Perkakasku.com, Belanja Perkakas Makin Mudah Melalui Startup Online

Perkakasku

Perkakas apa yang biasanya dimiliki di setiap rumah? Pasti termasuk diantaranya; obeng, kunci inggris, bor, tang, palu dan masih banyak lagi. Alat-alat tersebut memang tidak terlalu sering digunakan setiap hari. Namun keberadaannya biasanya dibutuhkan di saat-saat penting tertentu. Saat sedang memperbaiki lemari atau pintu yang rusak, perkakas rumah tangga sangat dibutuhkan.

Biasanya kita membeli aneka perkakas tersebut di toko perkakas atau toko bangunan. Namun kini kita juga bisa berbelanja perkakas melalui online store lho. Jadi, bukan cuma baju atau produk teknologi saja yang dapat ditemui di internet, karena kini telah ada Perkakasku.com yang mempelopori penjualan aneka perkakas secara online di Indonesia.

Apa sih Perkakasku.com?

Perkakasku.com adalah sebuah #startup online yang mulai diluncurkan pada tanggal 12 Mei 2007. Startup unik yang satu ini menyediakan aneka kebutuhan perkakas untuk rumah tangga serta industri kecil dan menengah.

Pilihan perkakasnya pun sangat beragam, mulai dari perkakas listrik, perkakas konstruksi, perkakas mesin hingga berbagai jenis perkakas lainnya. Tidak seperti startup sukses lainnya yang kebanyakan berbasis di Jakarta, Perkakasku.com justru berbasis di kota Bandung.

Artikel lain: Startup Sukses Dimulai dari Kerjasama 3 Pihak Utama Ini Lho




Ide Awal yang Mempelopori Perkakasku.com

Perkakasku.com berawal dari toko retail perkakas konvensional. Kala itu toko fisik Perkakasku.com berada di kawasan Jalan Jenderal Ahamad Yani No. 350, Bandung. Toko yang berdiri sejak tahun 2003 tersebut bernama Teknik Multi Mekanik. Handi Limidjaja selaku founder dan owner dari Perkakasku.com, mengaku bahwa ia mendirikan toko perkakas online tersebut untuk meneruskan bisnis perkakas yang telah dirintis oleh orang tuanya.

Kala itu Handi menilai bisnis perkakas yang digagas kedua orang tuanya kurang sukses karena faktor lokasi yang kurang strategis. Setelah mengadakan riset kecil-kecilan mengenai startup online yang bergerak di bidang perkakas, lulusan S2 Magister Manajemen di salah satu universitas Bandung tersebut menemukan bahwa di tahun 2006 belum ada startup online asli Indonesia yang menggagas ide penjualan perkakas.

Hal itu memacu semangat Handi untuk mulai mengembangkan usaha retail perkakas secara online dan akhirnya pada pertengahan 2007 website yang diberi nama Perkakasku.com tersebut resmi diluncurkan di Indonesia. Toko fisik dari perkakasku.com hingga saat ini masih beroperasi sebagai kantor sekaligus gudang persediaan barang-barang perkakas yang dijual secara offline maupun online. Tak jarang para pelanggan perkakasku.com mampir ke toko tersebut saat musim liburan atau saat berkunjung ke Bandung untuk urusan bisnis.

Apa Keunggulan Perkakasku.com?

Hingga pertengahan tahun 2014, setidaknya startup Perkakasku.com memiliki 2 saingan di bidang penjualan perkakas secara online, yakni IndoTeknik yang dirilis sejak tahun 2008 dan Ralali yang dirilis pada tahun 2013. Namun ada beberapa keunggulan yang membuat Perkakasku.com berbeda dengan para kompetitornya. Keunggulan tersebut antara lain :

  • Variasi produk perkakas yang sangat banyak dengan pilihan brand yang beragam. Hal ini membuat para pelanggan lebih leluasa dalam menentukan perkakas yang sesuai dengan kebutuhan
  • Perkakasku.com memiliki jaringan yang luas dengan para supplier. Hal ini memungkinkan Perkakasku.com memberikan pelayanan terbaik dari segi informasi produk, kualitas barang, harga serta sistem servis.
  • Staf dan tim Perkakasku.com telah mendapatkan pelatihan khusus dari rekan-rekan supplier sehingga tim tersebut memiliki pengetahuan produk secara detail.
  • Sebagian besar barang yang dipasarkan di Perkakasku.com sudah ready stock di gudang. Kita tak perlu khawatir harus inden saat memesan barang karena barang bahkan dapat dikirim pada hari yang sama untuk konfirmasi pembayaran yang dilakukan sebelum jam 2 siang.

Tantangan dalam menjalankan bisnis tentu pernah dirasakan oleh Perkakasku.com. Bahkan pada tahun 2008 Perkakasku.com sempat mengalami penipuan oleh pihak pembeli yang menggunakan kartu kredit palsu dengan nilai kerugian mencapai 20 juta rupiah. Namun hal tersebut ternyata menjadi cambuk untuk menuju ke arah kesuksesan. Bahkan Perkakasku.com pernah menerima penghargaan sebagai dealer baru terbaik dari supplier PT. Multi Mayaka pada tahun 2012.




Semua kesuksesan yang sudah diraih tak membuat Perkakasku.com berhenti melakukan invoasi. Bahkan kini Perkakasku.com rajin membuat video mengenai unboxing produk dan tutorial penggunaan produk.

Baca juga: Posisi Penting yg Mendukung Perkembangan Sebuah Startup

Semoga apa yang sudah diraih oleh Perkakasku.com menjadi suatu bentuk motivasi bagi seluruh pebisnis di Indonesia untuk terus berinovasi dan berkreasi.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud