Peluang Usaha Menjadi Makelar Online, Maksimalkan Potensi Anda!

Peluang-Usaha-Menjadi-Makelar-Online

Punya bakat jadi makelar? Sebagian dari rekan-rekan mungkin merasa ada jiwa bisnis ala makelar dalam diri Anda. Dengan modal kemampuan me-lobi plus jaringan yang luas, nampaknya profesi bisnis ini masih menjadi andalan sebagian orang. Bahkan terkadang dalam beberapa bisnis kecil, tidak dibutuhkan kemampuan marketing yang muluk-muluk untuk bisa menjadi makelar. Yang dibutuhkan adalah insting bisnis untuk menemukan 2 pelaku utama pasar, yakni penjual dan pembeli lalu menjembataninya.

Lalu ketika tren jual beli online semakin meningkat seperti saat ini, apakah ilmu makelar bisa digunakan untuk mengais keuntungan? Jawabnya 100%  Iya. Kini semakin banyak masyarakat yang telah sadar kemudahan yang bisa didapatkan dalam jual beli online. Tidak hanya untuk konsumen, produsen juga menangkap tren bisnis online sebagai sebuah keharusan jika ingin semakin berkembag dan tidak kalah saing dengan pebisnis lain.

Nah disinilah para makelar online siap beraksi. Mengamati peluang, menghubungkan penjual dan pembeli, dan uang pun datang.

Menjadi Makelar Bisnis Online

Yang menarik, kini semakin banyak model bisnis online yang sebenarnya mengadopsi sistem makelar. Sebut saja affiliate, reseller, #dropship, kemitraan hingga jasa periklanan. Semua pada dasarnya mempunyai tujuan utama yakni menghubungkan antara pihak yang membutuhkan produk atau jasa, dengan pihak yang mampu menyediakan produk atau jasa tersebut.

Kembali pada konsep dasar makelar kita harus jeli melihat pasar kemudian menghubungkan kedua pihak tersebut. Cukup simple, namun jika terapkan di ladang bisnis online mungkin banyak dari rekan-rekan yang merasa menjadi makelar online tidak semudah itu. Oke, pertama-tama kita bahas mengenai konsep pembeli dan penjual di bisnis online terlebih dahulu.

Artikel lain: Bisnis Dropship ~ Peluang Bisnis Online Tanpa Produk Sendiri

Menemukan Konsumen Online

Untuk menjadi seorang makelar online yang baik kita harus faham dari mana dan bagaimana mengelola konsumen online. Dengan makin mudahnya masyarakat mendapatkan akses internet, tentu semakin memperbesar potensi pencarian kebutuhan mereka secara online.

Para konsumen mulai faham bahwa internet merupakan dunia tanpa batas yang menampung berbagai macam hal yang kita butuhkan. Plus ditambah lagi dengan iming-iming berbagai kemudahan dan keuntungan, membuat transaksi online tentu kian dilirik.

Kita harus mampu memanfaatkan hal tersebut yakni dengan cara membuat “chanel” online yang dapat menampung para konsumen online tersebut. Chanel online tersebut dapat diwujudkan dalam 2 bentuk yakni komunitas dan brand.

Contoh komunitas disini yakni seperti forum online, sedangkan brand contohnya yakni Facebook Page mengenai produk atau jasa yang akan ditawarkan. Kita bisa memilih mengembangkan salah satu atau menggabungkan keduanya. Yang jelas dalam wadah tersebutlah kita bisa mulai mencari konsumen online.

Artikel terkait: Cara Membuat Facebook Fans Page Untuk Bisnis Anda




Menemukan Penyedia Produk atau Jasa

Yang kedua yakni penyedia produk atau jasa yang akan kita jembatani. Dalam mencari atau memilih rekanan produsen, kita harus cermat utamanya dalam hal besarnya potensi pencarian produk tersebut via online. Jangan sampai kita memfasilitasi produsen yang produk atau jasanya sangat minim sekali di cari di Internet.

Pada dasarnya produsen sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis yakni off-based location dan on-based location. Apa itu produsen off-based location? Yakni produsen yang tidak mengharuskan adanya lokasi khusus untuk menjalankan bisnis tersebut. Sebagai contoh yakni model bisnis dropship dimana ketika order masuk kita tinggal menyampaikan pada produsen dan semua proses selanjutnya telah ditangani oleh produsen.

Ini merupakan model konvensional dan sebenarnya sangat mudah dijalankan. Mungkin rekan-rekan pernah melihat ibu-ibu atau mahasiswi yang sering update produk fashion dan kecantikan pada akun media sosial mereka. Itu merupakan penerapan paling mudah sebagai makelar online.

Berikutnya yakni produsen on-based location, yang membutuhkan tempat khusus untuk menjalankan bisnis. Umumnya model on-based location lebih banyak didominasi penyedia jasa bukan produsen barang. Sebagai contoh yakni ketika kita berpartner dengan bisnis bimbingan belajar. Untuk menjalankan peran makelar bisnis semacam ini umumnya kita lebih bergerak pada ranah lokalisasi target pasar. Mencari calon peserta didik bisa dilakukan dengan mencari komunitas online di sebuah daerah atau menciptakan “chanel” online via #media sosial.

Jika terkendala dengan kemampuan digital marketing yang kurang mumpuni semisal masalah periklanan atau SEO untuk mendukung pencarian via mesin pencari, kita tidak perlu pusing. Pada tahap ini sudah banyak jasa digital marketing yang siap membantu kita. Tinggal kita memaksimalkan peran makelar kita dan menyerahkan sisanya pada para ahli.

Baca juga: Ingin Berbisnis Dropship Via Tokopedia? Berikut Ini Tips Ampuhnya

Semua komponen diatas harus dipahami betul jika ingin menjadi seorang makelar online yang hebat. Intinya adalah menjalankan peran kita dalam hal menjembatani produsen dan konsumen. Jika terpentok masalah teknis tinggal kita lempar pada para ahli di bidang tersebut. Semoga pemaparan diatas dapat membantu dan memberi inspirasi bagi rekan-rekan Maxmanroe.




5 total comments on this postSubmit yours
  1. Pengin jd broker property online tlg infox

  2. Ya, makelar online sama dengan afiliasi. Tentu saja, kata afiliasi lebih mentereng daripada makelar. Kata mekelar terlalu merendahkan dan cenderung sebagai pekerjaan kurang gengsi. Padahal, kini kata gengsi sudah tidak penting. Yang penting adalah berhasil dan sukses serta tidak menipu atau korupsi.

  3. saya pengen paham tentang bisnis online sob,tolong dikasih cara atau dbantu sob..

  4. Saya sedang belajar bisnis online. Satu artikel masukan yang bagus buat saya. Thanks gan. Salam kenal ya!

  5. Saya lebih minat jadi broker properti. Kerjaannya keliling n cari rumah yg di jual, n selanjutnya kita iklankan di internet.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud