7 Contoh Peralatan Rumah Tangga Berbahan Aluminium

Peralatan Rumah Tangga Berbahan Aluminium

Aluminium (Al) merupakan logam yang banyak ditemukan di bumi. Bahan logam ini banyak digunakan pada peralatan dapur, alat mengecat rambut, penghantar listrik, dan lain sebagainya.

Aluminium dan perabotan rumah tangga merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Mengapa? Pasalnya banyak perabot rumah tangga yang terbuat dari bahan dasar logam satu ini.

Aluminium merupakan salah satu jenis logam yang banyak ditemukan di muka bumi ini. Terbukti banyak sekali benda-benda yang terbuat dari aluminium, bukan hanya industri rumah tangga saja, tetapi juga industri-industri lainnya.

Logam sangat erat dengan kehidupan sehari-hari. Pasti di rumah Anda ada benda yang terbuat dari aluminium meski itu hanya beberapa saja. Berikut ini beberapa kelebihan alat rumah tangga berbahan aluminium:

  1. Tidak mudah berkarat.
  2. Anti rayap.
  3. Dapat melindungi makanan.
  4. Harganya cenderung lebih murah.
  5. Bahannya dapat menghantarkan panas dengan baik.
  6. Lebih mudah dibersihkan.

Peralatan Rumah Tangga Berbahan Aluminium

Sesuai dengan apa yang saya katakan sebelumnya, ada banyak sekali benda-benda dan atau peralatan di rumah yang terbuat dari logam aluminium. Beberapa contohnya yaitu :

1. Kusen

Kusen tidak hanya bisa dibuat dari kayu saja, tetapi juga bisa dari aluminium. Saat ini sudah banyak sekali bangunan yang menggunakan kusen dari aluminium.

Bukan tanpa alasan, pasalnya aluminium bisa membuat kusen menjadi lebih kuat, kokoh, serta tidak mudah rusak. Anda bisa menerapkan kusen alumunium ini pada jendela, pintu, ataupun yang lainnya.

2. Aluminium Foil

Aluminium foil merupakan benda yang sering kita temukan di dapur dan kerap digunakan dalam pemrosesan makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Tak hanya itu saja, aluminium foil juga bisa membuat makanan menjadi tahan lama.

Biasanya aluminium foil digunakan untuk membungkus makanan yang dipanggang atau dibakar. Tujuannya yaitu untuk menjaga kelembaban bahan makanan selama proses memasak. Saat dipakai untuk menyimpan makanan,  kegunaan aluminium foil adalah untuk menghalangi masuknya oksigen, cahaya, bau, dan kuman sehingga kualitasnya menjadi terjaga.

Tak hanya itu saja, aluminium foil juga berguna untuk menjaga suhu makanan. Jadi makanan yang semula dingin tidak cepat panas atau sebaliknya.

3. Peralatan Dapur

Saat ini peralatan dapur didominasi oleh bahan aluminium. Contohnya yaitu panci, sendok, garpu, wajan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Memang logam aluminium adalah bahan terbaik untuk peralatan dapur karena memiliki banyak sekali keuntungan yang membuat proses memasak menjadi lebih cepat. Aluminium bisa menghantarkan panas dengan cepat yang membuat proses memasak menjadi lebih cepat.

Selain itu, aluminium menjadi bahan dasar pembuatan peralatan dapur karena tidak mudah berkarat sehingga cocok digunakan jangka panjang. Anda tidak perlu lagi menggonta ganti peralatan dapur karena dijamin awet.

4. Rak Piring

Rak piring merupakan salah satu peralatan yang ada di ruangan dapur. Selain terbuat dari stainless steel, rak piring juga bisa terbuat dari aluminium.

Rak piring dari aluminium memiliki banyak sekali keunggulan, salah satunya adalah kokoh sehingga kuat menampung banyak piring, mangkuk, dan gelas. Tak hanya itu saja, rak piring yang satu ini tahan terhadap panas.

5. Kabel Listrik

Kabel listrik ada juga yang terbuat dari logam aluminium. Biasanya dipadukan dengan logam boron karena menghasilkan konduktivitas yang pesat alias listrik lebih mudah teraliri dengan baik.

Selain itu, kabel listrik dari aluminium juga bisa dipadukan dengan besi atau tembaga. Keduanya sama-sama bisa menghasilkan konduktivitas yang bagus karena merupakan penghantar panas yang baik.

6. Teralis

Teralis merupakan sebuah konstruksi yang berfungsi sebagai pengaman pada pintu, jendela hingga tangga. Teralis diciptakan memang bertujuan untuk mempersulit maling atau pencuri yang akan masuk ke dalam rumah.

Tak hanya untuk pengamanan saja, teralis juga bisa berguna menambah estetika sebuah hunian. Penggunaan teralis telah menjadi tren arsitektur masa kini yang juga bisa Anda coba ketika membangun sebuah rumah.

Selain terbuat dari besi, teralis juga bisa dibuat dari aluminium sehingga banyak yang menyebutnya sebagai teralis aluminium. Meski besi dinilai memiliki kekuatan, namun tidak salahnya jika ingin mencoba membuat teralis dari bahan logam aluminium.

Alasan pertama yaitu teralis aluminium bisa dibuat dengan biaya yang sangat terjangkau, Sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin hemat biaya dalam pembuatannya.

Selain itu, teralis aluminium memiliki kelebihan lain yaitu anti karat yang tidak didapatkan pada besi. Tak hanya itu saja, teralis dari bahan aluminium juga tahan terhadap panas dan dingin.

7. Pagar

Selain terbuat dari besi, ada juga pagar yang terbuat dari bahan aluminium. Sama halnya seperti teralis, pagar aluminium dipilih karena faktor harga, ketahanan, dan perawatan. 

Jika Anda menginginkan pagar yang awet, tahan lama, dan perawatannya mudah maka pilihlah aluminium untuk membuat pagar. Bahan aluminium itu ringan dan mudah untuk dilakukan instalasi, sehingga biaya konstruksinya pun bisa lebih terjangkau.

Pagar aluminium tidak seperti besi yang mudah sekali berkarat. Kalau Anda tidak ingin melihat pagar berkarat dan malas ngecat berkali-kali, maka pilih aluminium sebagai bahan untuk pagar di tempat tinggal Anda.

Selain benda-benda di atas, masih banyak sekali benda lainnya dari aluminium yang tidak mungkin disebutkan semua pada artikel ini, antara lain yaitu pegangan pintu, partisi, bingkai jendela, atap rumah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan apabila Anda menginginkan perabotan atau konstruksi rumah berbahan dasar aluminium, serahkan saja pada Karya Jaya Lestari yang merupakan perusahaan jasa kontraktor interior dan eksterior untuk pembuatan atau pemasangan aluminium dari Banyumas, Cilacap, dan sekitarnya.

Pengerjaan dilakukan serapi mungkin dengan desain modern dan full custom. Dikerjakan oleh orang-orang berpengalaman dan bisa selesai tepat waktu sesuai permintaan.

Karya Jaya Lestari adalah produsen terbaik pembuatan perabotan rumah tangga dan konstruksi bangunan rumah dari bahan aluminium. Anda bisa membuka situsnya aluminium cilacap untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Baca juga: Tips Feng Shui Rumah Tinggal untuk Hunian Lebih Indah

Asep Irwan

Asep Irwan adalah content writer di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar di dunia kepenulisan, blogging, dan media online.

Tinggalkan Balasan