Safetipin ~ Aplikasi Keamanan Canggih Bagi Warga Jakarta

Safetipin-Aplikasi-Keamanan

Seberapa penting tingkat keamanan yang harus difasilitasi untuk sebuah kota? Tentu sangat penting. Kita akan merasa nyaman dan bebas dari was was ketika tinggal di sebuah kota yang aman dan tertib. Keamanan suatu kota akan membuat kita lebih leluasa untuk bepergian di malam hari, mengemudikan kendaraan sendirian atau pun pergi jalan-jalan mengeksplorasi keindahan kota.

Kini kota Jakarta yang tengah berbenah diri juga tak ingin ketinggalan untuk meningkatkan sistem keamanan bagi masyarakatnya melalui berbagai perangkat aplikasi canggih. Salah satu perangkat canggih yang kini menjadi aplikasi wajib bagi masyarakat Jakarta pengguna gadget adalah aplikasi Safetipin.

Artikel lain: Blusukan Online? Sidak Merakyat di Era Digital

Apa Itu Aplikasi Safetipin?

Safetipin adalah salah satu aplikasi keamanan canggih yang bertujuan untuk mengawasi tingkat keamanan semua kawasan-kawasan dalam daerah DKI Jakarta. Masyarakat Jakarta yang menggunakan gadget berbasis #Android dan #iOS dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store atau Apple Store. Kawasan yang bermasalah atau tidak aman dapat ditandai oleh para pengguna Safetipin dengan icon warna merah. Semakin banyak warna merah di suatu kawasan, maka hal tersebut mengindikasikan adanya gangguan pada kawasan tersebut.

Masyarakat Jakarta yang menggunakan aplikasi Safetipin dapat melaporkan adanya bahaya dan gangguan di suatu kawasan dengan menggunakan posting foto atau icon. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Cahaya Purnama menjelaskan bahwa prinsip kerja aplikasi Safetipin awalnya dirancang oleh developer United Nation asal India.

Pada awalnya aplikasi ini dibuat untuk membantu para wanita yang mengalami kasus pelecehan di tempat umum atau bentuk gangguan keamanan lainnya. Namun kini aplikasi keamanan tersebut mulai diadopsi oleh Pemerintah Proponsi DKI Jakarta untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas keamanan di segenap kawasannya.




Bagaimana Safetipin Dapat Membantu Mengontrol Wilayah Jakarta?

Safetipin bukan hanya dibuat untuk melaporkan adanya tindak premanisme, kejahatan atau daerah rawan kriminal. Melalui Safetipin, warga Jakarta juga dapat memberikan posting foto mengenai berbagai situasi terkini di Jakarta seperti jalanan rusak, tumpukan sampah, kemacetan yang berlarut-larut atau bentuk permasalahan lainnya.Oleh sebab itu Pemerintah Propinsi DKI Jakarta mengharapkan seluruh masyarakat dan PNS pengguna gadgetdapat mengunduh aplikasi keamanan ini agar proses pembenahan kota Jakarta dapat berlangsung secara maksimal.

Dengan mengakses aplikasi Safetipin, para pengguna aplikasi ini akan mengakses tampilan peta kota Jakarta dan dapat menandai masing-masing daerah yang dianggap rawan kriminal atau sedang mengalami masalah lainnya. Aplikasi Safetipin juga dilengkapi dengan nomor darurat (nomor telepon kantor polisi, rumah sakit, pemadam kebakaran dan lainnya)untuk membantu para penggunanya saat membutuhkan akses ke nomor-nomor darurat.

Aplikasi Safetipin tak hanya bermanfaat bagi Pemerintah Propinsi DKI Jakarta dan seluruh masyarakat Jakarta saja, karena aplikasi yang satu ini juga diharapkan dapat membantu kelancaran proses penerimaan gaji hingga di tingkat pengurus RT dan RW. Pemerintah Propinsi DKI Jakarta menjanjikan kelancaran pemberian gaji kepada pengurus RT dan RW yang rajin melakukan update dan laporan berkala melalui Safetipin.Hingga saat ini aplikasi Safetipin sudah mulai di ujicoba hingga tingkat kecamatan dan kelurahan sehingga Pemerintah Propinsi pusat dapat langsung memantau kinerja para PNS di tingkat tersebut.

Kehadiran aplikasi Safetipin diharapkan bisa membawa perubahan yang positif bagi tahap pembangunan DKI Jakarta. Meskipun hingga periode Oktober 2014 Safetipin baru bisa diakses dengan bahasa Inggris, namun Pemerintah Propinsi DKI Jakarta mengusahakan untuk meng-update Safetipin dengan penambahan fitur bahasa Indonesia. Selain itu, sistem aplikasi ini juga rencananya akan diintegrasikan dengan 3.000 kamera CCTV yang tersebar di seluruh kawasan Jakarta sehingga proses pengawasan keamanan dan kenyamanan bagi masarakat Jakarta dapat berlangsung terus menerus selama 24 jam.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Khusus Perjalanan Karya Developer Indonesia




Semoga penggunaan aplikasi Safetipin dapat membawa perubahan positif bagi pembangunan dan tingkat keamanan di wilayah DKI Jakarta. Pengimplementasian sistem yang sukses tentu menjadi bahan pembelajaran bagi seluruh wilayah propinsi lainnya di Indonesia. Download aplikasinya dari JalanTikus.com melalui link download di bawah ini.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud