Pilihlah Waktu dan Tempat yang Tepat Agar Hasil Meeting Bisnis Maksimal

menjalankan meeting bisnis yang baik

Image dari Regus.co.id

Sebagai pengelola bisnis, meeting atau diskusi sudah barang tentu menjadi agenda yang harus dijalankan sesuai dengan jadwal Anda. Jangan sampai agenda meeting bisnis yang sudah Anda susun sedemikian rupa menjadi kacau balau sehingga tidak menghasilkan hasil yang maksimal. Yang sering terlewatkan dalam sebuah agenda meeting sebenarnya adalah tempat meeting. Tempat meeting bisnis yang nyaman bisa sangat berpengaruh terhadap hasil meeting tim kerja Anda.

Jangan sampai hanya karena tempat meeting yang tidak tepat, meeting Anda menjadi tidak maksimal. Memilih tempat meeting memang gampang-gampang susah. Umumnya, tempat meeting selalu dilakukan di dalam kantor yang berada di dalam ruangan. Namun alangkah baiknya jika Anda akan menggelar meeting disesuaikan dengan agenda yang akan Anda jadikan bahan diskusi.

Di bawah ini adalah beberapa tips mencari tempat meeting bisnis yang disesuaikan dengan agenda rapat Anda, silahkan disimak.

1. Meeting Bisnis Dengan Makan Malam Bersama

Makan malam masih menjadi salah satu cara yang ampuh untuk membahas sebuah strategi bisnis. Jika Anda mengagendakan membahas strategi bisnis bersama rekan dan tim kerja, maka makan malam bersama adalah pilihan yang sangat tepat. Jika sekira anggota yang akan diajak berdiskusi 5 sampai 6 orang saja, tidak perlu menyewa tempat pribadi.

Ada banyak alternatif di sini, Anda bisa berkumpul dan berdiskusi di sebuah restoran, kafe atau bisa juga di rumah saja. Pertemuan yang santai akan meningkatkan daya kreatifitas berpikir setiap orang. Namun jangan lupa, tetap tentukan salah seorang untuk mencatat hasil rapat dan diskusi Anda.




Artikel lain: 4 Poin Penunjang Agar Pertemuan Bisnis Dengan Klien Baru Berjalan Lebih Lancar

2. Diskusi dan Melakukan Interview Kerja Bisa di Ruang Terbuka

Melakukan interview atau wawancara sebenarnya juga tidak harus berada di dalam kantor saja. Dalam melakukan wawancara, bisa saja pewawancara tidak hanya satu orang, dua orang bahkan bisa juga tiga orang.

Nah, ini bisa juga dilakukan dengan suasana yang lebih cair dan santai. Anda dan tim Anda bisa melakukannya pada saat istirahat siang di kantin kantor. Atau jika Anda sedang mewawancara sekaligus menguji calon karyawan baru, Anda juga bisa menentukan lokasi yang sesuai dengan misi yang Anda bawa.

Misal ingin menguji bagaimana respon calon karyawan terhadap kebersihan, Anda bisa melakukan wawancara di halaman kantor atau tempat yang mungkin banyak sampah atau kotoran.

3. Outbond Untuk Meningkatkan Komitmen dan Integritas Dalam Bekerja

Kadang dalam membahas sesuatu untuk meningkatkan kinerja dalam sebuah perusahaan atau bisnis tidak harus dengan rapat atau diskusi. Komitmen bersama dan integritas bisa ditingkatkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menjalin kekompakkan bersama rekan yang lain, seperti melakukan outbond di luar ruang.




Bertamasya dan menghabiskan waktu bersama juga sangat bagus untuk meningkatkan komitmen bersama dalam bekerja. Nah dalam hal ini, kegiatan semacam outbond, rafting dan semacamnya sangat bagus dilakukan.

4. Makan Siang Bersama Untuk Tingkatkan Soliditas Berkolaborasi

Dalam sebuah perusahaan bisnis, pasti akan ada banyak divisi yang berbeda dengan tanggung jawab dan tugas yang beraneka ragam. Anda perlu juga untuk membuat mereka menjadi lebih solid antar divisi meski berbeda tugas dan tanggung jawab. Meeting bisnis bersama seluruh divisi dengan masing-masing anggotanya sesekali juga diperlukan.

Cara yang paling mudah adalah ajaklah mereka di tengah-tengah pekerjaan untuk makan siang bersama. Tidak perlu keluar kantor, lakukan saja di kantin kantor agar tidak jauh-jauh dari keluar dari kantor dan tidak membuang-buang waktu. Kemas acara yang santai dan fleksibel agar mereka juga nyaman.

Baca juga: Langkah Tepat Jalankan Rapat Kerja yang Efektif dan Efisien

5. Hangout Untuk Memperkenalkan Rekan Kerja Baru

Dalam sebuah perusahaan tentu saja akan ada teman-teman baru yang datang silih berganti. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam mengenalkan rekan baru ke dalam sebuah tim kerja Anda. Salah satunya adalah dengan mengajak mereka untuk hangout bersama setelah pulang kerja.

Sekadar minum kopi bersama atau menghabiskan waktu untuk olahraga bersama bisa Anda jadikan kemasan dalam meeting pengenalan rekan kerja baru ini. Cara seperti ini cenderung lebih cepat dalam proses pengenalan diri dari rekan baru pada rekan kerja yang sudah lama.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud