Ini 7 Tanda Karyawan Akan Dipecat Dari Tempat Kerja, Bersiaplah!

Tanda Anda Akan Dipecat Dari Tempat Kerja

Tanda Karyawan Akan Dipecat Bos – Menjalani karir sebagai seorang pegawai atau karyawan, pemecatan adalah sebuah musibah dan sangat dihindari. Sebisa mungkin kita akan bekerja dengan baik agar terhindar dari pemecatan oleh perusahaan.

Namun demikian, meski kita sudah berusaha semaksimal mungkin, kadang pemecatan tidak bisa dihindari lagi. Jika memang akan terjadi pemecatan, maka yang paling baik dilakukan adalah dengan menyiapkan rencana selanjutnya untuk mencukupi hidup.

Masalahnya adalah, kadang kita sendiri tidak tahu kapan kita akan dipecat. Namun meski tidak tahu secara pasti kapan waktunya, Anda bisa mengamati beberapa tanda-tanda seseorang akan dipecat. Setidaknya ketika sudah mengamati tanda tersebut, kita bisa lebih mempersiapkan diri.

Di bawah ini adalah beberapa tanda yang mungkin saja menjadi sinyal kuat Anda akan dipecat. Jika Anda melihat 7 tanda ini dalam pekerjaan Anda, persiapkan diri Anda kembali untuk membuat CV yang baru.

  1. Tugas Anda Semakin Dikurangi

Salah satu yang bisa disinyalir merupakan tanda akan dipecat adalah dikuranginya tugas dan beban kerja. Semakin hari pekerjaan Anda semakin berkurang secara drastis, bukan karena Anda naik pangkat sehingga pekerjaan menjadi berkurang.




Berkurangnya tugas dan pekerjaan ini bisa diartikan juga sebagai pengurangan tanggung jawab Anda pada perusahaan. Apalagi jika pekerjaan atau tanggung jawab yang biasa Anda yang menghandle, ternyata diberikan pada rekan kerja atau karyawan yang baru.

Kondisi seperti ini bisa jadi perusahaan sedang menyiapkan pengganti Anda. Jadi sebaiknya Anda mulai mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait semakin dikuranginya tugas dan tanggung jawab Anda.

Artikel lain: 5 Resiko Menjadi Karyawan dan Solusi Menghadapinya

  1. Komunikasi Dengan Atasan Mulai Memburuk

Tidak seperti hari-hari biasa sebelumnya, hubungan atau komunikasi Anda dengan atasan semakin merenggang. Interaksi baik secara langsung maupun tidak semakin berkurang, alih-alih berkomunikasi, Anda justru sering seperti orang didiamkan saja.

Mungkin atasan Anda sedang ada masalah sehingga jarang berkomunikasi dengan Anda. Namun ketika berbicara pekerjaan atasan tetap “dingin” pada Anda, maka Anda perlu waspada.

Jika Anda ingin mempertahankan pekerjaan Anda, maka sebaiknya Anda lebih berhati-hati dan mungkin saja sedikit kesalahan yang Anda perbuat bisa berujung pemecatan.




  1. Anda Semakin Sering Tidak Dilibatkan

Jika Anda semakin sering tidak dilibatkan dalam berbagai kegiatan kantor, maka artinya Anda semakin tidak dibutuhkan. Apalagi jika dalam rapat-rapat penting membahas proyek atau yang lainnya Anda tidak masuk di dalamnya, itu adalah sinyal buruk.

Dari sinilah perusahaan mulai membatasi ruang gerak Anda. Selain itu, nampaknya perusahaan juga tidak ingin Anda terlibat lagi dalam berbagai proyek penting. Kenapa demikian, karena mungkin saja waktu Anda bekerja di perusahaan sudah tidak lama lagi.

So, jika keadaan ini mulai sering terjadi pada Anda, maka selayaknya Anda memikirkan masa depan Anda di perusahaan tersebut.

  1. Anda Sering Mendapatkan Penilaian Kinerja Negatif

Penilaian kinerja adalah salah satu cara paling terukur untuk melihat kinerja secara sistematis. Maka jika penilaian kinerja Anda negatif, artinya apa yang Anda kerjakan selama ini kurang memuaskan.

Sekali atau dua kali penilaian kinerja negatif mungkin tidak berpengaruh terhadap pemecatan, namun jika Anda mendapatkannya berulang kali, maka itu artinya kinerja Anda sangat tidak sesuai harapan. Dan, itu menjadi alasan yang sangat logis untuk melakukan pemecatan terhadap Anda.

Jika hal ini Anda alami, ada baiknya jika Anda segera melihat-lihat kesempatan atau peluang pekerjaan yang lainnya.

Baca juga: 5 Tanda Perusahaan Akan Bangkrut, Ketahui Sejak Dini

  1. Adanya Kebijakan Merger Perusahaan

Ketika kebijakan merger dilakukan oleh perusahaan, maka biasanya akan membawa dampak negatif pada karyawan. PHK adalah dampak negatif yang biasa mengikuti kebijakan merger perusahaan. Hal ini karena jika terjadi merger, biasanya ada beberapa posisi yang sama antara perusahaan satu dengan lainnya.

Yang artinya salah satu harus dilakukan efisiensi karena perusahaan tidak butuh dua orang untuk mengerjakan sesuatu yang sama. Nah, jika demikian, maka ancaman PHK akan semakin nyata. Anda mungkin saja memiliki kemampuan yang lebih baik dari beberapa teman baru dari perusahaan lain, namun ada banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi PHK, seperti misalnya loyalitas, ataupun faktor keluarga.

  1. Sikap Aneh dari Beberapa Teman Sekantor

Informasi tentang pemecatan seseorang di kantor bisa tersebar tanpa Anda ketahui. Dan anehnya, bisa jadi Anda adalah orang satu-satunya yang tidak mengetahui tentang informasi pemecatan diri Anda di kantor tersebut. Namun, hal ini bisa kita deteksi dari sikap aneh dari beberapa teman di kantor.

Sikap aneh ini bisa bermacam-macam, misalnya beberapa teman sekantor sering menanyakan bagaimana pekerjaan Anda, atau bagaimana suasana hati Anda, dan hal-hal lain yang tidak pernah mereka tanyakan sebelumnya. Jika hal itu terjadi, maka Anda harus berhati-hati, mungkin saja mereka yang akan mengambil posisi Anda saat ini.

“Kebanyakan teman sepekerjaan Anda sudah mengetahui (bahwa Anda akan dipecat), dan mereka membiarkan itu untuk menjadi sebuah kejutan,” ujar Robert C. McMillan, penulis buku The Next Gen Leader.

  1. Perekrutan Karyawan dengan Keahlian yang Sama

Sebaiknya berhati-hati bila perusahaan tempat kerja Anda membuka lowongan pekerjaan baru, apalagi jika lowongan tersebut untuk mengisi posisi dengan bidang yang sama dengan keahlian Anda. Perekrutan karyawan baru dengan keahlian yang sama adalah salah satu indikasi bahwa perusahaan kurang percaya pada keahlian dan kinerja anda.

Namun, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan karena mungkin saja perusahaan sedang melakukan pengoptimalan sehingga menambah karyawan di perusahaan. Namun, bila saat ini perusahaan Anda sedang berjalan biasa-biasa saja atau bahkan cenderung menurun performanya, maka kemungkinan besar lowongan tersebut dibuat untuk mencari kandidat baru untuk mengganti posisi Anda.

Itulah beberapa tanda yang mungkin saja bisa membawa Anda pada pemecatan. Jika Anda mengetahui atau sedang mengalami kondisi seperti di atas, sebaiknya segera mencari alternatif lain untuk pekerjaan. Semakin cepat Anda mendapatkan informasi mengenai pekerjaan baru, maka finansial Anda pun akan semakin terjamin.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Judulnya ada 7, isinya ada 5 wkwkwk

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud