Apa Itu Modernisasi, Ciri-Ciri dan Dampaknya, Serta Kaitannya dengan Dunia Usaha

Pengertian Modernisasi

Pengertian modernisasi adalah sebuah proses perubahan atau transformasi dari keadaan tradisional menuju ke masyarakat yang lebih maju atau modern. Menurut Widjojo Nitisastro, seorang ekonom asal Indonesia, pengertian modernisasi adalah transformasi total dari kehidupan tradisional atau pra modern dalam hal organisasi sosial dan teknologi ke arah yang modern.

Tujuan dari modernisasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara umum. Proses modernisasi ini akan ditandai dengan adanya perubahan sosial yang terarah dan terencana dimana di sana terdapat perencanaan sosial (social planning). Suatu perencanaan sosial harus berdasarkan pada pengertian tentang bagaimana sebuah kebudayaan dapat berkembang dari level rendah hingga ke level modern.

Mengenal Ciri-Ciri Modernisasi

Setelah mengetahui pengertian modernisasi, selanjutnya kita perlu tahu ciri-ciri dan dampaknya. Untuk mengenal ciri-ciri modernisasi, kita bisa melihatnya dari aspek sosio demografis dan aspek struktur organisasi sosial.

1. Aspek Sosio Demografi

Perubahan pada unsur-unsur sosial, ekonomi, dan psikologi manusia. Perubahaan tersebut bergerak dengan pola yang baru melalui sosialisasi dan juga pola perilaku dalam aspek kehidupan modern, misalnya urbanisasi, peningkatan pendapatan, dan penggunaan teknologi.

2. Aspek Struktur Organisasi Sosial

Perubahan yang terjadi pada unsur-unsur masyarakat dan juga norma kemasyarakatan yang terwujud karena adanya hubungan antar warga dalam masyarakat. Perubahan tersebut biasanya berhubungan dengan norma sosial, pelapisan sosial, interaksi sosial, wewenang, lembaga kemasyarakatan, dan kekuasaaan.




Dampak Modernisasi Pada Masyarakat

Modernisasi pasti akan memberikan dampak ke masyarakat, baik itu langsung maupun tidak langsung, positif ataupun negatif.

1. Dampak Positif Modernisasi

Dampak positif modernisasi yang bisa dirasakan oleh masyarakat adalah menguatnya integrasi masyarakat yang membuat masyarakat menjadi terbuka sehingga interaksi antar individu di masyarakat menjadi lebih baik.

Modernisasi juga memberikan dampak positif dengan meningkatnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri dan Transportasi yang semakin maju, serta meningkatnya kesadaran masyarakat dalam hal politik dan demokrasi.

2. Dampak Negatif Modernisasi

Modernisasi juga membawa dampak negatif kepada masyarakat, diantaranya adalah;

  • Adanya kesenjangan masyarakat di bidang ekonomi dan sosial
  • Terjadinya pencemaran lingkungan alam
  • Adanya peningkatan kriminalitas

Artikel lain: Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli

Modernisasi dan Kaitannya dengan Dunia Usaha

Memenangkan kompetisi di dunia bisnis ini memang tidak mudah. Ada banyak sekali kompetitor yang siap berinovasi dan menenggelamkan sebuah bisnis kalau tidak siap berlomba. Masalah juga tidak berhenti di sana, kita sedang berhadapan dengan generasi milenial, dimana kita dituntut untuk bergerak cepat, fleksibel dan mudah diakses.

Makanya pengertian modernisasi bisnis sekarang tidak hanya terbatas pada pembaharuan kantor, banner, baliho dan perlatan fisik saja. Tapi mengarah ke sebuah sistem yang mempermudah kinerja uasaha supaya lebih cepat dalam pelayanan konsumen.




Efeknya sudah pasti; income naik dan karyawan senang karena pekerjaan mereka juga lebih mudah.

Pengertian Modernisasi di Dunia Bisnis Itu Apa Saja?

1. Sentuhan Teknologi

Sekarang penentu performa bisnis tidak hanya terpaku pada kelengkapan kantor dan alat produksi. Jaman semakin modern dan kebutuhan konsumen bergerak cepat. Bahkan sekarang mereka cenderung lebih menyukai blanja online ketimbang harus panas-panasan di tengah kemacetan hanya demi membeli sebuah barang. Kalau ada aplikasi dan toko online, kenapa tidak klik saja langsung?

Nah, ini berdampak langsung pada performa bisnis. Kalau hanya mengandalkan promosi konvensional; memasang baliho, menyebarkan brosur dan berbagai teknik pemasaran konvensional saja, rasanya tidak cukup. Atau mungkin saja malah gagal.

Teknologi sangat berperan besar untuk meningkatkan penjualan Anda.Bahkan, ini bisa menghemat biaya promosi yang begitu besar. Karena itu, tidak ada salahnya mencoba mengelola website untuk pusat informasi, menyediakan aplikasi mobile agar konsumen mudah berbelanja atau bergabung di dunia marketplace supaya bisa menjangkau banyak konsumen di luar sana.

Selain itu, teknologi juga bisa menjadi alat penting untuk mengetahui tren konsumen. Anda jadi tahu kekurangan produk melalui layanan customer care dan perbaikan bisa segera dilakukan. Ingat, kita sedang berhadapan dengan generasi yang punya mobilitas tinggi dan kebutuhan pelayanan cepat sangat disukai. Karena itu sentuhan teknologi dalam setiap bidang usaha menjadi hal penting.

2. Customer Care

Sekecil apa pun bisnis yang didirikan, customer care sangat berperan penting untuk menjangkau kekurangan sebuah produk yang telah dilepaskan ke pasar. Ini juga untuk meminimalisir kesalahan produksi dan meningkatkan kepuasan konsumen.

Kok bisa?

Sebab dengan membentuk bidang ini kedekatan kita dengan konsumen semakin erat. Mereka merasa lebih diperhatikan saat mengalami kesulitan dan mengajukan komplain. Kekurangan produk pun juga bisa segera diperbaiki.

Disamping itu, bidang ini juga tidak bisa dilepaskan dari yang namanya teknologi. Aktif di media sosial dan layanan chating di setiap website menjadi tren baru ketimbang via telpon atau email. Anda bisa mencari seorang admin fan page  yang merangkap menjadi customer service. Tugaskan kru ini untuk aktif di media sosial dengan melayani keluhan konsumen.

Kita tahu kalau sekarang konsumen lebih suka “ngomel” di status FB atau Instagram, Cara ini juga lebih efektif untuk menjalin kedekatan. Tidak melulu soal menjawab komplain, sesekali membagikan tips dan kuis kecil juga bisa menarik pengunjung secara organik.

3. Koordinasi Tim yang Fleksibel

Lagi-lagi kita kembali ke syarat pertama dimana teknologi benar-benar berperan penting, termasuk untuk tim inti dan karyawan. Dengan munculnya teknologi berbasis Cloud, hal ini memungkinkan Anda dan tim untuk melakukan koordinasi kapan pun dan dimana pun.

Bahkan dengan perangkat apa pun tanpa harus datang ke kantor. Anda jadi bisa menghemat lebih banyak waktu dan menjadikan tim semakin produktif meskipun di luar kantor.

4. Update Skill Karyawan

Selain tiga aspek di atas,training karyawan secara berkala juga perlu. Hal ini tidak melulu soal pengenalan tool baru yang dipakai, tapi sistem baru yang nanti akan membantu kinerja karyawan agar lebih baik.

Jangan pernah capek meluangkan waktu untuk membantu karyawan agar berkembang mengikuti arus modernisasi. Ini nantinya juga membantu perkembangan bisnis Anda.

Baca juga: Pengertian Brainware dan Contohnya

Sekilas pengertian modernisasi untuk bisnis terlihat sepele. Namun hal ini berpengaruh besar karena kita sedang berhadapan dengan era milenial yang mana hampir keseluruhan konsumen kita bersentuhan dengan dunia online dimana mobilitas dan fleksibilitas adalah raja dalam dunia bisnis modern.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud