kalau ngejar keywords ‘bisnis online’ pasti perlu usaha ekstra tuh, keywords sulit soalnya :)

  13. Bantuan PR Profesional

    Saya kadang bingung dengan google mengapa dia mencintai blog tua yang jarang dikunjungi . Padahal artikel mereka dibuat sebelum gencarnya revolusi seo.

  14. Salam kenal mas max makin keren aja ni artikelnya mas mohon bantuannya web saya biar bagus banyak pengunjung di apain lagi ya mohon solusin dan sharingnya makasi banyak sebelumnya

  15. kalo menurut saya lebih enak pake blogger, pernah ngebandingin sama blog saya yang lain yang pake WP, hasilnya yang blogger lebih maksimal, SERP lebih cepet naik kalo blogger, tapi keawetannya agak diragukan sih. Kalo konten buat jangka panjang mungkin WP pas, tapi kalo buat website yang memuat konten2 populer di jangka waktu tertentu cocoknya pake blogger, indeks blogger juga lebih kenceng mas. Ini pendapat pribadi lho ya, ga tau yang lain :)

  16. Bro… ane lagi bingung nih bro…, waktu ane bikin website pertama dengan keyword “Toko bunga bandung”, website ane rakaflorist.com gak lama langsung udah bisa mesuk di halaman 4 urutan pertengahan.., tapi skarang ane bikin website baru dengan keyword yang sama “Toko Bunga Bandung” udah sebulan lebih kok gak bisa nongol.. udah 10 halaman ane telusuri kok gak nongol2 juga yah…, ada yang bisa tolong di jelaskan….!!

    • Waduh, baru liat komentar ini. Maaf, baru sempat balas sekarang.

      Itu bisa terjadi karena beberapa hal:
      1. Websitenya masih baru, posisi belum stabil
      2. Over optimization dengan kata kunci yang dibidik. Biasanya naiknya cepat utk kw tertentu, tapi ga terlalu lama akan tenggelam.

      Untuk permasalahan ke dua, bisa jadi karena website masih baru. Website masih berumur 1 bulan jangan terlalu berharap punya SERP bagus mas. Kalau mau awet di Google, ya pelan-pelan aja. Fokuslah pada konten di websitenya. Kalau mau nyari backlinks dari media sosial aja dulu, misalnya Google plus, twitter, dan facebook. Google plus itu linknya dofollow, pastikan kamu share websitenya di google plus, dijamin cepat terindeks.

      Semoga membantu

  17. Sebenernya platform apapun yang kita gunain sama aja. cuman kalau pake wordpress ada banyak plugin yang bisa di manfaatin untuk menjaring pengunjung supaya datang ke blog kita.

    Untuk artikel gak mesti harus 100% unik, 65% tulisan sendiri dan sisahnya dapet copas gak masalah (menurut saya y :D) . Sedangkan untuk backliks lebih ke kualitas dari pada kuantitas karena sekarang si embah goooogle udah tambah kejam .

  18. Blogger Indonesia jago2 SEO semua…. persaingan jadi makin ketat. Cuma yang menurut sy masih kurang dari kebanyakan blogger Indonesia (termasuk saya) adalah kualitas tulisan. :)

  19. setuju mas…
    saya juga mencoba membuat blog dgn platform wordpress. Dengan konten original yg saya tulis sendiri. Hasilnya dalam satu bulan blog tersebut sudah ada di halaman pertama, bahkan mendapat PR 1 dari google

    Saya boleh tanya, apakah blog saya yg lain yg sudah lama memang harus di pindah ke wordpress agar lebih SEO, kebetulan blog lama saya tersebut sudah saya daftarkan di google adsense nya dan sudah di approve..

    • Platform itu masalah pilihan menurut saya. Ga harus pindah ke WordPress lah, tergantung settingan kita sendiri. Ga selalu blog WordPress itu SEO nya bagus walaupun memang mudah disetting agar lebih optimal. Platform lain juga bagus kog

  20. saya juga menggunakan domain berkeyword untuk semua website saya agar mudah mendapat posisi yang bagus
    ada yang bilang masuk halaman satu sangat mudah namun mempertahankannya itu yang sulit, terus semangat :)

    • Memang gampang-gampang susah untuk tetap mempertahankan posisi di search engine. Selain konten tentunya faktor off page seo sangat mempengaruhi mas Jefry. Thanks utk komentarnya :)

      • Maaf mas mau nanya saya, maksudnya blog yang sudah memiliki popularitas baik itu cara cek nya gimana ?
        apakah dari PA dan DA ataukah Pagerank, atau mungkin alexa ranknya ?
        makasih mas, ditunggu jawabannya ..

