Rekomendasi Aplikasi Khusus Perjalanan Karya Developer Indonesia

Image dari Techgyd.com

Image dari Techgyd.com

Perkembangan sistem infrastruktur dan tata kota ternyata berdampak besar bagi kemacetan di kota-kota besar Indonesia. Sudah tak mengherankan lagi bila Anda dapat terjebak selama berjam-jam di tengah lalu lintas kota yang padat merayap. Menunggu perbaikan dan penambahan fasilitas umum merupakan salah satu solusi yang berbau kepasrahan.

Nah, sebagai masyarakat modern yang aktif dengan perkembangan teknologi, Anda dapat memanfaatkan gadget atau smartphone anda untuk mengunduh sejumlah aplikasi penunjuk arah yang dapat memperlancar perjalanan. Terlebih menjelang moment hari raya atau bulan puasa, tentu kita akan sangat membutuhkan bantuan informasi agar perjalanan kita lebih lancer dan tanpa hambatan.

Aplikasi Lokal yang Memperlancar Perjalanan?

Ya, saat ini terdapat beragam aplikasi yang dikembangkan oleh #startup developer lokal dengan tujuan untuk menemukan rute terlancar yang bisa anda lewati untuk mencapai tempat tujuan tertentu. Dengan begitu, anda dapat terhindar dari kemacetan dan dapat sampai tepat waktu ke tempat tujuan. Yuk langsung saja simak beberapa aplikasi mobile lokal tersebut:

Artikel lain: Sejarah Perkembangan Smartphone Versi Android

1. Busway Transjakarta

Mayoritas masyarakat ibukota mungkin memilih menggunakan fasilitas bus Transjakarta ketika sedang tidak membawa kendaraan. Aplikasi yang satu ini dapat membantu anda untuk mencari navigasi rute-rute yang dilalui Transjakarta. Anda tinggal memasukkan informasi mengenai posisi anda saat ini (mencakup nama daerah, nama jalan terdekat atau nama bangunan sekitar).

Selanjutnya aplikasi ini akan memberi informasi mengenai tempat tujuan anda, lengkap dengan jumlah halte dan perkiraan jarak yang harus dilalui. Busway Transjakarta bisa anda download untuk OS Android DI SINI.

2. Info KRL

Bagi anda yang sering bepergian dengan kereta api, aplikasi yang satu ini sepertinya merupakan must have application di smartphone atau gadget anda. Melalui Info KRL, anda dapt mengakses informasi mengenai lokasi dan status perjalanan kereta commuter secara real time. Aplikasi ini bisa anda download untuk OS Android DI SINI.

3. Tiket Kereta Api

Malas berdesak-desakan untuk membeli tiket kereta api?

Kini anda dapat menggunakan aplikasi Tiket Kereta Api untuk mencari tahu mengenai jadwal keberangkatan kereta api sekaligus melakukan reservasi tiket. Hebatnya lagi, anda dapat melakukan reservasi tiket hingga 90 hari sebelum waktu keberangkatan. Setelah konfirmasi pembayaran anda berhasil, anda akan mendapatkan voucher virtual melalui email.

Voucher virtual tersebut selanjutnya dapat anda tukarkan dengan voucher fisik di stasiun keberangkatan yang menjadi tujuan anda. Aplikasi tersebut bisa langsung anda download untuk OS Android DI SINI.

4. Lewat Mana

Kecanggihan teknologi masa kini memungkinkan anda untuk memantau situasi kemacetan Jakarta tanpa perlu membeli satu set GPS. Dengan mengunduh dan menggunakan aplikasi Lewat Mana, anda dapat memantau situasi terkini mengenai kawasan mana saja yang sedang mengalami kemacetan lalu lintas.




Sistem aplikasi Lewat Mana bekerja berdasarkan live streaming dari CCTV yang dipasang di sejumlah ruas jalan serta dari real time tweet yang dibagikan oleh para pengguna jalan raya. Aplikasi tersebut bisa anda download dalam OS Android, OS Blackberry, OS iPhone, serta Windows Phone.

5. Smart Traffic Controller

Aplikasi canggih yang satu ini dapat membantu mengurangi kemacetan lalu lintas dengan cara memberi berbagai alternatif rute perjalanan bagi para penggunanya. Dengan menggunakan Smart Traffic Controller, anda dapat menghindari kawasan yang sedang mengalami kemacetan dan mengikuti panduan alternatif rute yang diberikan.

Aplikasi ini menggunakan sistem algoritma tersendiri untuk memperkirakan situasi kemacetan dan alternatif rute yang dapat dilalui dengan lancar. Aplikasi tersebut bisa anda download dalam OS Android DI SINI.

6. Appaja

Ingin mencari tahu rute tercepat dan termurah untuk berkeliling Jakarta? Gunakan saja aplikasi Appaja. Anda tinggal memasukkan lokasi yang menjadi tempat tujuan anda, maka Appaja akan membantu anda menemukan rute, perkiraan waktu dan jarak yang harus ditempuh serta biaya yang harus dikeluarkan. Tak hanya itu saja, anda juga dapat saling berbagi informasi dengan pengguna Appaja lainnya mengenai kondisi jalanan ibukota. Aplikasi Appaja bisa anda download dalam OS Android DI SINI.

7. Nebengers

Nebengers memiliki konsep yang unik dan agak “nyeleneh” dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Aplikasi yang satu ini bertujuan untuk mengurangi jumlah pengguna kendaraan pribadi yang mempengaruhi kemacetan. Anda yang menggunakan aplikasi ini dapar meng-update kegiatan perjalanan anda ke suatu lokasi.

Bila ada pengguna Nebengers lainnya yang akan menuju ke lokasi yang sama, maka anda dapat memberi tumpangan kepada pengguna tersebut. Wow, anda jadi memiliki kesempatan untuk mengenal teman baru melalui penggunaan Nebengers. Aplikasi tersebut bisa anda download dalam OS Android, OS Blackberry, dan OS iPhone.

Baca juga: Primagain ~ Startup Software Pendidikan Karya Anak Bangsa

Nah, ternyata cukup banyak aplikasi yang dibuat untuk mempermudah dan memperlancar perjalanan anda. Masih banyak lagi aplikasi lainnya yang dibuat dengan tujuan sejenis. Jadi, jangan hanya memanfaatkan gadget anda untuk update status dan bermain game saja, mulailah cerdas menggunakan gadget untuk menghindari situasi kemacetan ibukota. Selamat mencoba :)



2 total comments on this postSubmit yours
  1. walah baru tau saya nebengers udah ada apps nya. selama ini kan via twitter doang

  2. wah buatan anak indonesia, jangan mau kalah

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud