10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Tidak Produktif

kebiasaan burukMenjadi sorang pebisnis yang produktif dalam berbagai hal bukanlah perkara yang gampang. Sering kita jumpai banyak orang yang mampu produktif pada awal – awal membangun sebuah bisnis, namun ketika berjalan beberapa saat, lambat laun produktifitas mereka menurun. Ada banyak faktor yang menjadikan produktifitas seseorang menjadi menurun

Produktifitas seseorang dalam menekuni bisnis bisa menjadi faktor utama yang bisa membawanya dalam kesuksesan. Ada beberapa kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari – hari yang membuat Anda menjadi tidak produktif. Apa saja kebiasaan buruk tersebut, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kurang Tidur

Tidur sangat penting untuk hidup Anda. Terkadang orang cenderung menyepelekan kebiasan buruk ini baik terlalu banyak atau sebaliknya. Mereka menganggap semakin sedikit tidur, maka semakin banyak waktu untuk bekerja. Namun, jika Anda tidur lebih banyak setiap malam, Anda akan merasa lebih bersemangat untuk bekerja keesokan harinya.

Artikel lain: 5 Cara Meningkatkan Integritas Anda Dalam Dunia Bisnis

2. Multitasking

Otak hanya bisa fokus pada satu hal dalam satu waktu. Ketika Anda ingin melakukan dua hal dalam satu waktu, berarti Anda merusak produktivitas. Mungkin banyak orang menganggap multitasking lebih efektif dan banyak pekerjaan akan terselesaikan. Namun penelitian membuktikan bahwa multitasking mengurangi efisiensi dan kinerja Anda.

Bahkan jika Anda bisa mengerjakan banyak hal di depan Anda, pekerjaan itu akan lama dan banyak kesalahannya. Jadi lebih baik jika Anda fokus hanya pada satu tugas dan pekerjaan Anda akan selesai lebih cepat.




3. Kebiasaan Buruk Berpikir Negatif

Seproduktif apapun kegiatan yang Anda lakukan, jika Anda tidak berpikir positif maka semuanya akan percuma. Ini adalah salah satu jenis kebiasaan buruk yang paling berbahaya.

Pikiran negatif tentang bagaimana hasil dari suatu pekerjaan akan membatasi hasil pekerjaan Anda. Jadi cobalah untuk selalu berpikir positif. Ubahlah pikiran Anda, percayalah bahwa Anda berhasil setiap harinya.

4. Keadaan yang Bising

Bising bisa membuat stres. Sebagian orang ada yang menganggap kebisingan sebagai cara untuk memperbaiki dan memperkuat kemauan untuk bekerja lebih keras lagi. Memang benar jika suara bising tertentu sudah menjadi bagian dari hidup kita, seperti pintu yang berayun, panggilan telepon yang berulangkali, suara TV atau suara bising dari jalan.

Kebiasaan buruk untuk membiarkan suara-suara tersebut tetap terjadi juga merupakan hal yang harus dihindari. Produktivitas akan terganggu karena hal-hal tersebut, maka akan lebih baik jika kita mengurangi suara bising di sekitar kita. Misalnya dengan mematikan TV atau mengenakan headphone.

5. Berusaha Sempurna

Sejenis dengan kebiasaan buruk nomor 3, berusaha ingin selalu tampil sempurna juga bisa memberikan dampak negatif. Seringkali untuk meraih kesempurnaan, kita menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan hal-hal kecil daripada mengerjakan tugas yang lebih besar.




Ketika Anda mencoba untuk sempurna sama dengan Anda memaksa diri untuk mengerjakan banyak hal dalam waktu singkat. Kesempurnaan adalah ketakutan yang hanya menuntun kita pada kesulitan. Akan lebih baik jika Anda menyadari batas kemampuan Anda dan menawarkan hal terbaik yang bisa Anda lakukan dan beralih ke tugas berikutnya.

6. Tidak Berprioritas

Berprioritas artinya mengerjakan hal yang paling penting terlebih dahulu. Namun pekerjaan yang mendesak mungkin tidak penting dan pekerjaan yang tidak mendesak mungkin sangat penting. Cobalah untuk menyeimbangkan antara tugas yang penting dan yang mendesak sehingga Anda bisa memilah tugas dan menentukan tugas mana yang harus segera diselesaikan.

7. Jejaring Sosial

Kita selalu ingin tahu tentang kabar terbaru di lingkungan sosial kita. Terkadang kita merasa wajib untuk memeriksa #Facebook, Twitter, atau Instagram setidaknya sekali dalam satu hari. Namun kabar buruknya adalah situs jejaring sosial tersebut dibuat untuk mengurangi jumlah pekerjaan yang bisa Anda lakukan dalam satu hari.

Ketergantungan pada #media sosial adalah salah satu kebiasaan buruk paling besar yang dialami oleh generasi muda abad ini. Kita harus pintar pintar mengelola waktu agar tetap mampu produktif dalam hidup kita.

Baca juga: Cara Ampuh Kurangi Ketergantungan Pada Sosial Media

8. Meja Kerja yang Berantakan

Orang yang produktif bisa dinilai dari meja kerjanya. Menurut sebuah survei dari OfficeMax, banyak orang Amerika percaya bahwa semua hal yang berantakan memberikan efek negatif pada kehidupan dan pekerjaan. Meja kerja yang berantakan akan merusak produktivitas dan melukai citra profesional Anda. Cobalah untuk membersihkan tempat kerja minimal sekali dalam seminggu untuk meningkatkan produktivitas Anda.

9. Tidak Meminta Bantuan

Meminta bantuan tidak akan membuat Anda bodoh atau kurang pandai. Tapi malah membuat Anda produktif dan efisien. Tidak perlu malu jika Anda membutuhkan bantuan karena hal ini wajar. Daripada Anda berkubang dalam kebingungan, lebih baik bertanya dan mintalah bantuan dan pekerjaan Anda akan lebih cepat selesai.

Baca juga: Inilah Kepribadian Yang Akan Membuat Anda Semakin Dipercaya Dalam Berbisnis

10. Menetapkan Terlalu Banyak Tujuan

Banyak orang mengejar kuantitas dari pada kualitas, mereka lebih suka jumlah yang banyak. Sedangkan orang yang produktif harus mengejar kualitas daripada kuantitas. Artinya menjadi realistis dan lebih fokus dalam mendekati tujuan. Menetapkan terlalu banyak tujuan akan membuat Anda bingung sedangkan menetapkan tujuan lebih sedikit akan membuat Anda lebih menghemat waktu.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Makasih gan. Informasi yang sangat bermanfaat.

    • ok gan, sama – sama

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud