Role Model ~ Strategi Jitu Untuk Dukung Pengembangan Diri

Role Model

Image dari Kerrygaynormethod.com

Dalam menjalani kerasnya kehidupan, kadang sering sekali kita mengalami kebingungan-kebingungan. Saat harus menentukan langkah yang diambil, saat harus memilih atau saat-saat yang lain yang kadang kita sulit untuk melakukannya. Dan itu akan selalu terjadi dalam perjalanan hidup kita. Dalam dunia bisnis pun sebenarnya juga hampir sama. Kita akan selalu disuguhkan berbagai kesulitan yang kerap menimpa kita kapan saja dan dimana saja.

Salah satu cara untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai kesulitan yang datangnya mendadak itu, kita bisa belajar banyak dari  orang yang lebih sukses dari kita. Mereka-mereka yang sudah sukses tersebut kemudian bisa kita jadikan sebagai teladan atau role model dalam kehidupan kita. Karena banyak di antara mereka yang sukses tersebut sebelum meraih kesuksesan juga mengalami banyak kesulitan. Role model sangat bermanfaat dalam perjalanan hidup kita, di antaranya adalah seperti di bawah ini.

1. Role Model Sangat Berguna Untuk Membangun Motivasi Diri

Ketika kita memiliki seorang atau lebih role model, maka dengan sendirinya dalam diri kita akan tumbuh #motivasi yang lebih kuat untuk menjadi seperti mereka. Atau bahkan juga akan memotivasi kita untuk menjadi lebih sukses dari mereka. Kenapa demikian, karena sifat alami kita akan membawa kita pada keinginan menjadi lebih sukses dari orang lain.

Nah, ketika kita memiliki gambaran sukses dari para role model ini, maka alam bawah sadar kita akan selalu memberikan dorongan atau setidaknya memberitahukan pada diri kita bahwa standar sukses itu setidaknya sama dengan role model yang kita miliki. Bukan untuk menjadi mereka, namun bagaimana menjalani proses seperti mereka itu yang lebih utama.

Artikel lain: 5 Cara Pengembangan Diri Sederhana Untuk Mendukung Bisnis Berkembang Lebih Pesat




2. Role Model Bisa Menjadi Panutan Saat Mengalami Kesulitan

Banyak sekali orang sukses yang bisa kita jadikan sebagai panutan atau role model dalam kehidupan maupun dalam menjalani bisnis. Dan mereka, para orang sukses tersebut, tentu tidak serta merta begitu saja mendapatkan kesuksesan. Ada jalan panjang yang harus mereka lalui, dan itu seringkali bukan jalan yang mudah.

Nah, kita pun juga harus demikian, ketika misalnya kita berada pada titik dimana kita berada dalam kesulitan, maka kita bisa melihat atau membaca kisah sukses para role model ini. Bagaimana mereka dalam menghadapi kesulitan, bagaimana mereka bisa bangkit lagi dari keterpurukan, itu adalah ilmu yang sangat penting dan bagus sekali untuk perjalanan Anda dalam membangun bisnis.

3. Role Model Bisa Kita Jadikan Mentor Meski Secara Tak Langsung

Role model ini juga sangat bagus untuk kita jadikan sebagai mentor. Jika Anda bisa memiliki role model sekaligus bisa menjadi mentor langsung Anda, maka Anda sangat beruntung sekali. Namun jika role model tidak bisa memandu Anda secara langsung, itu juga bukan masalah, karena mereka tetap bisa kita jadikan sebagai mentor kita meski tidak secara langsung.

Kita bisa melihat langkah-langkah mereka dalam menjalani kehidupan, strategi mereka dalam mengembangkan bisnis, dari situ kita bisa belajar banyak untuk kita terapkan pada kehidupan bisnis kita. Perjalanan sukses role model ini akan sangat membantu kita dalam proses pengembangan diri kita, baik dalam segi kehidupan pribadi maupun untuk bisnis kita.

Baca juga: Merasa Kesulitan Dalam Mengembangkan Diri, Mungkin Ini Penyebabnya




4. Sedikit Banyak Role Model Juga Bisa Membentuk Karakter Kita

Ketika kita memiliki role model yang sukses, kemudian kita selalu melihat tingkah laku dan cara pandang mereka, maka sedikit banyak akan membentuk karakter kita juga. Kita bisa meniru berbagai karakter positif dari role model kita, kita bisa mengaplikasikan setiap tindakan positif mereka dalam kehidupan kita. Dan, jika setiap hari dan setiap waktu kita bisa meniru karakter positif mereka, maka lama kelamaan proses ini akan bisa membentuk karakter kita juga.

Jika kita memiliki banyak role model yang kita jadikan panutan, maka mengambil yang positif dari mereka akan sangat bagus dalam proses pembentukan karakter diri kita. Hal ini semacam memadukan berbagai hal positif ke dalam satu tempat, yaitu diri kita sendiri.

Jadi, jangan takut memiliki role model, karena role model itu sangat bagus dan bermanfaat untuk kita. Bukan berusaha untuk menjadi mereka, namun berusaha menjalankan proses yang harus dilalui sekuat mereka, setegar mereka, secerdas namun dengan tetap menjadi diri kita sendiri.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud