Salah Satu Project SEO Website Yang Berhasil Saya Kerjakan

seo-project1

Kalo kita ngomongin tentang SEO (search engine optimization) pasti tidak akan ada habisnya. Sudah sangat banyak ahli SEO yang bermunculan di dunia online marketing – di Indonesia khususnya – bahkan ada yang sampai mengklaim diri mereka sebagai “dewa SEO”, “master SEO”, “dukun SEO”, “Iblis SEO”, “SEO No. 1”, dan lain-lain. Apapun sebutan yang mereka pakai, yang pasti mereka mengerti tentang optimasi website di search engine.

Saya pribadi beberapa kali menerima project optimasi website di search engine, baik
yang dibayar ataupun yang gratis. Salah satu website yang pernah saya optimasi adalah web liriklagubatak.com punya temen saya. Saat ini web lirik lagu batak ini berada pada posisi #1 di google.co.id dan google.com untuk kata kunci utama yaitu “Lirik Lagu Batak” dan banyak dari postingannya berada di halaman utama google. Tentunya trafik website ini lumayan banyak, berdasarkan informasi yang saya lihat dari data histat nya, web liriklagubatak.com sekarang memiliki trafik 500-700 UV per hari, lumayan lah untuk sebuah website sederhana. Proses mulai dari build website hingga menjadi posisi #1 di Search Engine untuk web ini membutuhkan waktu sekitar 6 bulan, prestasi yang tidak terlalu buruk untuk seorang amatir seperti saya hehehe.

Terus terang untuk konten website liriklagubatak.com sebenarnya sudah banyak diposting di internet, jadi kontennya pasti tidak unik, dan memang ini pasti terjadi untuk web-web yang menyediakan konten lirik lagu. Lalu, kenapa web ini bisa menjadi posisi #1 di google dan mengalahkan web lirik lagu batak yang lain yang lebih dulu ada di internet? Sebenarnya cukup sederhana, web ini memenuhi syarat-syarat SEO on page dan off page dari sebuah website.

Artikel terkait8 Langkah Sederhana Untuk Memaksimalkan SEO Sebuah Website

Apa saja faktor SEO yang membuat web ini menjadi idola search engine Google? Berikut ini penjelasan singkatnya:

  1. Niche website sangat fokus, dimana kontennya adalah lirik lagu batak. Niche ini masih sangat sedikit saingannya, kalaupun ada, sangat mudah dikalahkan – menurut saya. Oleh karena itu, keywords yang dipilih sangat mudah dioptimasi karena saingannya tidak sulit.
  2. Menggunakan domain yang mengandung kata kunci. Pada dasarnya, domain tidak harus mengandung kata kunci tapi dalam hal ini saya menyarankan teman saya untuk membeli domain dengan kata kunci agar search engine langsung mengenal topik utama website tersebut, dan memang hasilnya sangat baik untuk web ini.
  3. Menggunakan platform WordPress. Salah satu platform yang sangat disukai oleh search engine adalah WordPress, itulah sebabnya saya menyarankan teman saya untuk menggunakan platform ini. Selain itu proses modifikasi di WordPress lebih mudah dibanding dengan platform lain, sangat cocok untuk pemula.
  4. Website ini menggunakan media sosial – twitter dan facebook – untuk memaksimalkan trafik dan keberadaannya di internet. Dampak positive dari media sosial, selain trafik adalah “Trust” dari search engine kepada web ini dan tentunya sangat berpengaruh pada optimasi website di mesin pencari.
  5. Backlinks secukupnya. Jumlah backlinks tidak selalu berpengaruh pada posisi di search engine, tapi kualitas sumber backlinks pasti sangat berpengaruh dalam SEO. Web liriklagubatak.com tidak punya banyak backlinks, tapi sumber backlinksnya adalah dari website yang memang punya reputasi baik di internet, jadi tidak heran kalo website ini sangat kuat di mesin pencari.

Artikel terkait: Tips Memilih Nama Domain

Lima poin yang disebutkan di atas memang terlihat sangat umum dan biasa saja, tapi bila dikerjakan dengan baik hasilnya pasti positive, seperti yang terjadi pada website milik teman saya itu. Dan untuk niche yang memang agak berat saingannya pasti membutuhkan usaha yang lebih besar lagi dan juga membutuhkan waktu yang lebih lama agar website kita mencapai posisi yang baik di halaman utama mesin pencari.

Pada intinya, menurut saya SEO itu sebenarnya tidak sulit dan tidak ribet. Namun sebelum memilih keywords untuk SEO sebuah website, ada baiknya bila kita mengukur tingkat kesulitan sebuah keywords, mengukur kemampuan kita, dan melakukan proses SEO dengan sewajarnya. Kalau amatir seperti saya bisa, Anda juga pasti bisa dong!







44 total comments on this postSubmit yours
  1. wah, terima kasih atas ilmu dan bantuannya ya lae max.

  2. ternyata triknya sederhana, jadi gk perlu muluk-muluk untuk seo

  3. Kalau kita mengundang agan ke palembang gimana, contact saya di email.
    Thank sebelumnya

  4. Mau dong bang dikerjain juga seo utk web saya.
    Cara kontaknya bagaimana ya bang

  5. Mauliate bah..
    Baru tau aku lae..
    Tapi aku pake blogger lae, tapi bagus kok lae..
    Mantap lae, lae manurung mantap..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud