Tips Sederhana Mengatasi Serangan Hacker Kartu ATM

Image dari Gizmodo.com

Image dari Gizmodo.com

Semakin berkembangnya dunia #ecommerce di dunia termasuk di negara kita sendiri, Indonesia, ternyata juga diikuti oleh kejahatan digital yang semakin meningkat. Berbagai transaksi keuangan digital kini menjadi sasaran empuk bagi hacker jahat untuk mengeruk keuntungan dari para korbannya.

Termasuk juga para pengguna kartu ATM dalam setiap melakukan transaksi juga tidak luput dari incaran para penjahat digital ini. Banyak cerita yang telah menjadi korban dari kejahatan hacker kartu ATM.

Jika teman-teman termasuk seorang yang sering menggunakan kartu ATM dalam melakukan transaksi, maka sebaiknya selalu waspadalah dalam setiap transaksi Anda. Dimanapun tempat teman-teman melakukan transaksi, sebaiknya selalu memperhatikan prosedur keamanan yang bisa diterapkan. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa teman-teman lakukan untuk mencegah terjadinya kejahatan hacker kartu ATM yang akhir-akhir ini merebak.



1. Mengganti PIN Secara Berkala

Cara ini sangatlah sederhana, namun saking sederhananya banyak dari kita meremehkannya sampai-sampai melupakannya dan tidak pernah sekalipun merubah nomor PIN ATM. Gantilah nomor PIN Anda secara berkala, bisa dilakukan tiap minggu, bulan, trimester atau semester. Cara ini sangat efektif untuk meredam kejahatan hacker ATM.

Bahkan ada yang mengatakan semakin sering berganti nomor PIN itu lebih aman dari pada yang lebih jarang menggantinya. Ada juga yang mengatakan, untuk mengganti nomor PIN, menggunakan parameter saat potong kumis, potong rambut, ganti kaos kaki dan lain-lain. Jadi ketika misalnya saat ini Anda waktunya potong rambut, maka bisa jadikan pengingat untuk berganti PIN ATM juga.

Artikel lain: Kesalahan yang Membuat Seseorang Menjadi Sasaran Hacking

2. Mengatur Laporan Otomatis Melalui Ponsel

Dengan kecanggihan #teknologi ponsel saat ini, memungkinkan untuk kita mengatur laporan otomatis ketika ada transaksi dari ATM kita. Jadi ketika terjadi transaksi yang mencurigakan dari kartu ATM kita, maka secara otomatis ada laporan yang masuk pada ponsel kita. Sehingga bisa secepatnya kita antisipasi dan bisa melakukan pemblokiran jika memang terjadi kejanggalan.

Cara ini sangat bagus dan cukup bisa digunakan untuk mengantisipasi jika terjadi percobaan kejahatan pada ATM teman-teman.

3. Anda Bisa Mengaburkan Jejak PIN

Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk berjaga-jaga. Anda bisa mengaburkan jejak PIN yang mungkin bisa terbaca secara otomatis. Caranya cukup sederhana yaitu dengan memasukkan kembali kartu ATM Anda setelah melakukan penarikan secara tunai.

Setelah itu, pencet saja nomor secara acak, kemudian akhiri dengan tombol “cancel”, atau ketika mesin ATM menolak nomor PIN Anda. Cara ini bertujuan untuk mengaburkan jejak PIN Anda dari upaya kejahatan yang menggunkan cara membaca data PIN terakhir yang digunakan oleh seorang nasabah.

4. Selalu Waspada Saat Melakukan Transaksi ATM

Ini adalah tips lebih pada kita sendiri. Jangan meremehkan keadaan saat sedang melakukan transaksi melalui kartu ATM. Saya sarankan untuk lebih amannya, teman-teman jika ingin melakukan transaksi melalu ATM, sebaiknya usahakan untuk selalu bertransaksi di ATM kantor Bank Anda ssendiri.

Meskipun tidak menjamin juga, namun saya kira jauh lebih aman dari pada bertransaksi di ATM pinggir jalan yang jauh dari kantor Bank. Selain itu, tingkatkan juga kewasapadaan pada hal-hal yang Anda rasa janggal pada ATM, jika Anda merasa ragu sebaiknya urungkan niat untuk bertransaksi.

Baca juga: Hati-Hati!! Beginilah Modus Pembobolan Email yang Terbaru

5. Waspada Juga Saat Berbelanja

Berbelanja menggunakan kartu ATM memang sangat mudah dan simpel. Namun untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya Anda selalu waspada meskipun mungkin toko tempat Anda berbelanja adalah toko yang sudah populer. Satu kasus pernah terjadi di luar negeri di salah satu toko populer, di sana pernah ditemukan ATM yang terdapat perangkat skimming di dalamnya.

Nah, belajar dari situ, maka sebaiknya selalu tingkatkan kewaspadaan dimanapun Anda sedang melakukan transaksi keuangan melalui kartu ATM. Dengan meningkatkan kewaspadaan paling tidak bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya kejahatan pada kartu ATM.

Nah teman-teman, itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba untuk mencegah terjadinya kejahatan pada penggunaan kartu ATM. Intinya adalah kewaspadaan dan rajin-rajinlah “merawat” kartu ATM Anda. Dan satu lagi, jangan pernah meremehkan keadaan. Be smart be safe!





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud