Resep Jitu Menata Mindset Untuk Dapatkan Jaringan Bisnis yang Lebih Luas

Image dari Themerlyngroup.com

Image dari Themerlyngroup.com

Dalam mengembangkan bisnis yang sedang Anda bangun, rasanya akan sulit sekali jika Anda tidak memiliki relasi ataupun koneksi di dalamnya. Semakin besar koneksi yang Anda miliki tentu akan memperbesar jaringan bisnis Anda dan pada akhirnya semakin meningkatkan perceptan potensi perkembangan bisnis yang akan Anda kembangkan. Maka dari itu, mempunyai networking yang luas akan sangat menguntungkan sekali bagi perkembangan bisnis Anda.

Pertanyaan kemudian muncul, bagaimana cara memperbesar atau mendapatkan jaringn yang luas dalam bisnis. Tentu ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, namun yang pasti adalah Anda harus bergerak. Tidak bisa Anda hanya diam saja menunggu mereka yang mendekati Anda.

Jika Anda hanya diam saja, sudah barang tentu kesempatan dalam memperluas jaringan akan semakin sempit dan akan hilang begitu saja karena akan diambil pebisnis lain yang lebih cepat bergerak. Perhatikan beberapa poin dasar pola pikir ini untuk memperluas jaringan Anda.



1. Setiap Orang Adalah Penting

Jika Anda memandang orang lain sebagai seseorang yang tidak penting untuk Anda, itu adalah kesalahan besar Anda pertama dalam mengembangkan jaringan. Mungkin saat ini orang yang Anda anggap tidak penting itu benar-benar tidak penting bagi Anda.

Namun di lain waktu mungkin saja ia adalah orang yang sangat Anda butuhkan keberadaannya. Maka mulai saat ini akan lebih baik jika Anda menganggap bahwa semua orang yang berada di sekitar Anda adalah orang penting, dan perlakukan mereka secara terhormat. Itu akan memudahkan Anda dalam proses mengembangkan jaringan untuk bisnis Anda.

Artikel lain: 4 Syarat Bangun Jaringan Bisnis Berbasis Digital Kian Kuat

2. Setiap Orang Tentu Memiliki Orang Terdekat di Sekitarnya

Tidak bisa dipungkiri, bahwa setiap orang pasti memiliki teman, entah satu atau dua orang saja. Maksudanya adalah, jangan pernah remehkan seseorang, mungkin saja orang itu memiliki teman atau saudara atau orang terdekat lainnya yang bisa jadi merupakan orang yang tepat untuk perkembangan bisnisAnda. Maka jangan sampai Anda bertindak bodoh dengan meremehkan orang lain, percayalah setiap orang yang Anda kenal sejatinya adalah sebuah potensi yang besar untuk sebuah bisnis.

3. Setiap Orang Pasti Membutuhkan Sesuatu

Yakini bahwa setiap orang pasti membutuhkan sesuatu dalam kehidupan. Maka layak kiranya jika Anda menjalin interaksi yang intens kepada semua orang. Kebutuhan orang pasti beragam dan akan selalu berkembang.

Maka dari itu, hal ini sebenarnya merupakan sebuah peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin, disamping memang murni untuk mengembangkan jaringan agar lebih luas. Anda bisa masuk pada kebutuhan orang yang Anda kenal, atau bisa juga Anda menghubungkan dengan orang yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. Dengan cara ini, Anda bisa mengambil keuntungan dua sekaligus, selain bisa semakin menambah jaringan juga bisa menjadi semacam broker.

4. Berinteraksi dan Berkomunikasi Secara Manusiawi

Ini lebih penting dari pada sekedar mendekatkan diri dan langsung mencari keuntungan dari orang lain. Perhatikan gaya berkomunikasi dan berinteraksi Anda, jangan sampai Anda salah. Setiap orang baru yang Anda dekati bisa jadi orang yang sudah berpengalaman, orang yang lebih senior atau bisa juga orang yang masih belajar dalam kehidupan.

Maka dari itu, mendekati mereka dengan cara yang lebih manusiawi akan membuat mereka lebih nyaman dan hubungan akan mengalir apa adanya. Cara komunikasi yang demikian ini lebih memungkinkan hubungan yang Anda bangun bisa bertahan lebih lama dan sangat berpotensi untuk pengembangan jaringan bisnis Anda.

Baca juga: 8 Cara Melakukan Ekspansi Bisnis dari Offline Menuju Online

5. Perluas Jaringan Bisnis Dengan Fokus Berinteraksi

Tidak ada salahnya jika Anda mulai mengubah fokus dalam menjalin sebuah interkasi. Semakin banyak komunitas yang Anda masuki, tentu akan semakin memudahkan Anda dalam membangun sebuah jaringan untuk bisnis Anda.

Jika selama ini Anda sering masuk pada sebuah komunitas olah raga misalnya, maka Anda bisa mencoba memasuki komunitas lain seperti komunitas motor misalnya. Jadi semakin beraneka ragam interaksi yang Anda bangun, secara logika tentu akan memperbanyak teman dan meningkatkan potensi perkembangan jaringan bisnis yang sedang Anda bangun.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud