Inilah Pekerjaan Di Industri Game Yang Semakin Prospektif Di Masa Depan

perkembangan industri game

Image dari Businessinsider.com

Di dunia internasional sendiri industri game bisa dikatakan masih sangat muda jika dibandingkan dengan industri yang lain. Apalagi di Indonesia, industri game masih sangat minim pelaku di dalamnya. Namun sebenarnya jika kita perhatikan lebih dalam, saat ini industri game tanah air mulai menunjukkan ada geliat ke arah perkembangan yang positif.

Mulai bermunculan talenta muda yang masuk ke ranah game di Indonesia, meski jumlahnya masih sangat sedikit sekali. Industri #game sendiri jika bisa berjalan dan berkembang dengan maksimal, maka akan bisa membuka lapangan pekerjaan dan profesi baru bagi banyak orang.

Terutama bagi yang memiliki passion di bidang tertentu yang terkait dengan gaming, ini bisa menjadi wadah yang positif untuk kreasi mereka. Profesi atau pekerjaan apa sajakah yang sangat ada dalam industri game yang terus berkembang ini, perhatikan di bawah ini.

1. Programmer

Tentu saja programmer menjadi yang paling krusial pada industri game. Karena bagaimanapun juga tanpa adanya seorang programmer maka tidak akan muncul sebuah game. Programmer pada industri game ini pun juga bisa beragam, dari programmer yang bertanggung jawab pada artificial intelligence, programmer yang bertanggung jawab atas lancarnya grafis dan bahkan sampai pada programmer yang menghandle engine yang bisa mewujudkan game yang dibuat tersebut. Dalam tim yang mengerjakan proyek game dalam skala besar, biasanya jumlah programmer yang dipekerjakan juga banyak.

Artikel lain: Mengintip Profil 5 Orang Terkaya Dalam Industri Game Dunia

2. Desainer Game

Desainer game ini sering disalah pahami oleh beberapa orang yang belum tahu. Kata desainer memang sering diartikan dengan sesuatu yang berhubungan dengan visualisasi, namun desainer game sama sekali tidak bertanggung jawab terhadap hal itu. Desainer game justru lebih bertanggung jawab kepada alur permainan dalam game untuk memastikan para gamer bisa menikmati game yang dimainkan.

Tanggung jawab desain game juga sangat luas, sehingga biasanya juga tidak hanya diisi oleh satu orang saja. Banyak peran yang dibutuhkan, seperti sebagai desainer level, ada yang mendesain gaya permainan, atau ada juga yang bertanggung jawab sampai sampai pada urusan alur cerita.

3. Artis 2D/3D

Jangan bayangkan artis di sini seperti aktor atau aktris yang ada di televisi ya, karena artis di sini lebih kepada bagaimana membuat visualisasi pada game agar terlihat lebih artistik sehingga bisa dinikmati oleh para gamer.

Tugas dari pekerjaan ini dalam membuat visualisasi game meliputi penggambaran frame animasi, penggambaran konsep dari game itu sendiri, dan biasanya sampai pada konten untuk promosi. Skill yang dibutuhkan pada bidang ini adalah, pemahaman pada penggunaan #software, matematika bahkan juga sampai pada kemampuan seni pahat.

4. Tester Industri Game

Taster game adalah seseorang yang ditugaskan untuk mencoba game yang akan diluncurkan di pasaran. Sangat indah memang kedengarannya, setiap hari bisa bermain game terus. Namun kenyataannya tidak demikian, bagi tester sendiri pekerjaan seperti ini juga ada kalanya mengalami kejenuhan.




Bayangkan saja, Anda harus bermain game yang sama secara terus menerus setiap hari. Pasti membutuhkan tenaga dan energi yang besar untuk menjalaninya. Jangan dibayangkan game yang dimainkan seindah game yang sudah dijual ke pasaran, game yang dimainkan adalah game yang belum selesai dikembangkan, jadi masih banyak kekurangan di sana sini.

Baca juga: Menilik Besarnya Potensi Marketing Via Social Game

5. Pemain Game Profesional

Semakin berkembangnya industri game, membuat banyak digelar kompetisi game bertaraf internasional. Sehingga tentu saja ini bisa menjadi lahan baru bagi para penggila game untuk mengekspresikan kecintaannya pada game. Namun demikian sampai saat ini profesi sebagai pemain game profesional ini masih dianggap remeh, apalagi jika berada di lingkungan yang sedikit tertinggal.

Padahal jika berhasil memenangkan sebuah kompetisi, selain mendapatkan hadiah biasanya akan mendapatkan kontrak dari pengembang game besar. Dan, gaji sekaligus uang yang didapatkan dari kompetisi game juga tak main-main, bahkan ada yang mencapai milyaran rupiah.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. jadi game desainer itu salah satu cita-cita saya haha. selain saya juga gamers saya jga ingin jd pembuatnya. wkwkwk

    mampir ke web kami gan,

  2. saya tertarik ingin menjadi gammer professional min .. selain hoby, nanti juga dapat bayaran! hehe :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud