Produktivitas Kerja Menurun, Coba Terapkan 6 Tips Berikut Ini

Produktivitas Kerja Menurun

Image dari Buzzfeed.com

Produktivitas Kerja Menurun – Produktivitas dalam bekerja memang kadang sulit diprediksikan, ketika mood kita sedang bagus biasanya produktifitas juga akan menjadi sangat tinggi. Namun kebalikannya jika sedang bad mood, maka otomatis produktifitas juga akan menurun.

Nah, produktivitas kerja ini sangat dibutuhkan dalam mengarungi dunia bisnis yang begitu keras. Ketika produktifitas kalian menurun, tentu itu merupakan kabar bahagia bagi pesaing kalian. Jadi usahakan sebisa mungkin untuk menjaga produktifitas kalian dalam bekerja tetap stabil.

Namun jika terpaksa produktifitas kerja Anda tengah mengalami penurunan, maka sebaiknya segera lakukan sesuatu untuk mengatasinya. Jangan biarkan hal itu berlarut-larut, segera cari solusi yang tepat untuk menanggulanginya.

Ada beberapa hal kecil semacam cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan produktifvitas kalian dalam bekerja. Simak di bawah ini.

1. Saat Produktivitas Kerja Menurun, Maksimalkan Peran Tim Kerja

Jika kalian bekerja dengan tim dan kamu sebagai leadernya, maka maksimalkan peran mereka semua. Tentu dalam sebuah tim kerja selalu ada pembagian tugas dan tanggung jawab dari masing-masing anggota tim. Sesuaikan tugas mereka dengan kemampuan yang dimiliki dari masing-masing anggota agar mereka bisa bekerja dengan maksimal.

Usahakan jangan mencampuri pekerjaan dan tugas mereka, karena itu justru akan membuat mereka merasa terganggu. Jika mungkin ada yang harus dikoreksi, maka sebaiknya sampaikan secara bersama-sama ketika melakukan evaluasi kerja.

Artikel lain: 10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Tidak Produktif

2. Siapkan Segala Sesuatu di Malam Hari

Nah, kalau ini kita harus belajar dari anak sekolah. Umumnya, anak sekolah akan menyiapkan kebutuhannya pada malam hari, mulai dari belajar, mengerjakan PR atau yang lainnya. Sehingga ketika esok pagi, semuanya sudah siap dan tinggal berangkat ke sekolah.

Mirip dengan mereka, jadi sebaiknya siapkan segala sesuatu yang akan dikerjakan besok pada malam hari. Sehingga pada pagi harinya kita sudah siap mengeksekusinya, ini bisa lebih mengefektifkan waktu kita.

3. Buatlah Skala Prioritas

Buatlah daftar pekerjaan yang harus didahulukan. Prioritaskan pekerjaan yang dirasa mendesak, aturlah sedemikian rupa bagaimana caranya untuk menjadwalkan prioritas utama. Dengan membuat susunan prioritas dalam pekerjaan, maka akan semakin membantu Anda bisa bekerja dengan lebih fokus dan lebih produktif.




Cara sederhananya, buat saja daftar berupa tulisan sederhana beberapa pekerjaan yang akan kalian kerjakan. Lalu centang mana yang lebih penting di antara yang lain.

4. Totalitas Dalam Bekerja

Ini yang sering menjadi pembeda antara pebisnis satu dengan yang lainnya. Faktor totalitas pada pekerjaan masing-masing pekerja tentu saja berbeda. Untuk itu, jika Anda sudah membuat skala prioritas seperti pada poin 3, maka kalian juga harus mengerjakannya dengan total dan sepenuh hati. Hal ini dimaksudkan untuk membuat hasil pekerjaan akan lebih baik dan lebih maksimal.

Selain itu, totalitas juga berpengaruh pada tingkat keraguan dalam pekerjaan. Dengan bekerja total, kalian bisa mengurangi keragu-raguan kalian pada pekerjaan yang sudah Anda kerjakan sehingga tidak perlu mengulanginya lagi.

5. Multitasking Menjadi Hambatan Produktifitas Kerja

Multitasking memang sekali waktu dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan yang menghimpit. Namun jika kalian belum ahli menjalankan ini, maka sebaiknya hindari dahulu. Karena jika kalian paksakan, maka bukan saja satu pekerjaan, namun bisa semua pekerjaan yang kalian kerjakan bersamaan akan kacau balau dan jauh dari kata selesai.

Untuk itu, lebih baik kerjakan dengan maksimal satu per satu saja dulu. Karena kemampuan multitasking pada setiap orang berbeda-beda.

Baca juga: 7 Langkah Menjadikan Pagi Hari Lebih Produktif  dan Bersemangat

6. Jangan Ragu Katakan “Tidak”

Sebagai orang Indonesia kita sering memegang adat ke Timuran yang menjunjung tinggi nilai pada pertemanan. Apalagi untuk orang Jawa seperti saya, kadang perasaan sungkan sangat mempengaruhi pada produktifitas kerja kita. Ubahlah hal itu, jangan ragu lagi untuk berkata tidak meskipun pada teman atau saudara ketika kita “diganggu” dengan ajakan-ajakan yang tidak begitu urgent.

Seperti ngobrol, minum kopi atau sekedar makan ke luar. Untuk sementara hindari dulu ajakan tersebut, fokus pada pekerjaan yang sudah Anda buatkan daftar prioritas tadi. Jangan sampai semuanya menjadi kacau sehingga akan berpengaruh terhadap produktifitas kerja kalian sendiri.

Penutup

Di atas tadi adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat produktivitas kerja menurun. Diharapkan dengan melakukan tips tersebut perfroma kerja Anda dan tim bisa kembali, atau bahkan menjadi lebih baik dari sebelumnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud