Startup Sukses Dimulai dari Kerjasama 3 Pihak Utama Ini Lho

Startup-Sukses

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana sulitnya membangun sebuah #startup? Merintis bisnis baru yang belum pernah ada sebelumnya tentu bukanlah sebuah perkara yang mudah. Bila kita memiliki modal yang terbatas, kita tentu harus menjalankan peran ganda dalam startup yang baru dibentuk. Misalnya saja, kita bisa memanfaatkan keahlian kita untuk bertindak sebagai pengatur keuangan, tim pemasaran hingga tim yang turut terlibat dalam proses produksi.

Kendati hal tersebut bisa dilakukan, kita juga harus memikirkan kemajuan yang ingin dicapai oleh startup yang kita bangun. Kita hendaknya bisa bekerjasama dengan tim yang solid untuk menghasilkan kemajuan sesuai dengan target. Untuk mencapai hal tersebut, kita harus mempertimbangkan 3 pihak ini sebagai penggerak kemajuan startup kita. Siapa saja pihak yang memiliki andil penting dalam menggerakkan kesuksesan sebuah startup?




Artikel lain: Apa Itu Startup?

1. Sang Penanggung Jawab (Hustler)

Bertanggung jawab terhadap kelancaran kegiatan dalam sebuah startup adalah tugas utama dari pihak pertama yang satu ini. Kita bisa bertindak sebagai seorang penanggung jawab startup yang menyusun visi dan misi dalam rangka menyukseskan tujuan startup. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pihak penanggung jawab antara lain:

>> Merekrut Anggota Tim yang Solid

Startup yang baru dimulai tentu membutuhkan kerjasama tim yang solid untuk maju ke arah yang lebih baik. Disinilah tugas pihak penanggung jawab untuk merekrut anggota tim yang berkualitas dan memiliki visi misi yang sama dengan startup.

>> Fokus Pada Pelanggan

Mendapatkan pelanggan yang loyal tentu menjadi tujuan utama suatu startup. Jadi, pihak penanggung jawab bertugas untuk mengetahui apakah para pelanggan sudah merasa puas dengan pelayanan yang startup berikan. Jangan malas untuk menanggapi kritik dan saran pelanggan sebagai bagian dari ide pengembangan startup.

>> Menjalankan Aktivitas Penjualan

Aktivitas penjualan adalah salah satu kegiatan yang mampu menghidupkan suatu startup. Mulailah dengan mencari pelanggan tetap atau mencari investor dan yakinkan mereka mengapa startup Anda lebih berkualitas dan berbeda dari startup lainnya.

Artikel lain: Female Daily ~ Startup Sukses yang Berawal dari Hobi Blogging

2. Desainer (Hispter)

Desainer seringkali disebut sebagai hipster karena perilakunya yang unik, nyentrik dan berbeda dari orang lain. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh desainer untuk membuat startup menjadi lebih keren dan tampak sangat inovatif serta modern.

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh desainer dalam sebuah tim startup adalah membuat branding dan penetapan identitas startup melalui desain logo yang unik, simpel namun kreatif. Membuat logo menjadi hal yang penting bagi sebuah startup karena logo yang baik akan membuat orang lain mudah mengingat startup kita.

Selain melakukan upaya branding, desainer juga hendaknya membuat desain produk yang sesuai dengan perkembangan zaman. Desain produk yang dimaksud bisa berupa kemasan produk, media promosi (brosur, banner atau pamflet) atau hal-hal yang bersifat konsep visual lainnya. Melalui jepretan-jepretan foto dan ide desain yang kreatif, desainer mampu membangun sebuah startup menjadi lebih atraktif dan inovatif.

3. Si Pencinta Teknologi (hacker)

Hacker yang dimaksud disini bukanlah hacker tak bertanggung jawab yang sering mencuri informasi dan data-data yang bersumber dari dunia maya. Hacker yang dimaksud adalah tim yang mencintai teknologi dan segala  perkembangan didalamnya. Anggota tim yang satu ini tentu dapat memberikan kontribusi yang besar bagi startup Anda di bidang #teknologi.

Mereka mampu menyusun sebuah strategi teknologi yang tepat, mendesain tampilan situs startup dan mengintegrasikan kecanggihan teknologi untuk memajukan startup Anda. Biarkan si pecinta teknologi ini bekerja sesuai dengan lingkungan kerja yang diharapkannya agar hasil yang diperoleh dari tim teknologi tersebut semakin maksimal.

Selain itu yang juga menjadi ranah sang “hacker” adalah memanfaatkan sosial media. #Sosial media  adalah salah satu media modern yang saat ini seringkali digunakan untuk membangun suatu startup. Jadi kita tak boleh ketinggalan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menyampaikan hal-hal apa saja yang solusinya bisa diperoleh melalui startup yang kita bangun.

Baca juga: Kisah Dibalik Kesuksesan Startup Tiket.com

Kini anda tentu sudah memahami pentingnya interaksi sosial dalam sebuah tim startup. Karena kita adalah mahkluk sosial yang tidak dapat hidup dengan mengandalkan diri sendiri. Maka kita harus mulai membuka diri dan merangkul anggota tim yang berkualitas untuk memajukan startup bersama-sama.



1 comment on this postSubmit yours
  1. thanks. sngat mencerahkan bgi siapa saja yang sedang merintis sebuah startup

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud