Tips Renovasi Rumah Biaya Murah Hasil Tetap Cantik

Advertisement-Scroll to Continue

Renovasi Rumah sejatinya perlu biaya tinggi agar hasilnya lebih indah, namun bukan berarti budget rendah akan menghasilkan kualitas buruk. Jangan salah ya, walaupun anggaran yang kamu miliki saat ini cukup terbatas, hasil renovasinya bisa terlihat maksimal kok. Lantas apa saja yang perlu dilakukan untuk mewujudkan rumah impian dengan anggaran minim?

Dalam ha ini, maxmanroe.com punya tips jitu agar hasil renovasi rumah yang kamu lakukan terlihat maksimal layaknya bangunan yang menghabiskan banyak anggaran. Penasaran dengan tips tersebut? Simaklah edukasi berikut!

Tujuan Renovasi Rumah

Ada maksud tersendiri mengapa orang-orang merenovasi rumah miliknya. Jelas bahwa ia menginginkan hunian yang lebih modern dan juga nyaman saat di tempati olehnya. Tak cuma itu saja, memaksimalkan design eksterior maupun interior juga termasuk tujuan yang kerap menuntut mereka agar lebih memilih merenovasi rumahnya. Sayangnya pengetahuan yang terbatas, terutama soal biaya membuat banyak orang mengurungkan impian tersebut. Padahal, semua itu tidak harus memerlukan biaya mahal.

Budget yang terbilang minim pun bisa menghasilkan design yang begitu maksimal lo. Jadi, janganlah merasa putus asa atau tidak berani merubah tampilan rumah sendiri. Dalam hal ini, mungkin kamu perlu memperhatikan beberapa saran dari maxmaroe.com, termasuk mengatur perencanaan yang benar-benar matang sedari awal.

Membuat perencaan sendiri akan sangat membantu untuk menganalisis anggaran yang nantinya berguna untuk melangsungkan proses renovasi rumah dan membeli segala keperluan material bangunan. Namun jika kamu tidak sanggup membuat perencaan sendiri, lebih baik gunakan jasa Kontraktor Bangunan terdekat yang kamu kenal agar terhindarkan dari risiko buruk di kemudian hari akibat minimnya pengetahuan.

Banyak kok jasa kontraktor yang bisa kamu andalkan saat ini. Salah satunya adalah Banamitra yang selalu siap membantu siapapun terkait konsultasi maupun tindakan terhadap proses renovasi rumah pribadi dan bangunan lainnya.

Memang secara umum, kunci utama ketika kita bicara soal renovasi rumah yang sempurna adalah anggaran biaya. Semakin besar biaya yang kamu keluarkan, maka hasilnya akan lebih nyaman, indah dan tentunya sesuai dengan preferensi kita sendiri. Namun tetap saja diperlukan sebuah perencanaan secara menyeluruh agar hasilnya semakin efektif. Dalam hal ini, Banamitra siap lo membantu untuk menyelesaikan masalah ini.

Tips Renovasi Rumah Dengan Biaya Rendah Hasil Memuaskan

Nah bagi kalian yang saat ini mengandalkan budget rendah namun tetap ingin merenovasi rumah, simaklah tips berikut supaya hasilnya tidak mengecewakan:

1. Tetapkan Anggaran Renovasi Rumah

Coba berpikir lebih jenius tentang renovasi rumah dengan sistem ekonomis. Dalam hal ini, kamu harus bisa menentukan biaya keseluruhan terkait kebutuhan tenaga kerja dan juga material. Tetapkan pula anggaran maksimal pengeluaran agar tidak menghabiskan biaya di kemudian hari. Penting untuk kamu ketahui! Janganlah melebih-lebihkan anggaran agar hasilnya benar-benar akurat.

Dalam hal ini, anggaran yang bisa kamu buat adalah:

  • Biaya untuk menutupi semua kebutuhan material dari yang terbilang sangat remeh sampai meterial pokok untuk renovasi.
  • Anggaran untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pekerja selama proses renovasi berlangsung.
  • Anggaran biaya jasa tukang bangunan dan kontraktor (jika menggunakan).

Coba buat anggaran ini sedetail mungkin lalu koreksi kembali untuk memastikan apakah semua kebutuhan sudah terpenuhi atau sebaliknya.

2. Buat Perbandingan Harga Material dan Furniture

Membandingkan harga meterial maupun furniture adalah tips renovasi rumah yang tak boleh kamu abaikan jika budget saat ini terbilang pas-pasan. Dalam hal ini, cari toko yang menawarkan kebutuhan renovasi dengan harga paling rendah namun kualitas tetap sama. Saya yakin, setiap toko punya harga berbeda. Sehingga membandingkan harga sangatlah penting walaupun selisihnya tidak begitu besar.

Tidak ada salahnya juga lo membeli furniture bekas yang tersedia di toko online. Walupun bekas, jika kualitasnya premium kenapa harus memilih baru tetapi kualitas buruk. Justru ide semacam ini perlu kamu terapkan guna menghemat anggaran renovasi.

3. Ubah Kesan Berbeda pada Pintu

Jika pintu rumah masih tampak bagus dan layak pakai, sebenarnya kamu tidak perlu menggantinya dengan yang baru. Kerusakan pintu biasanya hanya warnanya saja yang pudar, sehingga merubah kesan tampilan ke yang lebih baru adalah pilihan terbaik untuk meminimalkan biaya renovasi rumah.

Dalam hal ini, kamu hanya perlu membeli cat dan perlengkapannya saja lalu mengecat ulang pintu tersebut. Kebutuhan ini akan jauh lebih hemat biaya daripada merubah semuanya secara menyeluruh. Dengan sedikit modal, maka pintu rumah akan tampak seperti baru lagi. Bukankah ini solusi yang patut mendapat pertimbangan?

4. Pilih Cat Yang Hemat Biaya

Ketika bicara soal merenovasi rumah, sebenarnya tidak harus bersikap ambisi seperti merombaknya secara menyeluruh misalnya. Justru sikap seperti itu akan memakan banyak biaya, baik dari segi material maupun tenaga kerja. Oleh karena itu, mulailah dari hal paling dasar terlebih dahulu. Merubah warna cat rumah misalnya.

Renovasi semacam ini sangat ideal untuk kamu yang kebetulan tidak punya anggaran besar. Ketahuilah! merubah cat memang tampak sepele, namun langkah kecil ini akan membawa perubahan yang jauh lebih besar lo. Tidak perlu memilih harga cat yang mahal, cukup menggunakan warna terang saja, maka rumah akan terkesan lebih indah dari sebelumnya.

Jika kamu hanya mengandalkan budget terbatas, coba ganti warna rumah dengan cat putih dan hitam saja. Kombinasi dari dua warna tersebut bisa menjadikan rumah tampak lebih indah dan murah. Tidak kah tertarik untuk mencobanya?

5. Pilih Bahan Berkualitas Untuk Renovasi Rumah

Jangan sampai melakukan renovasi secara berulang akibat bahan yang kamu terapkan berkualitas rendah. Bahan tersebut biasanya tergolong dalam kategori cat, genting, dan furniture lainnya. Lebih baik pilih bahan berkualitas walaupun akan menghabiskan biaya yang lebih besar. Hal ini akan mengurangi kerusakan dalam waktu dekat yang menuntut renovasi secara berulang.

Barang yang menggunakan bahan berkualitas buruk biasanya di jual dengan harga lebih murah. Jadi, jangan sampai tergiur dengan tawaran semacam ini. Hal ini memungkinkan ketahanan yang lebih lama sehingga tak perlu lagi melakukan renovasi rumah.

6. Maksimalkan Tempat Penyimpanan

Setiap orang pasti membutuhkan tempat penyimpanan, saya yakin itu. Oleh karena itu, gudang sebenarnya tidak terlalu penting jika barang yang di simpan berukuran kecil. Lebih baik, manfaatkan dapur agar bisa menjadi multi fungsi.

Dalam hal ini, kamu bisa membuat beberapa kabinet. Atau jika perlu, membuat lemari sebagai tempat penyimpanan barang tertentu yang ukurannya tidak terlalu besar. Selain akan terlihat lebih rapi, konsep tatanan seperti ini akan meminimalkan dan juga anggaran renovasi rumah loh.

Untuk membuat kabinet dapur, sebenarnya tidak harus membeli bahan kayu yang baru. Cukup memanfaatkan bahan bekas yang masih bagus saja, maka cukup untuk membuat ruang baru yang bisa kamu fungsikan sebagai tempat penyimpanan barang. Kemudian untuk mempercantik tampilannya, silahkan berikan cat terang pada kabinet tersebut.

Kesimpulan

Renovasi Rumah dalam hal ini, di butuhkan Skill dan Talenta serta ketelitian dalam proses pengerjaan. Untuk itu jasa dari Banamitra.com akan menjawab keraguan anda semua, bahkan kepuasan klien paling utama dalam visinya.

Minat baca artikel sejenis Renovasi Rumah?

Advertisement
Larry Max

Media Bisnis Online

Leave a Comment