Public Figur Dengan Followers Palsu Terbanyak di Twitter, Siapa Saja?

Image dari cityhyd.info

Image dari cityhyd.info

Anda pasti pernah menemukan akun Twitter yang punya ribuan bahkan jutaan followers, dan mungkin ini sangat mengesankan buat Anda. Jumlah followers yang begitu banyak tentu akan sangat membantu promosi bisnis ataupun usaha kita di internet, sekali tweet maka informasi yang kita posting di #Twitter akan terbaca oleh banyak orang yang otomatis akan meningkatkan brand Anda di media sosial Twitter. Tapi tunggu dulu, apakah followers yang banyak itu adalah REAL user? Apakah followers itu aktif menggunakan akun mereka?

Berdasarkan beberapa informasi dari beberapa media yang ada di internet, ternyata ada banyak sekali orang yang rela mengeluarkan kocek untuk mendapatkan lebih banyak followers di Twitter. Uniknya followers palsu ini juga ternyata dimiliki oleh para selebritis dan pejabat negara di Indonesia lho. Tidak tanggung-tanggung, followers para public figur tersebut bisa mencapai angka jutaan followers. Namun, sayangnya banyak dari antara followers tersebut adalah FAKE followers atau followers palsu, dan juga followers yang tidak aktif.

Lalu, siapa saja public figur di Indonesia yang punya followers palsu di Twitter? Ada banyak lho, tapi yang dituliskan di sini hanya beberapa saja. Berikut ini adalah beberapa public figur dengan followers palsu terbanyak di Twitter.

Artikel terkait: Membeli Followers Social Media Adalah Sebuah Ide Buruk

Public Figur Dengan Fake Followers Terbanyak di Indonesia

 1. Sherina Munaf (@sherinamunaf)

Menurut sebuah artikel yang ditayangkan oleh Republika pada tanggal 14 Juli 2013 lalu (baca di sini), penyanyi cantik ini memiliki followers mencapai 6,2 juta followers. Namun dari sekian banyak followers diperkirakan 51%  adalah followers palsu dan 35% tidak aktif. Followers palsu ini adalah akun Twitter palsu yang tidak punya followers dan hanya posting beberapa tweet rekayasa, sedangkan akun tidak aktif adalah akun yang sudah tidak digunakan oleh pemiliknya.

Maxmanroe.com melakukan pengecekan terhadap akun Twitter Sherina, ternyata ada perubahan pada akun tersebut. Akun Twitter Sherina Munaf yang semula adalah @sherinamunaf berubah menjadi @sherinasinna. Saat artikel ini dibuat, akun Twitter @sherinasinna memiliki 7,81 juta followers, dan dilengkapi dengan badge Verified Account seperti public figur terkenal lainnya. Yang pasti, sampai saat ini akun Twitter Sherina Munaf masih punya banyak followers palsu, silahkan cek untuk membuktikan.

2. Afgansyah Reza (@afgansyah_reza)

Saat artikel ini dibuat, akun Twitter @afgansyah_reza memiliki 6,44 juta followers, wow banyak ya. Tapi tunggu dulu, sebelum Anda ‘tergiur’ karena melihat followersnya yang sangat banyak, ada baiknya Anda memeriksa followersnya dulu. Cara mengeceknya secara manual cukup mudah, silahkan login dulu ke akun Twitter Anda lalu bukan link followers @afgansyah_reza.

Saat Anda membuka halaman followersnya, Anda pasti melihat banyak sekali followers dengan avatar bergambar egg (telur). Ini adalah salah satu indikasi bahwa akun tersebut adalah akun Twitter palsu. Kalau Anda mau memeriksa lebih jauh, silahkan klik akun dengan avatar egg tersebut, pasti Anda akan melihat sangat sedikit tweet atau sama sekali tidak ada tweet dari akun tersebut. Itu artinya akun tersebut adalah akun palsu.

Menurut artikel di Republika, 50% dari followers @afgansyah_reza adalah akun palsu dan 29% tidak aktif. Kalau menurut Maxmanroe.com ada lebih dari 50% followers @afgansyah_reza adalah Fake account. Walaupun begitu, fans dan followers aktif akun @afgansyah_reza  juga cukup banyak dan selalu berinteraksi dengan memberikan retweet dan favorite pada setiap tweet Afgan.

Artikel lain: Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Penggunaan Twitter




3. Agnes Monica (@agnezmo)

Hampir semua orang mengenal penyanyi yang satu ini, bahkan saat ini Agnes sudah Go International. Saat artikel ini dibuat, akun Twitter @agnezmo memiliki 10,7 juta followers. Sama seperti akun Twitter @afgansyah_reza, akun Twitter @agnezmo punya banyak Fake followers. Menurut artikel di Republika, ada sekitar 40% fake followers untuk akun Twitter @agnezmo dan 32% akun tidak aktif. Nah lho, tinggal berapa persen saja yang real dan aktif followers.

Maxmanroe.com sediki mengintip followers akun Twitter @agnezmo, dan memang cukup banyak followers palsu di akun tersebut. Namun, kalau kita melihat time line nya, terlihat bahwa @agnezmo punya banyak fans dan sekaligus REAL followers di Twitter. Para followers Agnes sangat aktif di Twitter dengan me-retweet dan mem-favorit kan semua tweet yang diposting oleh Agnes.

4. Susilo Bambang Yodhoyono (@SBYudhoyono)

Menurut artikel di Republika.co.id, ternyata akun Twitter @SBYudhoyono juga punya banyak followers palsu lho. Akun followers palsu tersebut diperkirakan sebanyak 35% dan 19% followers tidak aktif. Saat artikel ini dibuat, akun tersebut memiliki 5 juta followers di Twitter, jadi real followers dan aktif untuk akun @SBYudhoyono diperkirakan hanya 36% saja.

Maxmanroe.com tidak mengatakan bahwa data ini adalah 100% akurat, namun setelah kami menelusuri akun Twitter @SBYudhoyono tersebut, ternyata memang sangat banyak Fake Followers pada akun tersebut. Anda juga bisa telusuri dengan melakukan pengecekan lebih dalam pada akun Twitter pak SBY tersebut.

5. Hatta Rajasa (@hattarajasa)

Diantara public figur yang disebutkan di atas, akun Twitter @hattarajasa lah yang memiliki followers paling sedikit, yaitu 566 ribu followers (saat artikel ini dibuat). Walaupun begitu, jumlah followers palsu juga cukup banyak dimiliki oleh akun Twitter @hattarajasa, yaitu sebanyak 35%, dan sebanyak 39% tidak aktif.

Baca juga: Cara Membuat Akun Twitter Baru Dengan Cepat

Nah, di atas tadi adalah beberapa akun Twitter public figur Indonesia yang memiliki banyak sekali followers palsu di Twitter. Pertanyaannya adalah, apakah ada manfaatnya punya banyak followers tapi sebagian besar adalah followers palsu dan tidak aktif di Twitter? Kalau menurut Maxmanroe.com, tidak ada gunanya kita punya banyak FAKE followers, karena pemilik akun tersebut tidak akan mendapat respon dari para followersnya. Lalu mengapa banyak orang mencari followers tanpa perduli real user atau palsu?



14 total comments on this postSubmit yours
  1. Banyak follower palsu kok di Verifid tanda centang gak adil

  2. Wahh kali aja bisa bikin lebih tenar lewat twitter.
    Tapi kalo Bapak SBY kurang yakin :v Beliaukan.. Kalian tau

  3. Sepertinya BUKAN seperti itu mas,
    LOGIKANYA seperti ini :
    Orang membuat akun twitter BARU, saat pertama masuk akan disarankan untuk me-FOLLOW beberapa akun yang Verified sperti SBY, AgnesMo dll.
    Nah, Jadi Follower orang-orang Terkenal tersebut jadi banyak Followernya, tapi kebanyakan orang yang Baru menggunakan twitter meninggalkan akunnya begitu saja, apalagi kalo Lupa Password, nantinya akan bikin Twitter baru ..

    • Setuju mas,
      memang gitu kalau pas daftar twitter disuruh follow akun-akun lain yang dah mentok gitu, ane aja kemarin pas daftar disuruh follow akun agnes, SBY, Raditya Dika, sama beberapa akun media seperti Kompas, dll.

      Jadi yaa emang pantes mereka dapat follower banyak, orang twitternya yang nyuruh pendaftar baru buat follow mereka :D

  4. Foolow mr.bond pasti di foolback

  5. Kalau pakei follower palsu kan tidak bisa menyusut

  6. Gimana ya caranya supaya akun twitter saya punya banyak followers palsu (sampai jutaan) :D
    Kalau followers akun twitter @maxmanroe itu asli gak mas wkwk

    • Sebagian besar followers asli mas, tapi sepertinya ada followers palsu

  7. buat gengsian kali ya biar kelihatan banyak penggemarnya gitu, banyaknya follower bisa naikin tarif promo via twit .. :)

  8. Sebenernya definisi akun palsu itu apa bang?
    Keknya yg avatarnya egg sih blom tentu palsu juga. Biasanya di baru daftar twitter & blom sempet ganti avatar :-D

    • Akun palsu itu akun yang dibuat untuk tujuan tertentu, bukan untuk digunakan oleh real user. Memang beberapa user yang baru mendaftar bisa saja masih menggunakan avatar egg, tapi ga mungkin kan semua user baru serentak pakai avatar egg hehehe. Kita bisa lihat juga dari time line nya, biasanya fake account punya sedikit sekali tweet atau bahkan tidak ada tweet.

  9. ada..ada saja ya,,,akun socmed palsu

  10. Mas Max gimana yah caranya agar comment saya ini keluar foto saya? ada tutorialnya tidak yah?

    • Itu gampang kog, cukup mendaftarkan email yang digunakan untuk komentar ke Gravatar.com. Nanti di Gravatar, mas Arie masukkan foto atau image yang diinginkan, maka semua komentar mas Arie yang menggunakan email tersebut akan otomatis muncul gambarnya :)

4 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud