Posisi Penting yg Mendukung Perkembangan Sebuah Startup

Perkembangan-Sebuah-Startup

Dunia entrepreneur sudah banyak dilirik orang untuk berinvestasi. Nilai investasi yang besar dapat digunakan untuk membuka startup unik yang besar. Sedangkan orang yang hanya memiliki dana terbatas, bisa memutar otak untuk memulai startup kecil-kecilan. Pasti kelihatan keren ya saat kita berinvestasi sekaligus belajar berbisnis, daripada hanya mengendapkan investasi dalam bentuk deposito yang tampak pasif.

Namun kita harus menyadari bahwa bukan sekedar dana dan ide yang dibutuhkan untuk memulai dan menyukseskan suatu #startup. Inovasi tiada henti yang didukung oleh tim yang solid dan berdedikasi juga menjadi salah satu kunci sukses startup Anda. Jadi, jangan sampai salah memilih orang dalam membentuk tim kerja di startup Anda ya. Agar lebih teliti dalam merekrut anggota tim, simak dulu yuk beberapa posisi penting yang akan mendukung perkembangan startup Anda:

Artikel lain: Startup Sukses Dimulai dari Kerjasama 3 Pihak Utama Ini Lho

1. Sales

Posisi yang satu ini tampaknya akan menjadi ujung tombak bagi Anda untuk mulai mengembangkan bisnis. Model bisnis apapun, baik produk maupun jasa semuanya membutuhkan tenaga sales untuk meningkatkan omset penjualan.

Tenaga sales yang baik adalah orang yang mampu menjual suatu produk atau jasa dan membuat orang yang telah membeli tersebut merasa harus terus membeli produk bisnis Anda. Bahkan sekarang banyak sekali startup yang berani mempekerjakan tenaga sales dengan imbalan berupa komisi yang tinggi serta gaji standar. Mulailah melatih tenaga sales untuk melakukan pemasaran produk secara efektif dan modern.




2. Finansial

Tenaga di bidang finansial sangat dibutuhkan oleh startup apapun. SDM di bagian finansial akan membantu Anda untuk mengatur pembukuan mengenai pengeluaran dan pendapatan serta mencari dana maupun mengatur aliran dana. Startup yang baru dimulai mungkin merasa bahwa tenaga finansial bukanlah hal yang krusial, namun seiring dengan perkembangan bisnis pasti Anda merasa membutuhkan posisi yang satu ini untuk mulai mengatur aliran dana bisnis.

3. Marketing

Posisi marketing erat kaitannya dengan sales. Marketing yang baik mampu membuat image branding produk yang baik dan kian populer. Hal positif ini tentu akan berimbas pada kenaikan angka penjualan.

Jadi tidak mengherankan bila saat ini, banyak startup yang memanfaatkan jasa profesional untuk melakukan upaya marketing secara modern mulai dari membuat akun di social media, SEO (Search Engine Optimization) serta memasang iklan online.

Artikel lain: Jomblo.com ~ Startup Bisnis Yang Unik Khusus Kaum Jomblo

4. Humas

Humas menjadi posisi yang menjembatani startup Anda dengan khalayak ramai. Tenaga humas yang baik akan membantu untuk membangun hubungan yang positif dengan masyarakat sekitar bahkan dengan para investor. Tenaga humas haruslah orang-orang yang berkepala dingin dan bijak dalam membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Dengan demikian, keberadaan posisi humas ini akan sangat membantu Anda untuk menumbuhkan startup secara positif dan modern berbekal dukungan dari masyarakat serta investor.




5. Manajemen Kantor

Bagaimana perasaan Anda bila masuk ke sebuah ruangan kantor yang tertata rapi, terkesan minimalis dengan temperatur AC yang sejuk dan penuh aroma citrus yang nyaman?

Anda pasti merasa sangat nyaman dan terkesan dengan perusahaan tersebut. Keadaan interior perusahaan tersebut mencerminkan sebuah keadaan startup yang profesional dan mampu menghargai orang lain yang berada diluar lingkungan startup tersebut. Nah, disinilah peran penting posisi manajemen kantor untuk membuat base camp-nya startup Anda menjadi nyaman, apik dan memberikan kesan profesional.

6. HRD (Human Resources Development)

Merekrut SDM yang handal dan berkualitas menjadi suatu keharusan dalam membangun sebuah startup. Untuk melakukan hal penting yang satu ini, Anda tentu tak bisa sendiri. Anda membutuhkan dukungan dari para profesional yang mampu membuat dan menjalankan sistem perekrutan dengan baik dan dapat menilai SDM mana yang cocok untuk bergabung bersama startup Anda.

7. Posisi yang Mengatur Legalitas

Legalitas merupakan hal yang tak bisa disepelekan dalam membangun startup. Anda tentu tak mau kan startup yang dibangun perlahan-lahan mulai hancur karena masalah hukum dan legalitas. Untuk itu, mulailah mengajak SDM yang paham tentang aturan hukum dan legalitas untuk bergabung bersama startup Anda dan membantu memberikan solusi yang tepat untuk setiap permasalahan hukum dan legalitas yang terjadi.

Baca juga: Mantan Bos Jadi Rekan Bisnis? Mengapa Tidak

Sebaiknya jangan menganggap beberapa posisi di atas sebagai anak buah Anda, tapi jadikan mereka partner bisnis. Mulailah merangkul mereka untuk bekerjasama dan mewujudkan startup impian Anda. Memang tak mudah menyatukan banyak kepala untuk memiliki satu visi yang sama, tapi percayalah bahwa sekumpulan tim yang solid jauh lebih baik daripada seorang pebisnis yang banyak harta.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Mantaaap mas manroe, jadi semakin cerah bwat memulai bisnis online :D

  2. Terima kasih atas tips dalam membangun startup bisnisnya mas maxmanroe. Akan saya terapkan dalam usaha saya ini.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud