Jomblo.com ~ Startup Bisnis Yang Unik Khusus Kaum Jomblo

Jomblocom -Startup-Bisnis-Yang-Unik-Khusus-Kaum-Jomblo

Update: Saat ini startup Jomblo.com sudah tidak beroperasi

Menjadi jomblo di zaman sekarang mungkin tidak terlalu menakutkan bagi sebagian orang. Namun, beberapa dekade yang lalu kebanyakan orang yang berstatus single bisa merasa kesepian atau malu karena belum ada kekasih yang menemani di waktu dan kesempatan special, misalnya pergi ke undangan pernikahan. Namun tampaknya stereotip itu kini sudah bergeser kearah lebih modern, menjadi single bukan berarti seseorang jadi tidak happy.

Perkembangan teknologi yang pesat juga membuat seseorang tidak terlalu merasa kesepian karena masih menyandang status single. Banyak sekali game dan aplikasi menarik yang disediakan smartphone dan gadget untuk memenuhi kebutuhan sekaligus menjadi sarana hiburan. Ada pula beragam aplikasi chatting yang seru dan mudah digunakan. Aplikasi chatting ini dapat membantu seseorang untuk terhubung dengan teman dan kerabat lainnya yang tinggal berjauhan.

Tak hanya itu saja, kehadiran beragam social media juga bisa menemani si Jomblo untuk menghabiskan waktu senggang. Diantara keberadaan sekian banyak social media seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram, ternyata ada satu startup social media yang sangat concern dengan kehidupan kaum Jomblo di Indonesia.Situs social media tersebut bernama Jomblo.com.

Artikel lain: Apa itu Startup? Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Mengenal Situs Online Dating Jomblo.com

Jomblo adalah sebuah frasa kata yang unik dan sudah amat populer, mungkin hal ini juga yang membuat situs tersebut dinamai Jomblo karena kata jomblo dianggap menarik dan akan memancing rasa keingintahuan dari para pengguna internet. Salah satu tujuan diciptakannya Jomblo.com adalah untuk memenuhi kebutuhan social dating (kencan) bagi para penggunanya yang masih single.

Sedikit tentang situs social dating, jenis situs yang satu ini sebenarnya sudah cukup banyak bermunculan di dunia maya. Salah satu negara dengan basis situs social dating terbesar adalah Amerika Serikat. Sejak awal tahun 2000an, sudah mulai banyak bermunculan situs kencan online semacam ini, dan kini perkembangannya semakin besar dan variatif, bahkan ada yang berkembang ke situs social dating yang lebih menjurus keurusan “esek-esek”. So, sebagai konsumen harus tetap selektif ya.

Kembali pada Jomblo.com, situs ini juga memungkinkan penggunanya untuk menemukan teman baru berdasarkan kepentingan, minat atau kesamaan tertentu. Hal ini tentu mengingatkan kita akan, sebuah social media yang sempat popular pada era tahun 2000-an. Pada situs Jomblo, pengguna dapat menemukan teman berdasarkan kepentingan atau minat, kemudian mengirimkan friend request atau mengklik tombol like dengan icon hati di sebelahnya.

Untuk tujuan tersebut, Jomblo memanfaatkan fitur dengan teknologi match making berbasis algoritma. Dengan teknologi tersebut, para pengguna Jomblo nantinya bisa menemukan teman baru atau bahkan pasangan yang benar-benar tepat dengan yang mereka impikan (harapannya seperti itu).

Fitur lainnya yang terdapat pada situs Jomblo adalah fitur untuk menemukan komunitas online baru berdasarkan kesamaan aktivitas dan minat, misalnya sama-sama hobi menonton film atau berwisata kuliner. Co founder Jomblo, Darrick Rochili menjelaskan bahwa Jomblo ingin membantu para singles yang galau (jomblo ngenes) dan merasa kurang bahagia dengan statusnya untuk lebih membuka diri dan menemukan sebuah komunitas online yang baru.

Meskipun namanya cenderung bernuansa situs kencan, Jomblo bukanlah sepenuhnya situs dating biasa. Karena terdapat pula fitur non dating tambahan yang dapat digunakan oleh semua orang, baik yang single maupun tidak single. Usaha untuk menjauhkan si single galau yang gemar mengunjungi situs kencan mungkin tidak bisa berhasil sepenuhnya.

Oleh sebab itu situs Jomblo ini diciptakan sebagai salah satu situs kencan berkualitas untuk mendidik para single keluar dari kebiasaan galau. Darrick Rochili menyampaikan bahwa bukan tak mungkin fungsi situs Jomblo bergeser menjadi pure dating site. Namun hal tersebut masih berada dalam tahap pertimbangan dengan memperhatikan jangkauan pasar situs Jomblo setelah resmi diluncurkan pada 6 Februari 2014.




Perkembang Situs Online Dating Jomblo.com

Situs Jomblo tampaknya memiliki posisi yang strategis dengan target pengguna di wilayah Indonesia dan didukung oleh domain yang kuat. Situs ini mungkin akan mencuat ke daftar teratas mesin pencarian ketika orang mengetik kata Jomblo. Hingga pertengahan April 2014 tercatat bahwa Jomblo telah memiliki 9000 anggota aktif yang sebagian besar berstatus single. Jomblo juga telah mengembangkan aplikasinya pada platform #Android.

Buat Anda Jomblowers pengguna Android bisa segera download aplikasinya di sini. Namun untuk anda yang menggunakan perangkat iPhone harap bersabar dulu ya, karena saat ini #aplikasi iOS Jomblo.com masih dalam tahap pengembangan.

Baca juga: 1Cak.com ~ Situs Komedi Visual Ala 9Gag Karya Anak Bangsa

Jadi, tak perlu galau dan menyesali nasib sebagai seorang single. Mulailah membuka diri dan bergabung dengan komunitas yang diminati. Caranya bisa dilakukan dengan bergabung di situs Jomblo atau pun komunitas real lainnya. Siapa tahu dari komunitas tersebut justru seorang single bisa menemukan sosok the right one yang selama ini masih dalam proses pencarian.




6 total comments on this postSubmit yours
  1. situsnya sudah tidak beroperasi lagi bang max. jomblo.comnya

  2. keren nih, boleh jg dicoba untuk taaruf dengan wanita impian :)

  3. keren nih ide.nya….semoga bisa cepet dapat jodoh
    hehe

  4. menarik nih, semakin banyak start-up anak bangsa. Semoga bisa bersaing dengan start-up luar negeri.

    • Iya mas Hanif, tampaknya bisnis digital akan semakin marak di Indonesia… kemungkinan besar para pemula pebisnis online saat ini di 5 tahun mendatang akan mendulang sukses.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud