Hati-Hati, Ponsel Bisa Diretas Saat Isi Baterai Lewat Colokan Umum

Ponsel Bisa Diretas Saat Isi Baterai

Image via Google.com

Perkembangan teknologi terkadang tidak diimbangi dengan kemauan masyarakat untuk menambah informasi ataupun ilmu terkait dengan teknologi tersebut. Salah satunya tentang bagaimana menggunakan perangkat ponsel pintar atau smartphone dengan cara yang tepat dan aman.

Yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat adalah, belum lama ini muncul kabar bahwa ada kemungkinan bahwa colokan pengisian daya smartphone yang berada di tempat umum, sudah disisipi oleh program jahat yang bisa mengambil data dari ponsel kita.

Ketika berada di tempat umum, dan ponsel kita menunjukkan daya yang menipis, tentu kita tidak akan berfikir lama untuk menggunakan fasilitas colokan daya yang ada di sekitar kita. Padahal bukan tidak mungkin kita bisa menjadi korban hacking akibat kelalaian sederhana seperti ini.

Keamanan Colokan Umum

Disampaikan oleh seorang ahli keamanan dari perusahaan teknologi Authentic8, Drew Paik, hacker bahkan bisa mencuri data yang ada dalam ponsel pintar kita hanya melalui stasiun pengisi daya saja.  Hal semacam ini sudah mulai banyak berkembang bahkan disinyalir masuk ke Indonesia.

“Hanya dengan mencolokkan ponsel ke stasiun pengisian yang telah ‘dikerjai’, perangkat kamu jadi terinfeksi dan semua data di dalamnya bisa diretas,” kata Drew.




Artikel lain: Cara Memblokir Nomor Telepon di Android (Panggilan dan SMS)

Dalam penjelasannya, perwakilan perusahaan keamanan digital tersebut menyampaikan bahwa kemungkinan adanya program jahat menyusupi pengisian daya juga tidak terbatas untuk layanan digital lain seperti contohnya akses wifi gratis di beberapa lokasi umum. Dalam perjalanan sering ditemui tempat yang menawarkan akses wifi gratis seperti bandara, taman, kantor atau tempat umum yang lainnya.

Disinilah kita wajib lebih waspada karena faktor keamanan ketika perangkat online kita terhubung dengan fasilitas umum sangatlah tidak terjamin. Bahkan, beberapa pihak tak bertanggung jawab bisa mendapatkan seluruh data yang ada di smartphone.

Contoh sederhananya adalah ketika kita ingin mengisi daya menggunakan kabel data yang bisa digunakan untuk mengirimkan data dari ponsel ke perangkat lain. Proses seperti ini tentunya memungkinkan transfer data melalui kabel yang kita colokkan pada pengisian daya.

Disinilah para hacker mencoba untuk meretas melalui colokan umum. Menurut Paik, jika port yang dipakai untuk mengisi daya telah diretas, jumlah informasi yang mungkin didapatkan peretas pun tak terbatas, mulai dari email, SMS, foto hingga kontak.




Teknik macam ini biasa disebut dengan juice jacking, sebuah istilah yang diciptakan para peneliti pada 2011. Tahun lalu, para peneliti Authentic8 menunjukkan proses ‘video jacking’ menggunakan port yang telah diretas dan video capture untuk merekam semua yang dilihat dan diketik dengan ponsel tersebut.

Menjalankan Eksperimen Sederhana

Dalam keterangannya perwakilan perusahaan Authentic8, juga pernah menjalankan eksperimen sederhana terkait bagaimana orang mengisi daya ponsel pintar yang mereka miliki. Dalam sebuah acara konferensi yang diadakan di San Francisco beberapa waktu lalu, Authentic8 membuka sebuah booth khusus untuk pengunjung yang mungkin membutuhkan pengisian daya.

Ternyata mayoritas dari mereka yang mengisi daya di tempat tersebut, justru sama sekali tidak menanyakan perihal keamanan dari pengisian daya tersebut. Padahal Authentic8 sudah memberikan beberapa informasi sebagai antisipasi kejahatan digital.

“Mayoritas tak mempermasalahkan mengisi daya di tempat umum. Karena berada di konferensi keamanan, harusnya mereka lebih waspada, tapi mereka justru merasa aman-aman saja,” kata Paik.

Baca juga: Tips Sederhana Mengatasi Serangan Hacker Kartu ATM

Saran yang diberikan oleh Paik adalah akan lebih baik jika kita mencoba menghemat daya smartphone yang kita miliki. Hal ini bisa disesuaikan dengan bagaimana keperluan kita mengakses telepon pintar. Jika memang dirasakan digunakan dalam jangka waktu yang lama, lebih baik kita mengingat untuk tidak lupa mengisi daya di rumah.

Atau solusi yang lebih praktis adalah dengan menggunakan power bank pribadi.

Selain itu, hal sederhana yang sudah bisa digunakan adalah  membawa kabel data yang hanya bisa dipakai untuk mengisi daya, bukan memindahkan file dan data. Tentunya hal ini dilakukan untuk menghindari orang tak dikenal mencuri data dari smartphone Anda.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. semakin canggih teknologi, semakin harus pintar juga dalam keamanan.

  2. Semakin canggih makin bannyak tantangannya.

  3. makin canggih aja dunia teknologi informasi

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud