7 Postingan di Media Sosial yang Bisa Bikin Karyawan Dipecat

Postingan di Media Sosial yang Bisa Bikin Karyawan Dipecat

Apa benar ada postingan di media sosial yang bisa bikin karyawan dipecat dari tempat kerja? Tentu saja benar. Atau mungkin tidak dipecat, tapi karirnya di kantor akan mandek atau tidak akan berkembang.

Bagi sebagian besar pekerja, membuka media sosial adalah salah satu pilihan untuk bersantai di saat istirahat, atau mungkin menjadi sarana hiburan. Dengan melihat aktivitas para pengguna media sosial, terkadang rasa penat dan stress menjadi sedikit terobati.

Apalagi kalau kegiatan di media sosial penuh dengan canda dan hal-hal konyol yang membuat kita tergelak tertawa. Semua hal positive dari media sosial tersebut membuat semangat kerja muncul kembali.

Namun, seringkali beberapa karyawan menggunakan media sosial dengan tidak bijak dan menjadi petaka pada pekerjaannya. Bahkan ada cukup banyak pekerja yang dipecat karena postingannya di media sosial.

Nah, bagi Anda yang sering berselancar di media sosial, mulai sekarang sebaiknya berhati-hati memposting dan berkomentar di medsos. Berikut ini adalah beberapa jenis postingan di media sosial yang bisa membuat karyawan dipecat:

1. Sering Mengeluh Tentang Kebijakan Perusahaan

Semua perusahaan pasti memiliki kebijakan perusahaan dan budaya kerja yang berbeda. Terkadang ada beberapa kebijakan perusahaan yang tidak disukai oleh pekerjanya karena dianggap mempersulit atau memberatkan karyawan.




Sering mengeluh tentang kebijakan perusahaan di media sosial adalah tindakan yang bisa membahayakan karir seseorang. Mungkin Anda merasa aman melakukannya karena tidak berteman di Facebook dengan bos atau rekan kerja. Tapi mungkin seseorang yang kenal dengan Bos atau rekan kerja Anda bisa melihat postingan keluhan tersebut.

Terlalu banyak mengeluh di media sosial tentang kebijakan perusahaan akan membuat Anda dianggap tidak profesional. Jadi, jangan kaget bila kemudian ada surat SP3 di meja Anda.

Artikel lain: 7 Tanda Karyawan Akan Dipecat Dari Tempat Kerja, Bersiaplah!

2. Memposting Hal Buruk Tentang Atasan

Setelah memposting keluhan tentang kebijakan perusahaan, lalu kemudian si karyawan memposting sesuatu yang menjelek-jelekkan atasannya. Apakah Anda pernah melihat hal seperti ini di media sosial? Pasti pernah, dan ini akan terus terjadi.

Menjelek-jelekkan atasan Anda di media sosial tidak akan membuat Anda menjadi keren di mata orang lain. Justru orang-orang akan menganggap Anda sebagai orang yang menyebalkan. Dan parahnya lagi, hal ini bisa membuat Anda dipecat dari kantor.

Jangan pernah menganggap teman di media sosial akan selalu mendukung Anda. Pasti akan ada teman di media sosial yang melaporkan postingan negatif Anda tentang bos, dan jangan kaget kalau besok pagi Anda akan menerima surat peringatan dari atasan.




3. Meminta Informasi Lowongan Kerja di Media Sosial

Ok, mungkin saat ini Anda merasa tidak nyaman bekerja di kantor dan berencana untuk pindah kerja. Atau mungkin Anda ingin mencari kerja yang gajinya lebih besar. Namun, ini bukan alasan yang bagus untuk memposting sesuatu yang meminta informasi lowongan kerja di media sosial.

Sebelum Anda resmi mengundurkan diri dari tempat kerja yang sekarang, sebaiknya jangan memposting soal minta lowongan kerja. Hal ini akan membuat perusahaan berasumsi bahwa Anda tidak puas bekerja di kantor dan ingin segera resign.

Dampak buruknya, perusahaan bisa tidak memperpanjang kontrak kerja karyawannya karena dianggap sudah tidak ingin bekerja lagi. Atau yang lebih parahnya Anda disuruh mengundurkan diri.

4. Memposting Rahasia Perusahaan

Ada hal-hal yang sifatnya rahasia dan tidak perlu diketahui orang lain mengenai tempat kerja Anda. Seorang profesional harus bisa memilah mana informasi yang layak dibagikan ke publik dan mana yang tidak boleh dipublikasi.

Rahasia perusahaan bukanlah sesuatu yang layak untuk dipublish di media sosial karena bisa saja dilihat oleh perusahaan kompetitor. Jadi, jangan pernah memposting rahasia perusahaan di media sosial karena akan membuat Anda dipecat atau bahkan dituntut oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

5. Memposting atau Komentar Hal Buruk

Bermain di media sosial memang mengasyikkan, bahkan bisa membuat orang lupa diri sehingga memposting atau berkomentar dengan tidak pantas. Postingan atau komentar buruk dan tidak pantas yang sering kita lihat di media sosial adalah hal-hal yang menyinggung SARA, menghina pemerintah, memposting konten mesum, menghina orang lain, dan lain-lain.

Dengan memposting hal-hal seperti itu, maka ini menunjukkan bahwa orang tersebut tidak punya kepekaan sosial dan tidak punya empati. Mungkin Anda berpikir bahwa perusahaan tidak mungkin memperhatikan hal-hal seperti ini.

Pihak HRD perusahaan akan punya penilaian buruk terhadap mereka yang sering memposting hal-hal buruk di media sosial. Mungkin surat peringatan menjadi hal terbaik yang bisa Anda dapatkan, dan mungkin saja perusahaan memecat seseorang yang dianggap bisa merusak nama baik perusahaan.

6. Memposting Hal-Hal yang Vulgar

Ada cukup banyak orang yang suka memposting hal-hal pribadi ke media sosial. Misalnya foto saat tamasya, video perayaan ulang tahun, atau foto-foto saat berkumpul dengan teman-teman.

Sebenarnya hal itu wajar-wajar saja selama tidak mengganggu orang lain. Namun, ada hal-hal yang tidak perlu diunggah ke media sosial, misalnya foto-foto kemesraan dengan pasangan yang memang vulgar dan sifatnya pribadi.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Buzzer di Instagram

7. Memposting Dengan Kata-Kata Kasar

Ketika kita mendengar atau membaca kata-kata kasar dari orang lain, pasti akan membuat tidak nyaman. Apalagi bila kata-kata kasar tersebut diposting di media sosial, ini akan membuat perusahaan memberikan nilai minus pada Anda.

Jika Anda pernah melakukannya, sebaiknya jangan diulang lagi karena hal tersebut akan merusak karir Anda.

Kesimpulan

Media sosial bisa bermanfaat bagi para penggunanya, namun sekaligus bisa memberikan dampak buruk juga. Jika digunakan dengan baik, maka kita akan mendapatkan manfaat. Namun, jika digunakan dengan sembarangan, justru akan berakibat buruk bagi banyak orang.

Jadi, mulai sekarang gunakanlah media sosial dengan baik dan berhati-hati.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. dan ini penting untuk di sahre ke temen kerja. . ijin share bung

  2. Lebih bijak saja dalam menggunakan medsos.

  3. Memang saat ini karena banyaknya aplikasi medsos sehingga banyak sekali postingan yang buruk, dan pikiran negatif lainnya yang membuat mereka tidak sadar dampak yang di akibatkan dari postingan tersebut, apalagi saat ini sudah banyak juga yang membuat grup dan lain sebagainya, maka kita harus hati hati dengan hal tersebut.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud