7 Langkah Menjadikan Pagi Hari Lebih Produktif dan Bersemangat

7 Langkah Menjadikan Pagi Hari Lebih Produktif dan Bersemangat

Image dari Santabanta.com
Image dari Santabanta.com

Pagi hari adalah waktu yang seharusnya membuat kita semangat dan produktif karena tubuh kita masih fit dan bugar setelah semalaman beristirahat. Namun sayang tak semua orang bisa merasakan pagi yang bersemangat dan menggairahkan. Saya sendiri terkadang juga merasakan hal ini pada pagi hari.

Pagi hari yang tidak menggairahkan akan sangat tidak konsusif dan tidak baik karena umumnya akan membuat kita tidak produktif dalam bekerja.  Saat kita tidak produktif tentu akan banyak pekerjaan yang jadi terlantar dan akan menjadi beban tersendiri buat kita.

Maka jika Anda adalah orang yang seringkali mengalami pagi hari yang tidak menggairahkan, Anda perlu berbenah dan berubah. Berikut beberapa langkah untuk bisa menjadikan pagi hari kita menjadi jauh lebih bersemangat dan lebih produktif lagi.

1. Kelola Energi dan Waktu di Pagi Hari

Langkah pertama untuk membuat pagi hari yang lebih bersemangat dan produktif adalah dengan mengelola energi dan waktu dengan cerdas. Dengan setumpuk pekerjaan yang ada, seringkali kita memang mengbaikan energi dan waktu. Padahal dua hal ini adalah komponen yang akan membuat produktivitas kita terjaga dengan baik dan efektif.

Namun jika Anda tidak bisa memanfaatkan dua hal ini dengan baik maka Anda akan terjebak dengan hari-hari yang melelahkan dan menjemukan. Pagi hari yang penuh tantangan dengan beragam tawaran aktivitas yang bisa dilakukan karena waktu yang luang dan energi yang cukup besar. Jika Anda tak bisa mengelolanya dengan baik dengan menggunakan energi secara berlebihan, maka bukan tidak mungkin Anda kelelahan saat dimana Anda seharusnya bekerja produktif.

Artikel lain: Jangan Biarkan Depresi Merusak Bisnis Anda, Atasi Dengan Cara Ini

2. Persiapkan Segalanya Pada Malam Sebelumnya

Persiapan adalah hal yang menentukan sebuah kesuksesan. Dalam menjadikan pagi hari yang lebih produktif, Anda juga membutuhkan sebuah persiapan yang baik. Tentu saja untuk membuat pagi hari yang produktif, persiapan haruslah dilakukan pada malam hari. Jadi cobalah persiapkan apapun rencana Anda pada pagi hari dengan atang pada malam hari.

Dengan persiapan yang baik, Anda akan bisa memulai aktivitas dipagi hari tanpa sebuah kegelisahan atau kecemasan yang berlebih yang biasanya akan membuat energi kita terkuras banyak dan lelah yang akhirnya menjadikan produktivitas kita menurun drastis.

3. Jangan Membuka Email dan Sosmed di Pagi Hari

Kebiasaan yang seringkali dilakukan seseorang di pagi hari adalah membuka atau mengecek #media sosial dan kotak masuk email. Kebiasaan ini tentu saja tidak baik untuk Anda lakukan saat pagi hari karena akan mengganggu waktu produktif. Umumya jika seseorang sudah terlanjur membuka email dan media sosial di pagi hari, ia akan terus menerus terdorong untuk beraktivitas di dalamnya hingga mengakibatkan ia lupa waktu dan waktu produkstif pun terbuang sia-sia.

4. Menonaktifkan Ponsel

Meskipun merupakan komponen penting dalam berkomunkasi, ponsel adalah perangkat yang bisa membuat Anda kehilangan waktu produktif di pagi hari. Maka dari itu, cobalah sebisa mungkin untuk mejauhkan diri Anda dari ponsel saat pagi hari.

Dering posel berupa panggilan atau notifikasi pesan akan memang seringkali membuyarkan fokus dan konsentrasi pekerjaan kita di pagi yang notabene adalah waktu yang terbaik untuk bekerja secara produktif dan maksimal.

5. Cari Tempat yang Nyaman

Tempat yang nyaman di pagi hari memang akan banyak berpengaruh untuk membuat kita lebih produktif. Maka dari itu cobalah mencari tempat yang bersih, sejuk dan tenang yang umumnya akan membuat tubuh merasa nyaman dan akhirnya menjadikan kita mudah fokus dan berkonsentrasi dalam bekerja.

6. Jangan Duduk dan Diam Terlalu Lama

Menenangkan diri dengan duduk diam memang akan membuat tubuh menjadi rileks. Namun jika Anda  terlalu berlebihan, maka yang terjadi adalah rasa malas dan enggan bergerak. Maka dari itu lakukan duduk dan diam pada pagi hari ini sebentar saja (5-10 menit) hanya untuk menenangkan diri. Setelah itu segeralah bangkit dan melakukan aktivitas Anda.

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Tidak Produktif

7. Beri Asupan yang Tepat Untuk Tubuh Kita

Langkah terakhir untuk membuat pagi hari yang penuh semangat dan produktif adalah dengan membuat tubuh kita mendapat asupa yang tepat dan baik. Caranya, Anda bisa melakukan olahraga santai seperti lari kecil (jonggig) atau mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Jangan lupa untuk selalu sarapan di pagi hari dengan menu yang sehat. Hal ini akan membuat Anda lebih produktif dan bersemangat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan