Peluang Usaha Pulsa: Jenis Bisnis yang Tak Ada Matinya

Peluang Usaha Pulsa: Jenis Bisnis yang Tak Ada Matinya

Peluang bisnis pulsa

Peluang bisnis pulsa ini produknya tidak berwujud, namun sangat dibutuhkan khalayak ramai di jaman modern ini. Ya, siapapun saat ini butuh pulsa untuk ponsel agar membuat mereka bisa melakukan banyak hal, terutama untuk komunikasi.

Dalam bahasa Inggris pulsa sering disebut dengan istilan Mobile Payment dan dalam pengertian lain pulsa bisa berarti satuan di perhitungan biaya telepon maupun pembayaran untuk barang dan jasa menggunakan perangkat bergerak baik itu telepon genggam (ponsel) serta PDA.

Semakin banyaknya pengguna telepon genggam membuat kebutuhan akan pulsa semakin meningkat. Bahkan saat ini pulsa tidak terbatas lagi hanya untuk penggunaan menelepon dan sms, namun juga untuk pembelian paket data internet karena ponsel modern saat ini sudah memiliki layanan untuk mengakses internet.

Kebutuhan Peluang Bisnis Pulsa Semakin Meningkat

Semakin tingginya kebutuhan pulsa di masyarakat membuka sebuah peluang usaha yang membuat banyak orang mencoba peruntungan mereka di bisnis pulsa. Mungkin jaman dahulu pulsa hanya sering dijual pada kios maupun toko counter khusus dan hanya bisa dimiliki orang tertentu saja. Namun perubahan jaman telah memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk menjalankan bisnis pulsa ini secara serius.

Bisnis pulsa yang cukup populer saat ini adalah menjual pulsa elektrik, dimana pulsa elektrik dapat terisi langsung kedalam kartu provider pra bayar hanya dengan memanfaatkan fasilitas perantara elektrik. Menjual pulsa elektrik cenderung lebih mudah dibanding menjual pulsa voucher karena pulsa voucher berbentuk fisik dan harus dijaga dengan baik, ditambah lagi proses pengisian pulsa voucher lebih lama.

Dipastikan kebutuhan pulsa baik di desa maupun di kota akan terus meningkat, tentunya ini akan membuka peluang usaha bagi Anda yang tertarik untuk menjajal bisnis pulsa.

Artikel lain: Peluang Bisnis Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Sepintas Tentang Peluang Bisnis Pulsa

Bagi Anda yang masih pemula dan sama sekali belum pernah menjalankan bisnis pulsa ini, mungkin harus memahami dan memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah penggunaan chip yang ada dua tipe. Tipe pertama adalah 1 chip 1 operator yang biasanya merupakan chip resmi dan merupakan keluaran langsung dari operator seluler.

Beberapa contoh yang terkenal adalah Mtronik, Mkios, maupunEvo. Sistem ini memang merepotkan karena Anda harus mempersiapkan stok pulsa dengan nominal berbeda-beda. Nominal yang tersedia adalah 5ribu, 10ribu, 15ribu, dan seterusnya. Anda harus membeli stok, berapa pulsa yang bernominal 5 ribu dan berapa pulsa yang bernominal lain. Namun meski demikian, sistem 1 chip 1 operator dianggap lebih cepat masuk serta dapat lebih murah apabila Anda deposit dengan jumlah cukup banyak.

Tipe kedua adalah 1 chip all operator dimana proses transaksi pulsa ini harus melewati pihak ke 3. Pihak ketiga yang dimaksud adalah dengan melewati server one chip all operator. Artinya server all operator tersebut hanya berperan sebagai perantara saja antara penjual pulsa dengan para operator pulsa.

Sistem ini memiliki kelebihan yang bagus dibanding sistem lain, yakni 1 stok atau deposit dapat digunakan untuk semua operator. Artinya, jika Anda deposit ke server tertentu mencapai Rp 100.000, maka jumlah itu dapat digunakan untuk bertransaksi nomor operator provider manapun. Sayangnya sistem ini memiliki kekurangan pada prosesnya yang lamban. Ditambah lagi harganya sedikit lebih mahal dibandingkan sistem 1 chip 1 operator.

Tips Singkat Menjalankan Peluang Bisnis Pulsa

Setelah Anda memahami bagaimana sistem dari sistem distribusi pulsa, Anda juga harus memahami kembali apa saja yang penting dalam menjalankan bisnis pulsa. Salah satunya adalah dalam memilih ponsel khusus untuk berjualan. Pada umumnya penjual pulsa lebih sering menggunakan ponsel biasa, maksudnya adalah ponsel yang memiliki fitur standar.

Biasanya ponsel yang digunakan adalah ponsel ‘lawas’ bukan smartphone, meskipun ponsel modern juga bisa saja digunakan untuk penjualan pulsa. Ponsel standar sering digunakan karena penjualan pulsa elektrik hanya membutuhkan fitur sms, selain itu ponsel lawas ini biasanya lebih awet baterainya.

Tips berikutnya adalah memasang harga yang sesuai dengan pasaran. Jadi, Anda memang harus melakukan survei di pasaran berapa harga standar pulsa yang dijual. Jika kita mematok harga yang lebih mahal sedikit saja, bisa dipastikan orang yang berminat untuk membeli pulsa dari Anda akan berkurang.

Baca juga: Apa Benar Ada Bisnis Online Gratis Tanpa Modal?

Selain itu, promosi juga agaknya perlu dilakukan agar orang tahu jika Anda menjual pulsa. Terkecuali Anda memang membuka counter di tempat yang ramai, otomatis orang akan mengetahui bahwa Anda adalah penjual pulsa. Target konsumen bisnis pulsa bisa dimulai dari orang-orang yang kita kenal, misalnya orang terdekat kita, baik saudara, teman, maupun kerabat yang lain. Jadi, Anda tertarik berbisnis pulsa?

5 KOMENTAR

  1. Kunci sukses bisnis pulsa juga dari server pulsa yang harganya murah om :D

  2. Kunci sukses dalam berjualan pulsa adalah, tidak menerima pembayaran tempo (hutang)

  3. Tidak ada yang meragukan bahwa bisnis pulsa tidak akan pernah mati karena disebabkan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pulsa. Tetapi yang namanya bisnis selalu saja ada tantangannya. Satu hal yang pasti, jualan pulsa tidak akan pernah rugi walau sepeserpun asalkan mampu menjaga antara piutang dan jumlah transaksi yang masuk perharinya.

  4. aneka tenda murah

    ada betulnya juga sih, tapi menurut pendapat ane kalo pulsa ini modalnya cukup besar untuk mendapatkan keuntungan yang sedikit.

  5. Klik For Download Software Free

    Sayangnya biasanya banyak yang ngutang gan,,tapi ga pernah bayar,,
    wkwkwkwk

Tinggalkan Balasan