Riezka Rahmatiana ~ Dara Cantik Founder Bisnis Kuliner Unik

Riezka Rahmatiana

Riezka Rahmatiana via Info-sukses.com

Memiliki usaha yang dijalankan secara mandiri mungkin menjadi salah satu mimpi bagi kebanyakan pemuda saat ini.  Dengan kreativitas tanpa batas serta semangat yang membara, bukan tidak mungkin pemuda Indonesia mengembangkan usaha yang potensial bahkan mampu berkembang dalam skala yang sangat besar.

Contohnya sudah sangat banyak, memulai usaha dari nol para entrepreneur muda Indonesia akhirnya berhasil mendapat kesuksesan besar dari kerja kerasnya tersebut. Dan untuk bidang kuliner, salah satu kisah sukses bisa kita lihat dari entrepreneur wanita Riezka Rahmatiana.

Dia adalah pengembang dari waralaba kuliner makanan Pisang Ijo Justmine. Saat ini, jumlah outlet waralaba tersebut sudah lebih dari 500 unit di seluruh Indonesia.

Ketertarikan Di Bidang Bisnis

Dengan background pendidikan yang mendukung, akhirnya memunculkan ketertarikan dalam diri Riezka Rahmatiana untuk memulai bisnisnya sendiri. Perempuan cantik berjilbab ini, akhirnya memilih usaha kuliner sebagai jalan bisnisnya.

Yang menarik, untuk berhasil menempatkan diri sebagai seorang entrepreneur sukses, jalan yang harus dilalui Riezka terbilang tidak mudah. Ia harus mencoba beberapa macam bisnis terlebih dahulu sebelum akhirnya menemukan satu yang tepat.




Artikel lain: Sukses Kembangkan Bisnis Kripik Pisang Berkat Kejelian Memilih Pasar

“Berawal dari kesenangan saya di dunia perdagangan. Tidak sesukses sekarang, saya pun pernah merasakan jatuh bangun dalam berbisnis. Pernah dengan berbagai macam usaha tetapi memang belum ada hasil. Akhirnya ketika mencoba berbisnis membuat pisang ijo, Alhamdulillah yang dulunya mulai dari gerobak kecil, sekarang dengan konsisten bisa mempunyai cabang dimana-mana,” ungkap Riezka.

Terkait dengan bisnis pisang ijo miliknya, ketika pertama membuat produk tersebut dirinya berpikir seperti apa cara untuk bisa memenangkan persaingan di tengah ketatnya usaha kuliner yang sudah ada. Akhirnya terpikir untuk memberikan inovasi pada kuliner asal kota Makassar tersebut.

“Dulu saya hanya berpikir, pisang itu kalau laku dijual enaknya dibikin apa. Akhirnya saya memutuskan untuk memasarkan pisang ijo. Dan, bisnis ini ternyata bisa berkembang menjadi besar,” kenangnya.

Pengembangan Usaha

Seperti yang telah disampaikan di atas, jalan yang harus ditempuh untuk berhasil mencapai kesuksesan tidaklah mudah. Riezka pada waktu itu harus mencoba resep pisang ijo yang benar-benar sesuai untuk dijual. Selama beberapa bulan percobaan tersebut akhirnya berbuah manis dan Riezka pun membangun kios kecil di kawasan kota Bandung.




Dengan modal sebesar Rp2 juta, usaha pisang ijo tersebut pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007. Saat itu, dia masih bersatu sebagai mahasiswi fakultas ilmu komunikasi Universitas Padjajaran Bandung.

Masalah yang pernah dihadapi Riezka adalah kurangnya dukungan dari orang tua. Karena melihat potensi usaha kuliner tersebut belum nampak menjanjikan, keluarga berpikir agar Riezka mencari alternatif usaha lain.

“Tapi saya pantang menyerah. Dengan modal Rp 2 juta, saya terus berjuang agar sajian yang dibuat laris manis. Ketekunan saya pun berbuah manis, perlahan bisnis saya mulai dikenal banyak orang. Omsetnya pun naik. Di akhir pekan saya bisa meraup untung Rp 1 juta,” bebernya.

Perlahan, mengandalkan kenikmatan serta rasa yang ditawarkan pisang ijo Justmine, akhirnya brand tersebut mulai dikenal bahkan menjadi salah satu produk andalan bandung.

Konsep waralaba pun kemudia diperkenalkan. Jumlah cabang awal yang dimiliki oleh Riezka sendiri berjumlah 23 outlet. Dari situ terus berkembang karena banyaknya minat dari mitra waralaba yang ingin menjalankan bisnis kuliner minuman segar tersebut. Saat ini kita bisa melihat waralaba pisang ijo Justmine di beberapa kota besar seperti Jakarta, Solo, Sidoardjo, Makasar, hingga Palembang.

Baca juga: Banana Chic ~ Bisnis Kuliner Pisang Beku yang Sukses Hadirkan Inovasi 

“Kesukses bisnis ini tentunya tidak lepas dari kerja sama dan saling dukung antara franchisee dengan franchisor, sehingga jejaring bisnis Justmine Pisang Ijo bisa begitu kuat,” ungkap Riezka.

Saat ini tidak hanya sukses dengan usaha waralaba pisang ijo, Riezka juga mendapat pengakuan dan penghargaan lewat sejumlah kompetisi yang diikuti. Beberapa diantaranya yakni The Young Entrepreneur Award, Wirausaha Muda Mandiri 2008, Satya Karya Adi Siswa Padjajaran 2010, Pemuda Berprestasi Bidang Perekonomian & Kemakmuran 2010, Best 9 Young Caring Profesional Award 2011 martha tilaar, Runner Up “Who Want To BE Young Enterpreneur Award 2011” dan “Ernst&Young Winning Women 2012.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud