Pengertian Pembangunan Ekonomi: Indikator, Faktor, Dampak, dan Tujuannya

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Ilustrasi via odelsonsterk.com

Pengertian Pembangunan Ekonomi –  Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi? Topik ini cukup sering dibahas di berbagai kesempatan. Artikel ini akan sedikit mengulas tentang pengertian pembangunan ekonomi, tujuan pembangunan ekonomi, faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi, serta dampaknya bagi sebuah negara.

Pembangunan ekonomi adalah sebuah proses yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan perkapita penduduk atau masyarakat di sebuah negara dalam jangka panjang yang disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara. Pembangunan ekonomi tersebut akan memberikan perubahan pada masyarakat, baik itu dari sisi teknologi, mindset masyarakat, maupun kelembagaan.

Menurut Wikipedia, pengertian pembangunan ekonomi adalah suatu proses untuk menaikkan pendapatan total dan perkapita melalui perhitungan pertambahan penduduk suatu negara dengan disertai perubahan fundamental terhadap struktur ekonomi negara dan pemerataan pendapatan penduduknya.

Gampangnya, pembangunan ekonomi ini merupakan serangkaian proses untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi suatu negara. Pembangunan ekonomi penting bagi suatu negara untuk menghindari kesenjangan sosial penduduknya yang juga tidak terlepas dari pertumbuhan  ekonomi.

Pengertian Pembangunan Ekonomi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli ilmu ekonomi pernah menjelaskan tentang pengertian Pembangunan Ekonomi, diantaranya adalah:

1. Sadono Sukirno (1996)

Pengertian Pembangunan Ekonomi menurut Sadono Sukirno adalah upaya meningkatkan pendapatan perkapita dengan jalan mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi real dengan melakukan penanaman modal, penggunaan teknologi, penambahan pengetahuan, peningkatan ketrampilan, penambahan kemampuan berorganisasi, dan manajemen.




2. Adam Smith

Pengertian Pembangunan Ekonomi menurut Adam Smith adalah proses perpaduan atau kombinasi antara pertumbuhan penduduk (pendapatan perkapita) dan kemajuan teknologi.

3. Prof. Meier

Pertumbuhan ekonomi menurut Prof. Meier adalah proses kenaikan pendapatan riil perkapita dalam jangka waktu yang panjang.

4. Schumpeter (Suryana, 2000:5)

Pembangunan ekonomi adalah perubahan dalam lapangan industri dan perdagangan yang berkaitan dengan pendapatan perkapita dan pendapatan nasional dimana proses tersebut terjadi secara spontan dan tidak terputus-putus.

5. Irawan (2002: 5)

Pembangunan ekonomi menurut Irawan adalah berbagai usaha yang dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup suatu negara yang diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riil perkapita.

Baca juga: Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli

Komponen Dalam Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi umumnya memiliki tiga komponen yang harus terpenuhi. Tiga komponen tersebut meliputi:




  • Pembangunan Bagian dari Suatu Proses

Pembangunan adalah bagian dari proses, yang berarti dalam pembangunan ekonomi memerlukan tahapan-tahapan yang harus dijalani suatu negara. Tahapan yang dimaksud bisa termasuk keadilan, kemakmuran dan kesejateraan penduduk suatu bangsa. Bangsa yang membangun ekonominya adalah bangsa yang mau berproses.

  • Pembangunan Berorientasi untuk Meningkatkan Pendapatan

Misi utama dalam pembangunan ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan perkapita dengan tindakan aktif. Oleh karenya dibutuhkan kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat dan elemen-elemen lainnya dalam negara untuk saling berpartisipasi melakukan perbaikan ekonomi.

Hal ini penting sebagai suatu upaya untuk mencerminkan kesejahteraan masyarakat melalui kenaikan pendapatan perkapita.

  • Peningkatan Pendapatan Jangka Panjang

Suatu negara dapat dikatakan sudah melalui proses pembangunan ekonomi apabila dalam kurun  waktu lam pendapatan perkapitanya cenderung meningkat atau secara terus menerus mengalami peningkatan.

Pembangunan ekonomi seharusnya dapat menunjukkan perubahan-perubahan signifikasi setiap tahunnya meskipun disaat tertentu mengalami kekacauan misalnya saja akibat bencana alam. Yang terpenting adalah dapat menunjukkan bahwa setiap tahunnya terjadi peningkatan pendapatan perkapita.

Artikel lain: Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Indikator Pembangunan Ekonomi

Tolak ukur pembangunan ekonomi suatu negara berdasarkan beberapa indikator yang harus terpenuhi agar bisa digunakan sebagai gambaran bahwa negara tersebut sedang melalui proses pembangunan ekonomi. Indikator tersebut mencakup indikator ekonomi dan sosial.

Indikator ekonomi meliputi laju pertumbuhan ekonomi sebagai proses adanya kenaikan output perkapita dalam kurun waktu lama sertaadanya peningkatan produk nasional bruto perkapita.

Sedangan indikator sosialnya meliputi indeks dari pembangunan sumber daya manusianya  (harapan hidup, pendidikan dan standar hidup layak) dan indeks mutu hidup  (angka kematian dan harapan hidup pada usia satu tahun).

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi memiliki beberapa tujuan untuk mencapai kesejahteraan terhadap pendapatan perkapitanya, yaitu antara lain:

  1. Untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dengan pemerataan pendapatan
  2. Meningkatkan kesempatan kerja dengan menambah bidang-bidang kerja yang bisa menyerap banyak tenaga kerja
  3. Memperbaiki mutu pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya
  4. Meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap budaya nilai – nilai luhur termasuk sosial, agama dan kultur agar tidak mudah terpengaruh dengan budaya lain yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku dalam suatu negara
  5. Menghindari kemungkinan inflasi

Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi tidak selalu memberikan dampak positif bagi negaranya. Bisa jadi pembangunan ekonomi yang sedang berlangsung memberikan efek samping tertentu. Berikut ini dampak positif dan negatif adanya pembangunan ekonomi:

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

  1. Meningkatkan dan melancarkan proses pertumbuhan ekonomi sebuah negara
  2. Mengurangi pengangguran dengan meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan yang berpengaruh terhadap pendapatan nasional
  3. Keberagaman kegiatan ekonomi negara-negara
  4. Peningkatan kualitas sumber daya manusia karena adanya tuntutan pendidikan dan teknologi

Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

  1. Pembangunan ekonomi yang tidak direncanakan dengan baik dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup
  2. Pembangunan ekonomi sering berorientasi pada pembangunan insfrakstruktur dan industri yang dapat menyebabkan berkurangnya lahan pertanian dan terbuka hijau.

Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Ada dua faktor yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, diantaranya adalah:

  • Faktor Ekonomi

Beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi berdasarkan faktor ekonomi adalah sumber daya manusia, sumber daya alam, keahlian, dan entrepreneurship.

Sumber Daya Manusia (SDM) sangat menentukan tingkat keberhasilan pembangunan nasional melalui kualitas dan kuantitas produk.

Sumber Daya Alam (SDA) meliputi kesuburan tanah, keadaan iklim/ cuaca, hasil laut, dan hasil tambang, yang berhubungan dengan penyediaan bahan baku produksi dan sangat mempengaruhi pertumbuhan industri suatu negara.

Entrepreneurship/ kewirausahaan dan keahlian sangat diperlukan dalam pengelolaan bahan mentah hasil alam menjadi sesuatu yang bernilai tinggi.

  • Faktor Non-ekonomi

Tidak berhubungan dengan sumber daya dan keahlian, namun bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Faktor ini diantaranya adalah kondisi kultur sosial masyarakat sebuah negara, Politik, Kelembagaan, dan sistem yang berkembang dan berlaku di masyarakat.

Hambatan Dalam Pembangunan Ekonomi

Dalam praktiknya, pembangunan ekonomi dapat terjadi hambatan-hambatan pada prosesnya. Ini menjadi hal yang wajar yang bisa timbul kapan saja baik dari internalnya sendiri maupun eksternal. Hambatan-hambatan yang bisa terjadi antara lain:

  • Dualisme ekonomi. Bisa terjadi kesenjangan industri yang hanya berorientasi di perkotaan saja.
  • Masih adanya kebudayaan yang tidak bersifat ekonomis seperti adat yang tidak mendukung penggunaan SDM secara penuh untuk meningkatkan taraf hidupnya seperti adanya status sosial penduduk, kebiasaan yang turun temurun dan hambatan filosofis.
  • Masih banyaknya pengangguran karena tingginya tingkat kelahiran
  • Pendapatan tidak terdistribusi merata.

Baca juga: Pengertian Struktur Organisasi Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Pembangunan ekonomi selalu diiringi dengan pertumbuhan ekonomi, namun tidak bisa sebaliknya. Beberapa negara meng-klaim dirinya sedang melakukan perkembangan ekonomi, namun dalam prakteknya hanya memenuhi indikator pertumbuhan ekonomi saja. Itulah sedikit informasi mengenai pengertian pembangunan ekonomi beserta komponen-komponen di dalamnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud