Beranda Bisnis Ingin Berbisnis Dropship Via Tokopedia? Berikut Ini Tips Ampuhnya

Ingin Berbisnis Dropship Via Tokopedia? Berikut Ini Tips Ampuhnya

Berbisnis-Dropship-Via-Tokopedia

Seperti telah dijelaskan pada beberapa artikel sebelumnya mengenai model bisnis #Dropship, model bisnis yang satu ini memang sangat menarik untuk diterapkan khususnya bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis online tetapi tidak mempunyai produk sendiri untuk dijual. Bermodal media sederhana untuk membangun link dengan konsumen, kita sudah bisa memulai bisnis online riil dengan potensi penghasilan yang juga menjanjikan.

Salah satu yang semakin diminati saat ini adalah berbisnis dropship via Tokopedia. Kenapa memilih Tokopedia? Alasan utamanya mengapa Tokopedia bisa menjadi ladang subur dropshiping adalah banyaknya penjual grosir pada situs mall online tersebut. Selain ritel seller, Tokopedia.com bisa dikatakan sebagai salah satu markas besar pedagang grosir aneka produk yang bergerak di ranah online.

Namun memulai berbisnis grosir via Tokopedia tentu tidak semudah itu, kita perlu mengetahui dengan baik proses kerjasama serta kredibilitas supplier. Meskipun Tokopedia mempunyai sistem rekrutment merchant yang baik, bukan tak mungkin banyak penjual nakal yang bisa merugikan kita nantinya.

Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba sistem bisnis dropship via Tokopedia ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini agar jual beli berjalan lancar.

Artikel lain: Tips Cara Jualan di Marketplace, Mari Bersaing di Keramaian

Pantau Keaktifan Merchant

Tokopedia menyediakan beberapa fasilitas pendukung untuk memantau kualitas merchant (#toko online). Di dalamnya termasuk catatan penjualan, review pelanggan serta diskusi antara merchant dengan pelanggan. Dan mungkin salah satu yang paling menonjol adalah sistem rating yang diberikan pelanggan setelah membeli suatu produk pada merchant tersebut.

Namun jangan sampai kita hanya memperhatikan merchant “bintang 5” saja, karena bintang 5 bukan jaminan merchant tersebut benar-benar berkualitas. Sebenarnya indikator yang tepat untuk menentukan baik buruknya sebuah supplier adalah keaktifan serta respon yang diberikan. Faktor kemudahan komunikasi menjadi keharusan karena #transaksi online sangat mengandalkan kepercayaan. Kita bisa melakukan testing dengan menanyakan beberapa hal seputar barang yang dijual, merchant yang baik tentu akan memberikan respon yang baik juga.

Saran lain yakni pilihlah supllier yang terdaftar sebagai Gold Merchat atau Promote Merchant, karena mereka merupakan merchat yang mendaftar dengan tidak gratsi alias berbayar. Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka benar-benar merchant yang serius menjalankan bisnis via Tokopedia.
Pilih merchant yang sedang berkembang

Mungkin terdengar aneh, jika ada supplier  yang sudah besar kenapa harus mencari penjual sedang berkembang? Alasannya adalah umumnya penjual yang memiliki skala besar mempunyai respon yang kurang baik untuk kita para dropshiper. Pasalnya penjual grosir besar memang lebih mencari rekanan yang membeli dalam jumlah besar juga. Hal ini berkebalikan dengan penjual yang sedang berkembang. Mereka akan lebih aware terhadap dropshiper karena memang mereka membutuhkan kita.

Namun kita tetap harus memperhatikan poin pertama tadi sebagai acuan utama. Ini memang bukan hal mutlak karena juga ada pedagang besar yang masih memperhatikan tawaran kerjasama para dropshiper.

Pilihan Produk yang Tidak Terlalu Spesifik

Ketika kita mencari produk potensial yang di jual di Tokopedia, kita juga harus memperhatikan mengenai ketersediaan produk tersebut. Sebagai contoh kita melihat sebuah merchant menjual produk kerajinan tangan handmade yang sangat unik dan dirasa potensial untuk dijual.

Lebih baik jangan mengambil produk semacam itu, pasalnya jika terjadi masalah para supplier maka otomatis pasokan produk tersebut terhenti. Padahal pesanan mulai menumpuk. Dampaknya kredibilitas kita sebagai dropshiper yang dipertaruhkan.

Lebih baik memilih produk yang dibuat secara masal, jadi ketika satu merchant bermasalah kita masih bisa mencari jaringan produk yang lain. Solusi lain adalah jika produk unik tersebut memang sangat potensial untuk dijual, kita bisa membatasi penjualan serta memastikan kesanggupan merchant tersebut.

Jalin Hubungan Lebih Baik

Tips terakhir untuk melancarkan bisnis dropship via Tokopedia adalah menjalin hubungan yang lebih baik dengan merchant. Pada awalnya mungkin semua komunikasi serta proses jual beli dapat dilakukan secara online. Namun jika kerjasama telah dirasa berjalan dengan baik terlebih jika toko fisik merchant tersebut masih terjangkau untuk dikunjungi, alangkah lebih baik kita berkunjung ke lokasi offline merchant tersebut. Selain untuk mempererat hubungan, kita bisa mendapatkan keuntungan lain seperti dapat mengetahui kualitas produk secara langsung serta kemungkinan mendapat diskon “pertemanan”.

Baca juga: Tips Sederhana Meningkatkan Penjualan Toko Online Anda

Berbisnis dropship via Tokopedia memang sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik. Dan melalui pengamatan serta pemilihan rekan supplier, praktis akan semakin meningkatkan penjualan kita. Tertarik berbisnis dropship? Langsung saja kunjungi Tokopedia.com sekarang juga.

36 KOMENTAR

  1. naah ini sebaiknya droopship lebih meningkatkan kwalitas dalam melayani resseler supaya tdk terjadi adanya barang dagangan kosong atau dan sebagainya..tapi artikel ini juga bagus mantaab lanjutkan

  2. Gan mau tanya . Kalo mau jd dropshipper tp lokasi nya beda dengan seller nya . Trus ongkir nya gimana ?
    Contoh : seller berlokasi di Jakarta . Sedangkan ane yg jd dropshipper berlokasi di Semarang . Untuk buyer/ pembeli nya di Semarang . Terus hitungan ongkir nya gimana ?
    Mohon bimbingannya .
    Terima kasih

    • Hitung biaya ongkirnya ya dari lokasi supplier ke lokasi pembeli dong mas Aji :)

  3. saya sudah punya toko di TOKOPEDIA, tetapi blom pernah jualan, trus caranya saya menjadi dropship bagaimana?

  4. Mau tanya nii.. Masih newbi mslah dropshipper. Kl misalkan sya ngmbil brg dr batam, nnti toko/alamtnya yg dtoko nyantumin alamat dropshipper atau alamat yg kita ambil brng? Trs proses dropshippee ke tokopedia gmn

    • Yang namanya dropship tentu alamat pengiriman ya menggunakan alamat mas Eno sebagai dropshipper di kemasannya.

  5. Kelebihan dropshipping :

    * Tidak memerlukan modal untuk membeli barang karena pembelian baru dilakukan jika ada permintaan.
    * Tidak perlu gudang & inventori.
    * Tidak repot membungkus barang pesanan, karena kami yang akan melakukan nya.
    * Memiliki pelanggan sendiri karena pembeli tidak mengetahui bahwa anda melakukan metode dropshipping, sehingga tidak khawatir kehilangan pembeli tetap, misalnya kalau si pembeli mau beli lagi maka pada pembelian berikutnya dia akan beli lagi lewat anda.
    * Paket Pengiriman akan dikirim menggunakan nama Dropshipper.

  6. Mantap mas infonya, tapi saya kesulitan menjadi dropshiper di toped dan jual lagi di toped, harus modal duit dulu, gk bisa tanpa modal. soalnya pembeli klaim barangnya sudah diterima, saldonya baru masuk ke akun kita.

  7. tolong dong di pandu dari awal sampai selesai untuk jadi dropshiper , apakah mesti buka toko dulu di tokopedia atwa bagaimana ya ?
    balas via email ya ?
    thanks

  8. Kalau resseler sama orang dropshipnya beda tempat/luar kota/pulau itu hitungan pengirimnya ikut resseler apa dropshipnya…

    • Reseller dan dropship itu agak berbeda pak Ubet, ini maksud pertanyaannya bagaimana ya?

  9. maaf gan ane mau tanya nihhh…. maklum masih newbie.
    saya mau jadi dropshiper di tokopedia, terus kalau saya pesan / ngambil barangnya di tokopedia juga. apakah bisa saya input resi jne yg sama juga ke customer saya??? sedangkan toko yg saya beli juga input resi yg sama ke toko saya. mohon pencerahannya. thanks

  10. bagaimana mas, cara reseller atau dropship menjual ditoped?
    apa bisa?

  11. wah ini yang sangat saya butuhkan.

    baru mau terjun ke dunia per dropshippan.
    masih awam sekali karena banyaknya pilihan di toped.

  12. Saya mau nanya tentang point “Pilih Marchant yang Sedang Berkembang”. Saya setuju dengan pendapat itu, namun kadang saya sulit membedakan mana marchant yang benar-benar supplier dan mana yang dropshipper juga. Karna saya pernah menemukan marchant yang sedang berkembang itu ternyata dia juga seorang dropshipper walalupun tokonya sudah Gold Marchant. Nah apakah ada cara atau tips khusus untuk membedakannya antara marchant yang benar-benar supplier dan marchant yang ternyata dropshipper juga? Terimakasih

  13. Makasih banyak infonya ya..
    super..

  14. gimana cara dropship yg benar via tokopedia ? saya ingin jadi dropshipper di salah satu web supplier tas di batam karna harganya sangat murah, tetapi kan ditokopedia uang yg bisa di tarik dana baru bisa di tarik kalo pembelinya sudah mendapatkan barang yg dia mau ? bagaimana solusinya yg benar?
    makasih

    • Saya bingung, Anda mau jadi dropshiper di web supplier tas di Batam, tapi ngomongin tata cara penarikan uang di Tokopedia… maksudnya bagaimana ya mba Mimi?

      • Saya mau jadi dropshiper ditoko pedia
        Terus klo saya pesan barang di toko pedia juga.apa bisa saya input resi jne yg sama juga ke customer saya.sedangkan toko yg saya beli juga input resi yg sama ke toko saya

  15. Saya heran dengan toko saya, kompetitor saya bukan gold merchant sama seperti saya tapi kok penjualannya bagus jauh dari saya. belum nemu trik rahasianya.

  16. Ridwan Rismanto

    Saya sudah mengalami jualan di tokopedia dengan sistem dropshiper, malah sekarang saya udah berhenti memasok barang dari dropshiper, karena itu ketika ada yg order barang kosong. Ini salah saya sih gak update informasi ke drpoship nya, rencana mau bangkit lagi nih cari-cari dropship baru, yang benar-benar bagus yang membuat reputasi saya di tokopedia bagus.

    • Siang mas ridwan.Sy produksi oats cookies buat diet.Produk sy sdh pny ijin PIRT. Mas bs jd dropship kl berminat. Sy pny instagram nya oats_camilandiet. Mksh

    • Kita membuka peluang dropshipper di toped bg temen2 yg minat, nama toko qaweh produksi kopi hijau

      • kalo sy bantu jual boss berapa komisi per/Qtt

    • apakah kita dapat komisi dari harga dropsip.. karna sy pernah konsultasi via fb sama tokopedia harga tidak dpt di ubah jadi keuntungan bisa gk dpat.. padahal kalo kita jadi dropship prodak kita mungkin lebih banyak karna banyak reseller yg dpt kita pilih yg mana kita jual…. mohon pencerahanya bagamana cara mendapatkan keuntungan dari droopsip

  17. mantapp bro sharingnya .., thx

  18. Informasi dropshipnya bermanfaat banget! Bisa dapat penghasilan lebih setiap bulannya..

  19. Pengen terjun dropship, mudah2an awal bulan ini bisa mulai… Smangat!

  20. Makasih mas infonya, sangat menarik tentang dropship di tokopedia.

  21. Malem semuanya,gimana caranya menjadi dropship di toko pedia,,trimakasih

  22. baiklah.. kebetulan saya lagi pengen dropship, tapi kalo ditokped kan kita harus bikin toko dulu ya., alamat toko kita sebaiknya apa ya? kalo boleh jawab via email gan

  23. Makasih mas, saya mulai melakukan dropship dengan toped langkah awal biasanya saya kontak via pesan. Meskipun toped memberikan opsi dropship tetapi mengetahui langsung kesediaan merchant menurut saya juga sangat penting. Thanks mas

  24. iya biasanya memang di pemilihan suplier yang harus jeli,. karena tidak sedikit suplier yang kadang juga pelayanannya kurang baik ke reseller,

  25. Mantep mas artikelnya.. saya juga jualan via tokopedia.. hhe.. bener bgt saya kebetulan reseller.. sangat membutuhkan dropship2 lain.. hehe…

    • darimana dpt keuntungan untuk penjualan droopship.. karna perna sy tanyakan dari tokopedia harga tidak dpt dirubah.. sebagai seller droopsip.. mohon pencerahannya

Tinggalkan Balasan