Qlue Jek ~ Layanan Jasa Antar Barang Berbasis Drone Karya Anak Bangsa

Qlue Jek

Image dari Liputan6.com

Seiring dengan kemajuan khususnya di bidang teknologi, membuat para generasi muda terus berusaha melahirkan ide-ide cemerlang yang bisa membawa perubahan signifikan dalam mempermudah setiap kegiatan yang akan dilakukan. Misalnya dengan melakukan perubahan pada sebuah bisnis, dengan terus berusaha agar bisa mengkombinasikan perpaduan antara peranan yang dibawa oleh #teknologi dengan layanan antar barang yang telah banyak menjamur. Tujuannya agar lebih cepat, efektif, dan tepat waktu sehingga bisa mengatasi setiap permasalahan yang masih terjadi pada jenis bisnis tersebut.

Setelah sebelumnya telah sukses dengan aplikasi Jakarta Smart City andalannya, startup Qlue yang berupaya untuk dapat memberikan peluang kepada para warga kota menyampaikan berbagai keluhan apabila menemukan kekurangan pada sistem pemerintahan. Tepatnya pada 1 April 2016, Qlue kembali menunjukan keseriusannya kali ini dalam hal jasa antar barang yang diberi nama Qlue Jek, sebuah terobosan terbaru untuk lebih mempermudah dalam hal antar barang atau lebih kita kenal dengan jasa kurir via perangkat drone.

Awal Kehadiran Qlue Jek

Awalnya banyak yang mempertanyakan dan juga meragukan kehadirannya, karena hadirnya Qlue Jek bertepatan dengan tradisi April Mop atau April Fool. Biasanya semua kegiatan yang di akukan pada hari itu identik dan sering di ubungkan dengan kekonyolan atau kabar bohong baik itu kepada teman maupun yang lainnya.

Namun kenyataannya Qlue serius ingin membawa perubahan besar, setelah melalui riset juga pengembangan secara serius melalui divisi yang dipimpin oleh mantan pilot helikopter ini sanggup menghadirkan aplikasi antar barang dengan mengkolaborasikan perangkat #drone dan sebuah aplikasi.

Qlue Jek sendiri merupakan hasil pengembangan dari Jakarta Smart City, guna memenuhi kebutuhan akan #jasa pengantaran barang dengan semakin merebaknya transaksi berbasis online. Memiliki kemampuan melakukan antar barang dengan lebih cepat dan efisien, oleh karena hal itu maka Qlue mewujudkan mimpinya tersebut dengan memanfaatkan fitur dari sebuah drone. Akhirnya jadilah pengantaran darat dengan memanfaatkan jalur udara yang pastinya aman dan juga tepat.

Artikel lain: Project Wings ~ Tahun 2017 Google Akan Kirimkan Paket Lewat Drone

Cara Kerja dari Qlue Jek

Dalam hal pengoperasian Qlue Jek telah di angani oleh seorang pilot handal yang menggerakan peralatan kendali jarak jauh atau lebih di kenal dengan remote control secara otomatis maupun manual, serta di ukung dengan perangkat tambahan Virtual Reality (VR) agar bisa mendeteksi keberadaan drone ketika proses pengiriman barang berlangsung.

Kemampuan mengangkut barang yang bisa dibawanya maksimum mencapai 5 kilogram, dengan jarak tempuh maksimal 25 kilometer dalam keadaan stabil. Qlue Jek juga dilengkapi dengan speaker supaya lebih memudahkan ketika akan melakukan komunikasi dua arah antara pihak pelanggan dan dari operator. Misalnya saja ketika alamat tujuan tidak jelas atupun tidak tercantum sebelumnya.

Sesuai dengan fungsi sejatinya dari drone, Qlue Jek juga dapat menerima jasa #fotografi melalui udara maupun dalam hal melakukan pemantauan situasi kota yang nantinya terintegrasi langsung dengan aplikasi Jakarta Smart City. Telah banyak diketahui biasanya jasa pengantaran yang telah banyak di mana-mana tak luput dengan kejadian kehilangan, terlebih lagi jasa antar barang dengan menggunakan drone, tentu peran teknologi tidak bisa dilepaskan begitu saja dari namanya salah ketika mengantarkan ke orang yang tidak seharusnya dituju.

Maka dari itu diperlukan agar bisa memakai jasa asuransi, guna mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan maupun salah kirim. Bisa dipastikan dengan penambahan jasa asuransi, akan mempengaruhi dari segi biaya pengantaran. Namun bila barang yang akan dikirimkan terbilang cukup penting, tidak ada salahnya jika mulai menggunakan jasa asuransi kerugian.




Mengatasi Permasalahan yang Ada

Dengan kehadiran Qlue Jek di ranah jasa antar barang, sudah sepatutnya menjadikan perhatian lebih bagi para pelaku usaha jasa kurir, agar jangan sampai terjadi masalah seperti halnya pada jenis bisnis transportasi umum dengan bermunculan jasa aplikasi tersebut. Karena dengan lebih memanfaatkan jalur udara dalam pengoperasiannya, tentu Qlue Jek akan bisa lebih cepat dalam mengatasi kemacetan dan biasanya juga tidak dapat dihindarkan dari kota besar pada umumnya.

Inovasi dalam dunia teknologi terus mengalami perkembangan, itu bisa dibuktikan dengan semakin banyak aplikasi bermunculan sebagai dampak dari kreativitas dan ide kreatif anak bangsa. Jadi untuk para pelaku bisnis yang masih mengandalkan model lama, upayakan untuk bisa berubah dan menyesuaikan diri dengan semakin maraknya bisnis dengan menggunakan peranan teknologi di dalamnya.

Baca juga: Peluang Bisnis Penyewaan Drone Bagi Yang Doyan Selfie

Qlue Jek sendiri telah melakukan soft launching melalui media Youtube pada tanggal 29 Maret 2016 lalu, yang langsung mendapatkan respon positif dari banyak pihak. Setelah itu tepat pada tanggal 1 April 2016 kemarin, Qlue Jek membuat gebrakan terbarunya dengan memberikan jasa pelayanan secara gratis hanya untuk pelanggan terbatas, karena masih dalam tahap promosi agar dapat lebih memperkenalkan ke khalayak ramai.

Jika disinggung mengenai berapa biaya ongkos kirim untuk jasa pengantaran barang menggunakan Qlue Jek, hingga saat ini belum ada data yang pasti dan dirilis secara resmi, karena itu tadi masih dalam tahap pengenalan juga promosi. Apabila telah lewat masa promosi, maka di hari selanjutnya tentu Anda akan bisa mengetahui tarif resmi dari jasa antar barang yang satu ini. Percaya pada keamanan dan keakuratannya? Maka mulailah untuk mencoba jasa pengantaran barang berbasis aplikasi ini, sesuai dengan tag line yang digunakan oleh Qlue Jek sendiri yaitu “Mengudarakan Mimpimu”.




3 total comments on this postSubmit yours
  1. turut berbangga atas hasil karya anak negri sendiri. terus berkarya yaa

  2. Wow… Semakin hari teknologi kian berkembang pesat. Setelah ada layanan antar roda dua, roda empat yang sempat booming bahkan sampai saat ini. Inovasi layanan antar via drone ini layak diacungi dua jempol. Bukan karena anak bangsanya, melainkan karena memang idenya briliant… Semoga makin berkembang mengikuti kesuksesan para pendahulunya. Terimakasih atas infonya..

  3. keren ya,, makin tambah maju aja teknologi skarang

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud