Beranda General Memahami 6 Perbedaan Hak dan Kewajiban Dengan Lebih Jelas

Memahami 6 Perbedaan Hak dan Kewajiban Dengan Lebih Jelas

Perbedaan Hak dan Kewajiban

Setiap individu sebaiknya mengerti apa perbedaan hak dan kewajiban agar semua kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan selaras dan seimbang. Meskipun keduanya sangat berkaitan, namun pada dasarnya hak dan kewajiban memiliki pengertian yang berbeda.

Ketika kita berbicara mengenai hak, maka secara tidak langsung kita juga akan membahas hal-hal yang berhubungan dengan kewajiban. Begitu juga dengan sebaliknya, ketika membahas mengenai kewajiban maka seseorang akan mempertanyakan mengenai hak.

Pada artikel ini akan dibahas definisi hak dan definisi kewajiban, serta perbedaan hak dan kewajiban dilihat dari berbagai sisi.

Definisi Hak Secara Umum

Secara umum, definisi hak adalah segala sesuatu yang secara mutlak harus diterima atau dimiliki oleh seseorang dimana penggunaannya tergantung kepada masing-masing orang yang menerimanya.

Dalam hal ini, ada banyak bentuk hak yang dapat dimiliki oleh seseorang, baik itu hak yang diterima sejak lahir, hak untuk memiliki atau melakukan sesuatu, maupun hak yang diterima setelah melakukan suatu kewajiban.

Di masyarakat Indonesia yang majemuk dan terdiri dari berbagai kelompok budaya juga terdapat berbagai bentuk hak. Hak-hak tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, misalnya batasan sosial, etika dan nilai, serta hukum.

Hak merupakan sesuatu yang memiliki nilai universal dan berlaku bagi setiap invidividu tanpa memandang jenis kelamin, etnis, budaya, agama, status sosial, maupun kebangsaan. Konsep ini kita kenal dengan istilah hak asasi manusia (HAM).

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa setiap warga negara memiliki hak asasi manusia yang sama. Beberapa hak tersebut diantaranya; hak untuk hidup, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk memiliki pekerjaan, hak atas persamaan dalam hukum, kebebasan berekspresi, dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian Hak

Definisi Kewajiban Secara Umum

Secara umum, definisi kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan atau dikerjakan oleh seseorang, baik karena hukum, kebutuhan, atau karena tugas.

Dengan kata lain, kewajiban merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang sebagai bentuk tanggungjawabnya terhadap hal tertentu, baik secara moral maupun hukum.

Dalam hal ini, kewajiban memiliki peran yang sifatnya harus dilaksanakan. Dalam artian, bila seseorang tidak melakukan kewajibannya maka orang tersebut akan dikenakan sanksi, baik itu sanksi sosial maupun secara hukum.

Dalam banyak hal, melaksanakan kewajiban merupakan syarat untuk memperoleh hak. Sehingga dalam hal ini, hak dan kewajiban harus seimbang agar tidak merugikan salah satu pihak.

Baca juga: Pengertian Kewajiban

Apa Perbedaan Hak dan Kewajiban?

Agar lebih paham, berikut ini adalah perbedaan hak dan kewajiban jika ditinjau dari berbagai sisi:

1. Perbedaan Dari Sisi Definisi

  • Hak dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang mutlak diterima oleh seseorang, baik itu hak untuk memiliki sesuatu, hak untuk melakukan sesuatu, dan lainnya.
  • Sedangkan kewajiban dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang harus dilakukan atau dilaksanakan oleh seseorang, baik karena hukum, tugas, maupun kebutuhan.

2. Perbedaan Dari Sisi Fungsi

Jika diperhatikan dari sisi fungsinya maka kita dapat melihat dengan jelas apa perbedaan hak dan kewajiban. Berikut penjelasannya;

  • Hak merupakan kewenangan seseorang atas sesuatu. Misalnya hak untuk hidup, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk bekerja, dan lain-lain.
  • Kewajiban merupakan tanggung jawab atau pekerjaan yang harus dilakukan oleh seseorang. Dalam banyak hal, seseorang harus melakukan suatu tanggung jawab atau pekerjaan terlebih dahulu agar bisa memperoleh haknya.

3. Perbedaan Dari Sisi Target atau Untuk Siapa

  • Hak merupakan sesuatu yang dimiliki oleh seseorang untuk dirinya sendiri
  • Sedangkan kewajiban sebagian besar merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk orang lain.

4. Perbedaan Dari Sisi Hubungan Dengan Masyarakat

  • Dalam konteks hubungan dengan masyarakat, hak merupakan segala sesuatu yang didapatkan oleh seseorang dari masyarakat dan sifatnya personal. Misalnya hak untuk mendapatkan pelayanan publik, hak untuk beribadah sesuai kepercayaan, dan lain-lain.
  • Sedangkan kewajiban merupakan segala sesuatu yang harus dilakukan seseorang untuk kepentingan masyarakat dan sifatnya sosial. Misalnya; membayar pajak, menjaga kebersihan lingkungan, menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, dan lain-lain.

5. Perbedaan Dari Sisi Hukum

Perbedaan hak dan kewajiban juga terlihat jelas dari sisi hukum. Berikut penjelasan singkatnya;

  • Hak merupakan sesuatu yang dapat dipertahankan atau ditantang di pengadilan. Dalam artian, seseorang dapat mempertahankan dirinya di pengadilan berdasarkan hak-hak yang dimilikinya.
  • Sebaliknya, kewajiban tidak bisa ditantang atau didebat dipengadilan. Dalam artian, seseorang yang lalai melakukan kewajibannya secara otomatis akan dikenakan sanksi/ hukuman. Meskipun dalam beberapa kasus kelalaian atas kewajiban masuk pengadilan, hal tersebut hanya untuk meringankan sanksi atau hukuman.

6. Perbedaan Dari Sisi Dasar Penerapannya

Dalam sisi penerapannya juga terdapat perbedaan  antara hak dan kewajiban. Berikut penjelasan ringkasnya;

  • Hak merupakan sesuatu yang dimiliki seseorang secara personal atau hak istimewa yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain.
  • Sedangkan kewajiban merupakan suatu tanggung jawab atau tugas yang diberikan kepada seseorang berdasarkan kemampuan atau akuntabilitas-nya.

Baca juga: Pengertian Kompensasi

Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa hak dan kewajiban seperti dua sisi mata uang yang berbeda, keduanya memiliki hubungan yang erat namun berbeda maknanya. Dengan memahami apa perbedaan hak dan kewajiban diharapkan setiap orang dapat menjalankan setiap kegiatannya dengan penuh keselarasan, adil, dan seimbang.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan