5 Tips Manfaatkan Pinterest Untuk Meningkatkan Brand Bisnis Anda

5 Tips Manfaatkan Pinterest Untuk Meningkatkan Brand Bisnis Anda

Image dari seomoves.org
Image dari seomoves.org

Kehadiran #media sosial di zaman modern ini telah membawa banyak perubahan bagi dunia komunikasi. Media sosial bukan hanya menjadi media komunikasi, tapi juga menjadi sarana untuk berbagi foto, mencari teman baru bahkan menjadi sarana promosi bagi suatu bisnis. Bermacam-macam media sosial populer seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram memiliki fungsi dan tujuan masing-masing. Salah satu media sosial lainnya yang memiliki banyak manfaat bila digunakan secara optimal adalah Pinterest.

Pinterest merupakan salah satu contoh media sosial yang powerful untuk melakukan sharing tentang beragam hal yang berkaitan dengan minat. Sebagai contoh, Ben Silbermann, co-founder Pinterest merasa bangga dan senang ketika koleksi serangganya saat kecil menjadi salah satu konten yang dipublikasikan di Pinterest dan kemudian disukai banyak orang. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh perusahaan Semiocast di Paris, diperoleh data bahwa Pinterest memiliki lebih dari 70 juta pengguna yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Banyak sekali benefit bisnis yang didapat oleh seorang pebisnis yang menggunakan Pinterest. Berdasarkan data yang diperoleh dari badan intelijen Vision Critical pada Juni 2013, 4 dari 10 orang akan membeli suatu produk secara online setelah memberikan tag favorit atau melakukan sharing informasi di Pinterest Twitter atau Facebook. Hampir separuh (47%) dari pengguna Pinterest mengatakan bahwa mereka membeli suatu produk secara online karena merasa tertarik dengan posting yang muncul, dan bukan karena mereka memfokuskan pencarian pada suatu produk.

Jelas sudah bahwa Pinterest memiliki daya tarik yang besar untuk menarik perhatian calon pelanggan di masa kini. Dan berikut ini adalah 5 tips anti mainstream untuk menarik perhatian para followers dan para pinners di Pinterest:

Artikel terkait: 3 Karakter Umum Followers di Media Sosial

1. Buatlah Pinboards Yang Unik

Pinboards yang unik atau buzz words yang aneh biasanya akan lebih menarik perhatian para pengguna Pinterest bila dibandingkan dengan pinboards yang terkesan biasa saja. Misalnya, suatu bisnis yang bergerak di bidang kuliner biasanya membuat pinboards mengenai bakery, cupcake atau wedding cake. Hal ini tentu sudah biasa dan terkesan mainstream.

Carilah pinboards lain yang lebih seru dan dapat menarik perhatian para pengguna Pinterest, misalnya mengenai resep pastry tertua di dunia, asal mula kue donat, cara mengemas kue dengan praktis dan cantik serta hal-hal seru lainnya. Niscaya followers Pinterest anda akan bertambah jumlahnya karena akun anda dianggap menarik dan sangat informatif.

2. Gunakan Konten Visual Unik Tanpa Bahasa Inggris

Untuk menarik target pelanggan dari luar Amerika Serikat atau Inggris, gunakanlah bahasa-bahasa lain seperti bahasa Perancis, bahasa Spanyol atau Bahasa Jerman. Kutipan-kutipan inspiratif berupa slogan atau tagline dengan beragam bahasa biasanya akan membuat pengguna Pinterest lainnya merasa bahwa anda sangat friendly. Jangan lupa mengecek ejaan dan tata bahasa sebelum melakukan pinning. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari kesalahan penulisan.

3. Ajaklah Pengguna Pinterest Lainnya untuk Berinteraksi

Mayoritas orang-orang senang membicarakan beragam hal yang menyangkut dirinya sendiri. Libatkan para followers anda untuk melakukan pin gambar sesuai dengan bidang bisnis yang anda kembangkan. Misalnya, bila anda berbisnis di bidang peralatan kantor, anda dapat mengajak followers anda untuk mem-posting foto-foto ruang kerja mereka.

Hal ini akan membuat followers memiliki kedekatan yang akrab dan interaktif dengan anda. Jangan lupa pula untuk membuat cross posting di seluruh media sosial yang anda gunakan agar dapat menarik lebih banyak perhatian dari para pengguna social media.

Artikel lain: 5 Kebiasaan Sederhana Untuk Menunjang Kesuksesan Bisnis via Media Sosial

4. Ceritakanlah Sesuatu yang Inspiratif

Gunakanlah storyboard untuk menyajikan cerita singkat bagi para followers Pinterest anda. Bagikan serangkaian pin yang menunjukkan betapa berartinya produk bisnis anda bagi para pelanggan.

Salah satu kisah inspiratif yakni UNICEF yang tergerak oleh 1.600 followers yang menciptakan pinboard untuk seorang gadis muda kurang mampu yang tinggal di Sierra Lone.

Para followers kreatif tersebut menciptakan pinboards dengan sudut pandang kreatif, seperti gambar sepatu yang sedang kemasukan air. Pinboards yang mengharukan tersebut berhasil mendapat simpati dari beberapa followers yang kemudian mendonasikan sejumlah dana untuk membantu gadis tersebut.

5. Ceritakanlah Sesuatu Mengenai Bisnis Anda

Beragam hal sederhana mengenai bisnis anda dapat dikemas secara menarik untuk kemudian dibagikan pada followers Pinterest Anda. Ceritakanlah bagaimana kekompakan tim anda saat harus bergadang demi peluncuran produk baru di keesokan hari. Sertakan beberapa pin gambar yang dapat melukiskan kekompakan tim tersebut. Hal sederhana seperti ini tak jarang menarik perhatian banyak pengguna Pinterest untuk mencari tahu lebih dalam lagi mengenai esensi dan filosofi bisnis anda.

Baca juga: Public Figur Dengan Followers Palsu Terbanyak di Twitter

Pinterest merupakan salah satu sarana yang tepat untuk menceritakan kisah-kisah seru nan inspiratif sekaligus mempromosikan bisnis anda secara modern. Hal paling krusial dalam menggunakan Pinterest dan media sosial lainnya adalah selalu bersikap bijak dan menggunakannya sesuai dengan aturan yang berlaku. Bagaimana siap mengaplikasikannya?

4 KOMENTAR

  1. Muhammad Riza Nur Pratama

    Terimakasih Sekali kang sudah mau berbagi sekali lagi terimakasih bermanfaat sekali Berkunjung juga ya

    saya sudah mulai menggunakan pinterest sekarang :D

  2. saya masih blm paham nih pinterest….. :)

  3. Saya juga menggunakan pinterest dan memang terbukti bisa menaikkan visitor, sarannya memang bener sebaiknya menggunakan bhsa asing…good post…

  4. kalau strateginya bener memang pinterest bagus buat promosi apalagi kalau produknya berhubungan sama wanita karena menurut survei kebanyakan usernya perempuan.

    tapi satu kelemahannya sekarang disana kebanyakan yang pakai bot :) dan multiple akun jadi harus bener2 selektif kalau mau follow orang

Tinggalkan Balasan