Punya Karyawan Berbakat, Inilah 4 Cara Untuk Merawatnya, Catat!

Karyawan Berbakat

Image dari Businessnewsdaily.com

Memiliki karyawan yang selalu mendukung bisnis dan perusahaan Anda memang akan sangat menyenangkan. Apalagi saat karyawan-karyawan tersebut adalah orang-orang yang memiliki bakat yang mumpuni dan Anda nilai mampu mendongkrak pertumbuhan bisnis Ada. Maka dari itu dari sini jika Anda memang memiliki bisnis dan karyawan bertalenta Anda wajib untuk mempertahankannya sekuat tenaga  agar terus berada di perusahaan.

Sayangnya banyak dari karyawan berbakat yang ada ini tidak semua memiliki pemikiran yang sesuai dengan Anda sebagai pemilik usaha agar berjalan bersama-sama. Beberapa karyawan berbakat ini dengan idealisme yang dianutnya bisa jadi kemudian memutuskan untuk resign (berhenti) dari perusahaan Anda untuk kemudian beralih ke perusahaan lain yang bisa jadi adalah kompetitor Anda atau juga mendirikan usaha sendiri yang juga bersaing dengan perusahaan Anda.

Dari sini menjaga dan merawat karyawan berbakat adalah hal yang mutlak dilakukan oleh setiap pengusaha yang menginginkan perusahaannya maju pesat. Lalu bagaimanakah cara untuk bisa memelihara dan merawat karyawan berbakat ini? berikut ulasannya.

1. Jelaskan Bahwa Anda Benar-benar Membutuhkan Mereka

Cara pertama untuk bisa menjaga dan merawat para karyawan berbakat adalah dengan menjelaskan pada mereka sangat membutuhkan mereka dari ide atau tenaganya. Ya, ide dan tenaga dari para karyawan yang berbakat ini memang sangatlah penting dan bermanfaat bagi bisnis dan perusahaan Anda. Nah untuk itulah para karyawan yang selalu bekerja dengan baik melalui ide dan tenaganya merupakan aset yang sangat penting untuk Anda dan kelangsungan perusahaan.

Maka jika memang Anda merasa telah memiliki karyawan berbakat, Anda sebagai pemilik usaha (owner) tak perlu ragu untuk mengatakan bahwa Anda benar-benar membutuhkan mereka. Saat Anda menyatakan bahwa Anda membutuhkan ide dan tenaga mereka memang akan membuat para karyawan berbakat ini merasa dihargai. Saat ide dan kerja para karyawan berbakat ini dihargai maka mereka akan memiliki peluang untuk pemikiran untuk terus bersama-sama Anda untuk mengembangkan perusahaan.




Artikel lain: Inilah 4 Penyebab Utama Karyawan Terbaik Resign dari Perusahaan

2. Berikan Penghargaan Pada Kinerja Mereka

Selanjutnya, cara untuk bisa menjaga dan merawat para karyawan berbakat yaitu dengan memberi penghargaan pada kinerja mereka. Ya, sehebat dan sepintar apapun karyawan, mereka tetaplah manusia yang membutuhkan sebuah pujian dan juga peningkatan kehidupan yang lebih baik.

Nah dari sinilah Anda bisa menempatkan kedudukan Anda untuk memenuhi kebutuhan para karyawan berbakat Anda tersebut. Jika mereka telah bekerja dengan sangat baik selama ini, maka tak ada salahnya untuk Anda memberikan penghargaan pada mereka.

Penghargaan ini sendiri bisa bermacam-macam wujudnya, dari pemberian bonus, kenaikan gaji, kenaikan jabatan atau juga bentuk penghargaan berupa pujian, sanjungan dan juga ucapan terimakasih. Untuk cara yang satu ini jangan terlalu fokus pada satu bentuk atau wujud penghargaan saja. Berikan bentuk penghargaan ini dalam rupa-rupa bentuk yang bermacam-macam.

3. Tunjukkan Sikap Proaktif dan Berikan Dukungan yang Tulus

Berikutnya, cara untuk bisa menjaga dan merawat para karyawan berbakat yaitu dengan memberikan sikap yang proaktif seperti memberi dukungan atau juga tawaran untuk selalu mau bekerja sama. Saat mereka para karyawan berbakat ini sedang memberikan pendapat dan pandangannya, Anda jangan terburu-buru untuk menyela dan memotong pembicaraannya.  Jangan juga terlalu terburu-buru memberikan penilaian pada pandangan atau sikap yang kemudian Anda nilai tidak sesuai dengan pemikiran Anda.




Mengapa? Sebab bisa jadi apa yang disampaikannya sebenarnya adalah hal yang paling penting untuk perusahaan dan bisnis Anda kedepan. Semakin proaktif Anda pada apa yang sedang dilakukan oleh karyawan berbakat ini maka semakin besar pula peluang Anda bisa mempertahankan karyawan tersebut.

Baca juga: Karyawan Anda Malas? Coba Atasi Dengan Cara Ini

4. Berikan Umpan Balik atau Feedback yang Sejalan

Terakhir, cara untuk bisa menjaga dan merawat para karyawan berbakat adalah dengan memberikan feedback atau umpan balik yang sejalan dan selaras. Setelah karyawan berbakat ini memberikan ide dan pendapatnya maka Anda sebagai pemilik usaha perlu memberikan feedback atau umpan balik. Nah dari sini cobalah untuk memberikan feedback yang selaras dan sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

Gunakan bahasa tubuh yang positif dengan sebuah aura semangat untuk bersama-sama untuk membangun perusahaan. Hindari bahasa tubuh yang negatif seperti membalikkan badan, bengong atau sambil mengerjakan pekerjaan lain, karena karyawan berbakat Anda akan merasa diremehkan dan tidak dihargai.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud