5 Cara Pengembangan Diri Sederhana Untuk Mendukung Bisnis Berkembang Lebih Pesat

pengembangan diri bisnis

Image dari Boluda.com

Menjadi seorang pengusaha atau pebisnis tidak bisa hanya diam tanpa ada keinginan untuk maju. Selalu berpikir untuk mencari sesuatu yang lebih maju akan membuat bisnis bisa berkembang semakin terdepan. Kesadaran untuk maju dan berkembang ini sangat penting untuk terus menjaga eksistensi sebuah bisnis. Karena bagaimanapun juga dunia juga akan selalu berkembang, sehingga Anda sebagai seorang pebisnis pun harus siap setiap saat untuk maju dan berkembang pula.

Dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa mengembangkan bisnis juga perlu didukung oleh pengemabangan diri pelakunya agar tetap bisa menopang keberlangsungan bisnis itu sendiri. Sebagai dasar yang bagus, tidak perlu yang tinggi-tinggi sebenarnya, di bawah ini ada beberapa cara pengembangan diri yang sederhana yang akan sangat membantu Anda dalam rangka membesarkan bisnis Anda.

1. Jagalah Kebiasaan Hidup Sehat Pada Tubuh Anda

Kebiasaan ini bisa dijadikan sebagai dasar yang bagus untuk merubah gaya hidup apapun. Menjadi orang yang memiliki gaya hidup sehat dari yang sebelumnya tidak adalah sebuah pergeseran yang bisa membuat perubahan signifikan pada kehidupan seseorang. Ketertataan dalam kebiasaan yang sehat ini sangat bagus sekali dalam memberikan stimulan pada bisnis Anda.

Dengan kebiasaan yang positif, maka langsung atau tidak akan membuat kehidupan bisnis Anda pun juga terbawa menjadi lebih efektif dan efisien. Semangat Anda pun juga bisa tetap terjaga dalam menjalankan bisnis karena tubuh selalu fresh dan fit, jadi menjaga kebiasaan untuk hidup sehat ini sangatlah penting.

Artikel lain: Tips Ampuh Mengalahkan Tantangan Pada 5 Bidang Bisnis Berikut Ini




2. Jadilah Orang yang Terus Belajar

Tidak bisa tidak, sebagai seorang pengusaha Anda harus selalu meng-update ilmu pengetahuan Anda. Jika Anda ingin menjadi seorang dengan status “ahli”, maka belajar terus menerus setiap waktu adalah jalan terbaik yang harus Anda lalui. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam hal ini, membaca berbagai buku yang baik, mengikuti seminar dan pelatihan, kursus online dan lain-lain. Yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa mengagendakan dengan baik proses belajar Anda terhadap hal-hal yang baru ini. Bisa Anda jadwalkan seminggu sekali misalnya, atau dua minggu sekali, terserah Anda.

3. Tingkatkan Pergaulan Anda Dengan Komunikasi yang Baik

Sebagai seorang pengusaha, Anda juga dituntut harus bisa membangun komunikasi kepada semua kalangan. Untuk lebih bagusnya, Anda harus mampu bergaul dan menjalin komunikasi dengan kalangan yang Anda anggap lebih sukses dari Anda. Menjalin komunikasi intens dengan pengusaha yang lebih sukses dengan Anda sangat bagus untuk Anda dan tentunya untuk bisnis Anda.

Secara langsung ataupun tidak, pengusaha yang lebih sukses dari Anda bisa menjadi mentor yang bagus untuk menuntun Anda. Pengalaman mereka sangat berharga untuk Anda. Selain itu, Anda pun juga bisa mendapatkan peluang-peluang bisnis baru karena mereka para pengusaha yang lebih sukses dari Anda tersebut pasti juga memiliki jaringan dan relasi yang luas. Di sini sangat mungkin mereka juga bisa menjadi klien Anda.

4. Jangan Berhenti Pada Satu Kesuksesan Saja

Kesuksesan itu sangat banyak, ketika Anda berhasil meraih satu kesuksesan, masih ada banyak sekali kesuksesan lain yang bisa Anda raih. Artinya adalah jangan menjadi orang yang cepat puas. Bersyukur dengan apa yang sudah dicapai sangat penting, namun Anda juga tidak boleh berhenti pada satu titik saja.

Karena mungkin saat ini apa yang Anda raih bisa dikatakan sebagai kesuksesan, namun untuk lima tahun ke depan, sepuluh tahun ke depan, bisa jadi apa yang Anda capai bukanlah apa-apa. So, dalam rangka mensyukuri apa yang telah Anda raih tersebut, teruslah bergerak maju untuk mencapai kesuksesan yang lain.




Baca juga: Sukses Pasarkan Bisnis Properti Secara Online Dengan 4 Tips Ringkas Berikut Ini

5. Pentingnya Bertanya “Mengapa” Setiap Waktu

Setiap seseorang akan memulai suatu bisnis, tentunya ini berawal dari sebuah alasan. Nah, pada dasarnya alasan-alasan tersebut adalah proses dari menjawab pertanyaan “mengapa”. Dan perlu Anda pahami, bahwa kebanyakan mereka yang memulai dan menjalankan bisnis hanya untuk uang, itu sering tidak bertahan lama.

Jadi akan jauh lebih baik adalah jika alasan Anda dalam berbisnis adalah untuk memecahkan suatu masalah. Alasan seperti ini akan sangat bagus untuk membantu Anda dalam mengembangkan diri dalam kebergunaan yang pada akhirnya akan membuat bisnis Anda berkembang dengan semakin cepat.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. mau terus belajar adalah pengembangan diri yang sederhana namun berefek luar biasa. Tanpa itu semua kita jadi orang yang larut dalam kebodohan.

  2. Saya suka pada point ini : “2. Jadilah Orang yang Terus Belajar”
    Orang yang selalu ingin belajar, cenderung orang yang suka berfikir…
    Salam,

  3. Sangat setuju dengan Poin 2 dan 3

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud