Merasa Kesulitan Dalam Mengembangkan Diri, Mungkin Ini Penyebabnya

tips mengembangkan diri

Image dari Learning-mind.com

Dalam menjalani kehidupan, siapapun itu, apapun profesi yang dijalani, pengembangan diri mutlak diperlukan. Pejabat, pedagang dan tentunya pengusaha, semuanya harus selalu mengembangkan diri agar selalu bisa semakin maju pada bidang yang tengah digeluti. Namun perlu Anda sadari bahwa dalam proses pengembangan diri ini bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Tak jarang banyak orang mengalami kegagalan dalam proses mengembangkan kemampuan dirinya.

Untuk itulah, jika Anda merasa saat ini dalam proses pengembangan diri, maka ada baiknya jika Anda mempelajari penyebab-penyebab yang mungkin bisa menghambat proses pengembangan diri Anda. Untuk membantu Anda mencapai tahap yang lebih tinggi dalam mengembangkan diri, di bawah ini akan kami sampaikan beberapa faktor yang bisa jadi membuat proses pengembangan diri Anda menjadi gagal, simak baik-baik.

1. Anda Tidak Ingin Menjadi Seorang Pendengar yang Efektif

Jangan remehkan kemampuan mendengar, keterampilan mendengar yang baik sangat diperlukan untuk mengembangkan kemampuan diri Anda. Banyak orang meremehkan hal ini, sehingga mereka cenderung tidak begitu mendengarkan apapun yang mungkin sangat bermanfaat dijadikan sebagai bahan untuk mengembangkan diri. Dan yang disayangkan lagi, ada orang yang justru berhenti menjadi pendengar yang baik.

Padahal seharusnya ketika mereka sudah menjadi pendengar yang baik, maka potensi dalam proses pengembangan diri akan semakin terbuka. Dan akan semakin bagus lagi ketika Anda meningkatkan kemampuan Anda dari mendengar dengan menjadi mendengar dengan efektif. Artinya Anda harus bisa dan mampu menyerap apapun yang positif yang Anda dengar untuk kemudian dijadikan sebagai bahan untuk meningkatkan kemampuan diri Anda sendiri.

Artikel lain: Bisnis Selalu Berkembang, Anda Harus Mampu Menyesuaikan Diri!

2. Anda Terlalu Tertutup Dengan Ide-ide Orang Lain

Jangan selalu menganggap buruk ide yang disarankan dari orang lain. Yang sering terjadi adalah ketika kita mendapatkan masukan dari orang lain langsung memberikan respon negatif terhadap ide tersebut. Dan semakin buruk lagi jika Anda justru tersinggung dengan masukan ide dari orang lain. Padahal seburuk apapun ide dari orang lain jika Anda menerima dengan cara positif, maka itu bisa menjadi sumber inspirasi untuk pengembangan diri Anda.

Jangan menjadi orang yang sombong, terlebih apabila Anda adalah seorang pengusaha, sudah seharusnya terbuka terhadap ide-ide dari luar. Sikap keterbukaan Anda ini akan semakin memperkaya diri Anda dengan beragam ide yang pada akhirnya nanti justru akan membuat Anda semakin kreatif dan inovatif. Tentunya yang harus Anda lakukan adalah tetap melakukan penyaringan terhadap berbagai ide yang masuk.

3. Anda Tidak Jujur Pada Diri Sendiri

Ini juga sering menjadi penghambat pengembangan diri Anda. Kadangkala kita sulit untuk menerima keadaan bahwa kita memang memerlukan ilmu dari orang lain untuk meningkatkan kemampuan. Perasaan jaim atau jaga image sering lebih besar menguasai diri kita, dan itu justru membuat orang lain juga enggan memberikan masukan pada kita karena kita dianggap lebih mampu dari pada mereka.

Dan keadaan seperti ini akan sangat merugikan kita sendiri, karena sedikit ilmu yang kita miliki pasti tidak akan bisa berkembang. Dan keadaan seperti ini sebenarnya sama saja Anda membunuh diri Anda sendiri secara perlahan-lahan, karena jika tetap bersikap gengsi dan jaim seperti itu, Anda sama sekali tidak akan berkembang karena tidak ada tambahan ilmu yang masuk.

Baca juga: Masih Muda? Maksimalkan Potensi Diri Kalian Dengan Cara Ini!




4. Sama Sekali Tak Punya Inisiatif Untuk Berkembang

Inisiatif dalam proses pengembangan diri seperti bahan bakar yang akan mengantarkan Anda untuk selalu berusaha semakin maju. Jika Anda sama sekali tidak mempunyai inisiatif untuk mengembangkan diri, ini sama saja seperti Anda tak ingin menjadi seorang yang lebih maju dari posisi Anda sekarang. Sebesar bakat atau kesempatan yang Anda miliki saat ini, jika Anda tak memiliki inisiatif untuk maju ya sama saja tidak artinya.

Potensi yang sudah Anda miliki akan sia-sia belaka, dan itu sangat disayangkan. Jadilah orang yang memiliki banyak inisiatif terhadap apapun, terutama yang terkait dengan pengembangan diri. Pasti ada banyak sisi dalam diri Anda yang bisa Anda kembangkan untuk menunjang kinerja Anda, baik sebagai seorang pengusaha maupun menjadi seorang karyawan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud