Perkenalkan Gig Indosat Ooredoo, Layanan Internet Fiber Dengan Kecepatan 1 Gbps 

Gig Indosat Ooredoo

Image dari Liputan6.com

Tepat pada hari Kamis, (18/02) kemarin Indosat Ooredoo telah resmi meluncurkan layanan internet berbasis fiber optic (FO), Gig. Gig ini sendiri merupakan layanan internet yang ditujukan untuk pengguna rumahan dengan fasilitas #internet dengan kecepatan luar biasa mencapai 1 Gbps. Tujuan diluncurkan Gig oleh Indosat Ooredoo dengan kecepatan hingga 1 Gbps ini adalah ingin mengubah pengalaman digital lifestyle menjadi lebih baik dan ingin membangun Indonesia menuju Digital Nation. Lalu seperti apakah layanan Gig ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Skema Tarif Layanan Gig

Menurut Adrian Prasanto Head of Public Relations Indosat Ooredoo, skema tarif layanan Gig ini memiliki perbedaan dengan layanan fiber optic lainnya seperti IndiHome atau First Media. Dalam layanan Gig Indosat Ooredoo ini Adrian menyatakan bahwa skema tarif yang diterapkan memiliki perbedaan pada masing-masing pelanggan tergantung paket langganan dan wilayahnya.

Bahkan meskipun masih sama-sama di wilayah Jakarta, pelanggan bisa saja mendapatkan skema tarif yang berbeda. Misalnya layanan 5 Mbps, yang di daerah Kalibata City per bulannya Rp250 ribu. Sementara di daerah Slipi bisa menjadi Rp275 ribu.

Artikel lain: Indosat Ooredoo Luncurkan Paket Freedom Combo, Seperti Apa Konten dan Manfaatnya?

Paket Layanan Gig Indosat Ooredoo

Layanan Gig sendiri terbagi dalam lima paket yaitu paket 5 Mbps, 10 Mbps, 15 Mbps, 30 Mbps, hingga 1 Gbps. Saat pemasangan atau instalasi Gig, pihak Indosat Ooredoo tidak membebani pelanggan dengan biaya. Pelanggan hanya perlu membayar biaya bulanan dengan paket yang telah diambil.

Layanan Gig Indosat Ooredoo ini sendiri menarget konsumen perumahan high residential seperti apartemen meski pun tak menutup kemungkinan juga diambil oleh konsumen perumahan umum. Dalam instalasinya sendiri Adrian menyatakan bahwa jaringan fiber optik Gig akan lebih mudah dilakukan di lingkungan perumahan high residential, namun untuk pembuatan jaringan infrastruktur di rumah-rumah maka akan ada kesulitan yang lebih tinggi.

Menciptakan Ekosistem Jaringan Optimal dengan Chromecast

Seperti kita ketahui Gig Indosat Ooredoo adalah layanan internet fiber optic yang membutuhkan sebuah ekosistem jaringan yang optimal agar berjalan lancar. Untuk menciptakan ekosistem jaringan yang optimal ini, Indosat Ooredoo telah bekerjasama dengan #Google untuk menyediakan Chromecast dan Google Drive sebesar 50 GB untuk seluruh pelanggan Gig secara gratis.

Melalui Chromecast sendiri nantinya pengguna akan mampu mentransmisikan berbagai konten multimedia dari gadget ke TV melalui jaringan Wi-Fi. Dengan Chromecast ini pengguna juga mampu melakukan streaming #YouTube. Saat ini Chromecast sendiri sudah meraih penjualan mencapai 20 juta Chromecast di seluruh dunia. Dari sinilah, Google sangat optimis Chromecast juga bisa sukses di pasar Indonesia melalui kerjasama dengan Indosat Ooredoo.

Berikan Chromebook Pada Pelanggan Paket Tertentu

Selain itu untuk membuat layanan ini berjalan dengan lancar dan baik, pihak Indosat Ooredoo juga memberikan Chromebook untuk pelanggan yang menggunakan paket tertentu. Meski pihak Google menyatakan belum dapat memastikan apakah Chromebook juga akan dijual bebas di Indonesia, namun dengan kerjasama dengan Indosat Ooredoo ini maka konsumen di Indonesia bisa mendapatkan layanannya melalui layanan Gig dari Indosat Ooredoo. Sedangkan untuk Chromebook yang dihadirkan dalam layanan Gig ini sendiri adalah Chromebook tipe Acer Chromebook CB3-131 untuk Indonesia.

Baca juga: Indosat Ooredoo ~ Perkenalkan Inilah Nama Terbaru dari Operator Selular Indosat




Sudah Bisa Dinikmati di Lima Kota Besar

Layanan Gig yang memanfaatkan koneksi fiber optic ini sendiri sudah dapat dinikmati di lima kota besar di Indonesia yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Namun tidak tidak berhenti di lima kota ini, Indosat Ooredoo masih berencana untuk memperluas cakupan layanan internet Gig pada tahun ini ke beberapa kota lain seperti Balikpapan, Makassar, Batam dan Bali. Guna memaksimalkan dan mengoptimalkan perluasan jangkauan layanan Gig, pihak Indosat Ooredoo hanya akan melakukan pengoperasionalan pada wilayah yang memiliki jaringan selular.

Meski tergolong baru, Alexander Rusli, CEO Indosat Ooredoo mengaku optimistis dengan layanan internet Gig untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Ia juga mengaku sangat yakin untuk bisa mendapatkan respon positif dari masyarakat. Dalam pernyataannya lebih lanjut Alex mengatakan bahwa pihaknya (Indosat Ooredoo) tidak sembarangan saat melakukan launching produk. Menurutnya pihaknya tidak akan launching produk kalau tidak bisa menjadi game changing alias pengubah tren pasar.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Cukup menarik tapi saya pilih isp lain kalau buat FO :)
    Ga sampe 250 ribu sebulan udah dapet up tp 30Mbps & lumayan stabil

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud