Pinterest Ungkap Konsep Tombol Buy Button yang Pertama

pinterset buy button

Anda melihat resep yang menggugah selera, dan ingin membeli ataupun memesan bahan dalam resep tersebut dengan mudah dan instan? Atau Anda menemukan produk yang keren dan ingin langsung menambahkan produk tersebut kedalam daftar beli anda? Ya, seperti itulah kira-kira gambaran dari platform pengembang baru dari #Pinterest.

Pada acara MIT Emtech Digital, bagian kemitraan dari Pinterest, Tim Kendall, menunjukan detail dari rancangan tampilan platform pengembangnya yang baru, platform ini mampu melewati layanan data tambahan yaitu dengan memaksimalkan tombol utilitasnya seperti tombol pembelian, daftar beli dan tombol lain yang ada di pinterest.

Sekilas Mengenai Pinterest

Menurut Wikipedia Pinterest adalah virtual pinboard dimana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan ke dalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Semisal kategori ‘ food and drink ‘ dimana berisi foto dan gambar makanan dan minuman yang Anda sukai. Anda juga bisa mengikuti akun lain dan re-pin pin milik akun lain (seperti retweet pada Twitter) tanpa harus mengikuti pemilik pinboard. Buat Anda yang aktif di dunia #media sosial dan bisnis online pastilah sudah tidak Asing lagi dengan Pinterest.

Artikel lain: 5 Tips Manfaatkan Pinterest Untuk Meningkatkan Brand Bisnis Anda

Tujuan Pengembangan “Buy Button” Pinterest

Pengembangan ini berfokus pada mengembangkan #aplikasi pihak ketiga dengan pengalaman pribadi dari data pengguna Pinterest. Tim Pinterest sendiri mendapatkan detil yang mengungkapkan bagaimana pengalaman pihak ketiga dan tombol Buy Button-nya dapat dibangun langsung ke layanan penemuan produk yang melihat lebih dari 70 juta pengguna aktif.

Saat ini, beberapa mitra Pinterest yang ikut bekerja sama dalam pengembangan ini sedang berproses untuk mengirimkan beberapa data produk mereka seperti harga yang akan ditampilkan pada gambar produk mereka, dan berharap para pengguna akan tertarik pada produk mereka. Kendall juga mengungkapkan bahwa para mitra kerja dapat segera mengirimkan lebih banyak data melalui aplikasi API yang dapat menyuguhkan pelayanan yang lebih canggih seperti tombol Buy Buttons untuk berbagai macam produk

tombol-whistlist-pinterest

Untuk saat ini, Pinterest belum memiliki tombol khusus untuk Buy Button. Pinterest secara sederhana membiarkan pengguna mereka untuk mengklik link menuju #website lain di mana pengguna bisa langsung membeli item yang pengguna suka. Namun dalam beberapa kasus, sistem ini belum bekerja dengan baik, misal saat Anda membaca resep dengan banyak bahan makanan. Anda harus memasukan satu per satu bahan makanan tersebut ke dalam daftar beli anda. Aplikasi ini pun juga kurang mobile friendly.

Namun jika daftar yang perlu dibeli termasuk singkat, cukup satu sentuhan Anda sudah bisa membeli semua daftar kebutuhan Anda melalui Pinterest. Kendall menyebut ini sebagai puncak dari alur pengalaman pembelanjaan mudah dan instan yang ia harap Pinterest mampu memberikannya, walau ia juga mencatat bahwa ini masih konseptual dan pinterest juga belum menemukan mitra yang potensial.

Kegunaan “Buy Button” Pinterest

Mengapa Pinterest membuat Action Button semacam ini? Karena Pinterest ingin segala macam merk dagang mampu ditemukan melalui jaringan Pinterest. Semakin banyak data produk yang dihadirkan tentu saja akan semakin lama para pengguna menghabiskan waktu mereka di Pinterest.




Jika mitra dapat meningkatkan penjualan melalui tombol Action ini , ketersediaan mereka untuk membuat etalase dalam Pins dari segala sesuatu yang mereka tawarkan. Konten yang lebih membuat banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di Pinterest. Otomatis #startup ini mampu memperkuat jaringan kemitraan dengan mengubah mereka menjadi pemasang iklan.

Baca juga: Beberapa Mitos dan Fakta Penggunaan Media Sosial Pinterest

Inti dari aplikasi ini adalah mempersingkat proses pembelanjaan seseorang. Dengan menggabungkan mitra – mitra pemilik merk dagang dan para pembeli pada satu jaringan, yaitu jaringan pinterest. Hal ini tentu akan membuat proses pembelian yang biasa dilakukan oleh seseorang menjadi lebih mudah dan cepat, semakin sedikit langkah antara penemuan dan pembelian, semakin Pinterest dapat memenuhi misinya dan membuat keuntungan dalam proses jual-beli ini.

Langkah ini merupakan sebuah reaksi nyata dari tim pinterest akan perkembangan #ecommerce dunia, untuk itulah fitur iniakan hadir dan ikut meramaikan ecommerce yang berbasis media sosial. Dan tentunya pinterest akan menjadi kompetitor yang perlu di perhitungkan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Social Media sekaligus untuk Toko Online, Pinterest bisa aja, sayang penggunanya belum sebanyak Facebook & Twitter

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud