4 Poin Penunjang Agar Pertemuan Bisnis Dengan Klien Baru Berjalan Lebih Lancar

4 Poin Penunjang Agar Pertemuan Bisnis Dengan Klien Baru Berjalan Lebih Lancar

Image dari Cloudsmartaccounting.com
Image dari Cloudsmartaccounting.com

Dalam menjalankan bisnis dan perusahaan, kita sebagai #entrepreneur memang tidak bisa sendirian. Kita membutuhkan orang lain untuk bergerak bersama menjalankan roda usaha. Tanpa orang lain sangatlah mustahil kita bisa membuat perusahaan dan bisnis berjalan. Orang lain yang akan membantu Anda mengerakkan bisnis Anda ini ada bermacam-macam.

Bisa jadi itu adalah rekanan atau mitra binsis Anda, bisa jadi itu juga adalah karyawan Anda, bisa jadi itu adalah orang-orang terpenting dalam jajaran manajeman Anda, bisa jadi itu juga adalah klien atau konsumen dan para pelanggan Anda.  Dari orang-orang inilah, Anda sebagai pebisnis dan pemimpin perusahaan harus mampu merangkul semua orang-orang tersebut tanpa terkecuali dan tanpa membeda-bedakan di antaranya.

Klien merupakan salah satu orang yang juga perlu Anda rangkul dan Anda perhatikan supaya bisnis dan perusahaan Anda bisa bergerak dengan baik. Klien yang bisa berupa mitra kerja atau bisa jadi calon konsumen dan pelanggan Anda merupakan aset yang berharga yang tidak bisa Anda lepaskan.

Artikel lain: 5 Teknik Jitu Langgengkan Hubungan Dengan Rekan Bisnis 

Maka saat akan melangsungkan pertemuan bisnis dengan klien, Anda harus benar-beanr menyiapkan diri Anda dan segala sesuatunya dengan baik agar semua yang Anda targetkan bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan Anda. Lalu agar pertemuan bisnis dengan klien ini berjalan dengan baik dan lancar, apa saja yang harus disiapkan oleh seseorang? Berikut ulasannya.

1. Susun Rencana Matang

Hal pertama yang harus disiapkan ketika bertemu dengan klien adalah menyusun rencana dengan matang. Perencanaan merupakan hal yang selalu menjadi krusial untuk semua pelaksanaan termasuk pertemuan bisnis dengan klien. Dengan perencanaan yang baik dan matang maka peluang dan kesempatan Anda untuk bisa meraih sukses bisa sangat terbuka lebar.

Namun tanpa perencanaan yang baik, maka biasanya seseorang akan mengalami kebingungan dan kesulitan dalam banyak hal. Maka dari itu sebelum bertemu dengan klien, mulailah dengan mempersiapkan materi tentang produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan minimal sehari sebelumnya.

Siapkan pula beberapa peralatan dan perlengkapan untuk mendukung Anda saat menjelaskan dan menjabarkan paparan Anda kepada klien. Jangan lupa sampaikan kesepakatan yang hendak ingin dicapai dari pertemuan bisnis tersebut. Tak perlu bertele-tele, sampaikan dengan bahasa lugas. Boleh juga sisipkan sedikit humor agar suasana cair.

2. Buat Kesan Profesional

Bertemu dengan klien yang notabene adalah orang-orang penting dan berharga untuk bisnis dan perusahaan Anda tentu harus diseriusi. Anda tidak boleh main-main saat bertemu dengannya dalam hal perencanaan bahkan dalam hal penampilan.

Penampilan memang akan mencerminkan jati diri seseorang. Bila Anda berpenampilan apa adanya dan tidak rapi maka orang lain akan menebak Anda adalah orang yang apa adanya juga. Namun bila Anda membuat diri Anda berpenampilan secara formal dan profesional, maka orang lain (klien) pun akan memandang Anda sebagai orang yang profesional.

Jadi sekali lagi jangan sembarangan dengan penampilan Anda saat bertemu klien. buatkan kesan se-profesional mungkin saat Anda berhadapan dengan klien Anda agar Anda pun bisa lebih lancar dan sukses dalam pertemuan bisnis Anda.

3. Jaga Sikap

Sesaat dan saat pertemuan berlangsung, Anda harus berusaha agar pertemuan bisnis dengan klien ini tetap berlangsung secara baik dan sesuai dengan harapan Anda. Untuk itu, Anda harus bisa menjaga sikap Anda dihadapan klien. Menjaga sikap ini akan terlihat dari bagaimana Anda datang ke tempat pertemuan.

Apakah Anda datang tepat waktu atau malah Anda terlambat. Saat Anda terlambat datang tentu saja Anda akan dianggap tidak menjaga sikap profesional. selain datang tepat waktu, agar pertemuan Anda lancar dan sukses Anda juga harus sebisa mungkin menghindari penggunaan ponsel saat pertemuan berlangsung. Dengan demikian, calon klien baru akan merasa dihargai, dan tujuanmu lebih mudah terealisasi.

Baca juga: Langkah Tepat Jalankan Rapat Kerja yang Efektif dan Efisien

4. Catat Poin Penting Pertemuan Bisnis 

Terakhir, hal yang harus disiapkan ketika bertemu dengan klien adalah mencatat poin penting pertemuan. Pertemuan bisnis Anda yang pertama ini bisa jadi akan berlanjut dengan pertemuan yang berikutnya.

Di sinilah Anda harus cerdik untuk bisa memperbaiki hal-hal yang kurang dari pertemuan yang pertama ini. Untuk itu Anda memang harus melakukan pencatatan terhadap poin-poin penting yang dihasilkan dari pertemuan Anda tersebut. Dengan adanya poin-poin penting yang sudah tercatat tadi, Anda akan lebih mudah untuk memperbaiki dan melengkapi data dan dokumen yang diperlukan untuk pertemuan yang berikutnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan