Cara Memblokir Nomor Telepon di Android (Panggilan dan SMS)

Cara Memblokir Nomor Telepon di Android (Panggilan dan SMS)

Image dari Heresthethingblog.com
Image dari Heresthethingblog.com

Memblokir Nomor Telepon di Android – Blokir nomor telepon adalah hal yang lazim dilakukkan oleh seseorang. Alasan orang melakukkan blokir nomor telepon pun bervariasi, mulai dari sedang marah satu sama lain ala anak muda zaman sekarang sampai dengan tidak ingin diganggu oleh seseorang karena suatu hal (salah sambung, terror, tawaran iklan, dll).

Bagi anda pengguna #android, ada banyak sekali pilihan aplikasi bagi anda yang ingin memblokir nomor telepon baik itu blokir dalam bentuk panggilan maupun blokir pesan singkat (sms), salah satunya adalah menggunakan aplikasi besutan Vlad Lee yang bernama Calls Blacklist – Call Blocker. Dengan tampilan yang ringkas, aplikasi ini siap menawarkan beberapa fitur mendasar terkait dengan blokir nomor telepon baik itu dalam bentuk panggilan maupun sms.

Saat artikel ini ditulis, #aplikasi Call Blacklist – Call Blocker ini sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna android diseluruh dunia dengan rating 4.3 dari maksimal 5.0, menunjukkan bahwa para pengguna aplikasi ini sangat puas dengan kinerjanya. Saya sendiri juga menggunakan aplikasi ini untuk urusan memblokir nomor telepon,dan sejauh ini saya tidak pernah mengalami masalah dengan aplikasi ini.

Cara kerja Call Blacklist – Call Blocker cukup sederhana, anda tinggal memasukkan nomor yang ingin anda blokir dan jika nomor tersebut melakukkan panggilan, pemilik nomor yang sudah diblokir tersebut akan menerima informasi bahwa nomor anda sedang sibuk (busy). Sedangkan untuk SMS, pesan tidak akan masuk ke inbox namun anda akan mendapatkan notifikasi pesan masuk di aplikasi Call Blacklist – Call Blocker.

Cara Memblokir Nomor Telepon di Android Dengan Call Blacklist

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai cara menggunakan Call Blacklist – Call Blocker untuk memblokir nomor telepon di android, silahkan ikuti panduan dibawah ini:

1. Silahkan download dan install aplikasi Call Blacklist – Call Blocker melalui link berikut: Call Blacklist – Call Blocker di Google Play Store.

2. Buka aplikasi Call Blacklist – Call Blocker dan anda akan dihadapkan pada User Interface aplikasi yang cukup sederhana, dengan 3 tab utama: Blacklist, Log, dan Settings yang penjelasannya bisa anda lihat di bawah gambar.

call_block_1

  • Blacklist: Berisi daftar nomor telepon yang anda blokir
  • Log: Daftar log panggilan dan sms yang sudah diblokir oleh aplikasi
  • Settings: Berisi pengaturan seperti memblokir private number, menampilkan notifikasi setiap ada panggilan, dll

3. Untuk memblokir nomor telepon, silahkan masuk ke tab Blacklist kemudian klik pada Add. Anda bisa melakukkan input nomor dengan beberapa pilihan mulai dari ambil dari log panggilan, kontak, log pesan, atau bahkan melakukkan input secara manual. Setelah melakukkan input, maka nomor yang anda blokir akan ditampilkan pada tab Blacklist.

call_block_2

call_block_4

4. Jika anda sedang benar-benar suntuk dan ingin memblokir semua sms, panggilan dari semua nomor dan termasuk private number tanpa adanya notifikasi, anda bisa melakukkannya di Settings.

call_block_4

Untuk pengguna yang ingin menggunakannya secara wajar dan hanya ingin memblokir nomor tertentu, anda harus hati-hati dalam memberikan centang di Settings. Salah centang bisa-bisa anda tidak akan menerima panggilan sama sekali. Saya pribadi lebih menyukai pengaturan default, dengan notifikasi ON tentunya.

Saya juga sudah membuat #video tutorial mengenai cara memblokir nomor telepon di android baik itu dalam bentuk panggilan maupun SMS. Lebih jelasnya, anda bisa menontonnya di bawah ini.

3 KOMENTAR

  1. Kalau gak pakai aplikasi Bisa Gak ?

  2. kalo dari bawaan smartphone ga bisa buat blokir nomer

  3. tutorial yang sangat membantu gan :-)

Tinggalkan Balasan