Apa itu Rumah Kopel, Mengapa Rumah ini Menarik untuk Dibeli?

rumah kopel indonesia

Apa itu rumah kopel?

Semua orang pasti ingin segera memiliki rumah sendiri, khususnya mereka yang sudah berumah tangga. Apalagi memiliki rumah keren di perumahan seperti perumahan baru di bogor atau kota-kota lainnya.

Boleh dibilang bahwa tinggal di rumah sendiri mernjadi impian semua orang. Selain membuat perasaan lebih lega karena tidak membebani orang lain, punya rumah sendiri juga membuat kita punya privasi dan bisa berekspresi sesuai keinginan.

Setiap orang pasti punya type rumah impian. Salah satu jenis hunian yang bisa dijadikan tempat tinggal adalah rumah kopel.

Sebenarnya hunian kopel sudah umum diketahui masyarakat. Namun, mungkin sebagian orang masih merasa asing dengan jenis hunian ini.

Yuk, kita simak penjelasan ringkas mengenai rumah kopel.

Apa Itu Rumah Kopel?

Buat kamu yang belum tahu, kata kopel berasal dari kata couple yang arinya pasangan.

Rumah kopel adalah hunian yang bangunannya berbagi satu dinding yang sama dengan rumah lainnya. Hunian bermodel kopel biasanya tipikal atau memiliki satu konsep desain dengan rumah lain di sekitarnya.

Hunian dengan tipe kopel sebenarnya terdiri dari dua unit rumah yang digabung menjadi satu. Artinya ketika kondisi awal sebelum dibeli, rumah ini terpisah dan berdiri sendiri-sendiri.

Namun ukurannya yang kecil biasanya membuat banyak orang akhirnya membeli dua rumah sekaligus yang berhimpitan dan digabung menjadi satu.

Rumah seperti ini ukuran dan luasnya lebih kecil sehingga harganya menjadi lebih murah. Biasanya hunian kopel banyak digunakan oleh pasangan atau keluarga baru.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Kopel

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli hunian kopel. Kita perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan rumah model ini.

1. Kelebihan

Beberapa alasan mengapa banyak orang memilih membeli atau menyewa rumah ini, di antaranya:

  • Harga rumah biasanya cukup murah dan umumnya berbentuk cluster. Kamu bisa membandingkan dulu harganya dengan properti lain. Biasanya sebelum menjadi hunian kopel, rumah ini berdiri sendiri dengan ukurang yang kecil. Jadi, kalau kamu berniat membeli hunian ini coba perhitungkan harga belinya juga ya.
  • Rumah kopel umumnya sudah berdiri, jadi ibaratnya dua rumah berdampingan dan sudah lengkap dengan atap, bangunan yang kokoh dan lahan depan yang sudah rapi. Untuk itu, kamu tidak perlu mendirikan bangunan baru lagi. Jadi, intinya lebih hemat waktu dan biaya.
  • Rumah kopel biasanya telah berdiri di atas lingkungan cluster, sehingga lingkungan sekitar sudah terbentuk. Namun, kamu harus tetap mencari tahu bentuk visual rumah ya sebelum akhirnya membeli hunian kopel.
  • Selain harganya lebih terjangkau, kita juga bisa lebih berhemat dalam hal pemeliharaan. Misalnya, kamu ingin memperbaiki dinding atau atap, kamu bisa bernegosiasi dengan tetangga agar membagi biaya perbaikan tersebut.

2. Kekurangan

Ada beberapa kekurangan dari rumah model ini yang harus dipertimbangkan sebelum menyewa atau membelinya, di antaranya:

  • Pemilik atau penyewa rumah seperti ini bisanya kurang memiliki privasi karena berbagi dinding rumah dengan tetangga.
  • Selain kurang privasi, mereka yang tinggal di rumah kopel bisa terganggu jika tetangga melakukan aktivitas yang bising.
  • Tampilan luar rumah identik dengan rumah tetangga di mana bagi beberapa orang hal ini kurang menarik.
  • Pemilik rumah akan kesulitan ketika ingin merenovasi rumahnya karena dinding pembatas menyatu dengan rumah tetangga.

Tips Mencari dan Membeli Rumah Kopel

rumah kopel

Sebelum kamu membeli rumah kopel, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal ya. Tujuannya agar kamu tidak menyesal saat membeli jenis hunian ini. Yuk kita cek tips mencari hunian dengan model kopel.

1. Cek di aplikasi pencarian properti terpercaya 

Kamu bisa melihat hunian kopel dengan mencarinya di aplikasi properti tepercaya. Dengan begini kamu akan lebih mudah menemukan dan membandingkan hunian kopel tanpa harus langsung mengunjungi lokasi properti di awal. 

2. Bandingkan harga dan lokasi

Hal yang harus kamu pastikan untuk membeli rumah kopel adalah harga dan lokasi. Tujuannya untuk memastikan apakah lokasi properti dekat dengan pusat kota. Hal ini tentu akan menjadi pertimbangan apakah worth it untuk membeli hunian tersebut. 

3. Tanya ke developer tepercaya 

Untuk mencari informasi mengenai properti, kamu juga bisa menggali informasi ke developer tepercaya. Kamu harus mencari tahu informasi ke developer dulu. Hal utama yang harus kamu persiapkan untuk mencari developer adalah bertanya kepada rekanan yang kamu kenal mempunyai koneksi ke agen properti berkualitas.

4. Cek listing properti di Bank

Untuk mencari hunian kopel kamu juga bisa mencari informasi di Bank. Biasanya bank juga mempunyai referensi hunian kopel. Kamu bisa mencari informasi yang lebih akurat jika mencari informasi mengenai rumah kopel di bank.

Jadi, baik ketika kamu ingin mencari perumahan di tangerang selatan atau kota lain, kamu bisa membandingkan harga perumahan dengan mengecek langsung website bank. 

Itulah pembahasan ringkas tentang rumah kopel. Mulai dari pengertiannya, kelebihan dan kekurangannya, serta tips mencari rumahnya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: 7 Kost Ekslusif Dari Cove di Jakarta Selatan, Dibawah 5 Juta

Asep Irwan

Asep Irwan adalah content writer di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar di dunia kepenulisan, blogging, dan media online.

Satu pemikiran pada “Apa itu Rumah Kopel, Mengapa Rumah ini Menarik untuk Dibeli?”

Tinggalkan Balasan