        • PA dan DA penting untuk SEO, sedangkan PR sudah tidak terlalu berpengaruh sebenarnya walaupun masih diperhitungkan. Alexa rank memang salah satu indikator tingkat kepopuleran sebuah blog/ website, tapi Alexa Rank tidak berpengaruh pada SEO.

    • Sebenarnya blog campur-campur juga bisa bagus lho.. serius mas. Target market nya jadi lebih luas, tapi memang kita harus menyediakan konten yang memang bagus. Blog saya ini juga rencananya mau fokus pada niche internet marketing… tapi pada kenyataannya saya menulis sedikit melebar ke niche yang lain, walaupun memang core nya masih tetap saya pertahankan :)

  21. ulasan yang bagus..pertama bikin blog sudah saya fokuskan untuk membahas semua hal yg berbau anime ( makanya blog saya tak kasik nama anime get fun ). Eh..skrg mlh malas yg mau upload atau posting tntang anime, hanya pas awal2 ngeblog aja. Skrg saya malah tertarik dngan SEO seperti ini.

    Btw..seumpama saya mau ngerubah title blog saya, apa semua yg sudah saya submit, regist maupun lainnya harus diulang lg dari awal dngan title blog yg baru?

    • Thanks atas komentarnya mas. Menurut saya kalo mengubah title blog pasti ada pengaruhnya, misalnya udah pernah disubmit ke social bookmark atau media lain dengan judul yg lama pasti ada pengaruhnya. Tapi selama topik kita masih tetap membahas hal yang sama sih ga ngaruh ya, krn search engine ga hanya melihat homepage, tapi juga masing2 konten yang ada di dalam web nya, jadi ga usah submit ulang juga ga masalah.. begitu menurut saya :)

  22. kalau saingannya gak begitu banyak mungkin bisa jadi ladang buat meraup serp sob..

  23. saya nyoba noah band, mcs jogja, kafe kaos, rata2 di page one google smua web nya mas :D

    • Wah keren, berarti Mas Tomi sudah termasuk expert nih soal SEO-SEO an. Udah bisa bikin company yg menjual jasa SEO website :)

  24. bener bang…harus ada konten yang menarik buat dibaca pengunjung….persisss seperti konten abang ini…sippppp

  25. Ngga juga kog mas, karena tiap orang memang unik jadi sebenarnya konten yang dibuat pun masing-masing bisa unik. Contohnya blog temen kita http://pursuingmydreams.com/ tentunya kontennya unik dan berbeda dengan blog saya. Itu tergantung minat masing-masing mas, begitu menurut saya.

  26. Klo saya perhatikan blog yg punya domain sendiri, lebih mudah terindeks di google. Contohnya blog saya, sekarang mulai terlihat judul2 lama ko mulai terindeks di google ;).

    • Ada benarnya juga Nella, apalagi konten di blog kamu kan bagus-bagus. Selain konten yang bagus perlu juga ada internal linking antar konten, jadi konten yang diposting tahun lalu tetap bisa dilihat oleh pengunjung. Bentuknya bisa seperti related konten atau bisa juga link yang dibuat secara manual.

      Kalo saya liat blog http://pursuingmydreams.com/ bagus, baik dari layout nya dan juga internal linkingnya, selain itu kontennya unik dan menarik untuk dibaca. :)

  27. Pakai WP yah Mas,Jujur dulu saya pakai WP memang mudah asal kita mau dan tekun memaksimalkan web kita tersebut untuk bisa duduk dihalaman awal Google.Dan waktu yang akan menjawab artikel kita untuk diindeks oleh mesin Google hehe.

    • Iya mas bener, web jadi mudah dioptimasi kalo pake platform WP. Semakin banyak konten bagus di web kita makin disayang sama google hehehe :)

Tinggalkan Balasan