5 Tips Agar Aplikasi Mobile Anda Sukses dan Laris Manis

Tips-Agar-Aplikasi-Mobile-Anda-Laris-Manis

Pertumbuhan aplikasi mobile kini telah menggeliat, beberapa orang bahkan menjadikan hal ini sebagai ladang bisnis baru yang menjanjikan dan berprospek besar. Perkembangan teknologi #smartphone diduga menjadi penyebab menjamurnya apikasi mobile ini. Dengan semakin cerahnya potensi aplikasi mobile ini, maka para developer pun ikut bermunculan dan berlomba-lomba untuk membuat dan mengembangkan aplikasi mobile.

Peluang usaha mengembangkan #aplikasi ini tentu tidak jauh beda seperti kegiatan bisnis yang lain. Butuh perjuangan yang keras untuk membuat aplikasi yang Anda buat jadi sukses dan diunduh banyak pengguna. Beberapa strategi juga perlu Anda pikirkan agar Anda mampu bersaing degan developer lain dan usaha Anda membuat aplikasi menjadi tak sia-sia. Berikut 6 tips yang bisa Anda coba agar Aplikasi mobile Anda sukses dan laris manis:

1. Mulailah Dengan Yang Gratis

Ini seperti memberikan harga promo saat pertama kali Anda membuka resto atau me-launching sebuah produk. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan personal branding dan mendatangkan sebanyak mungkin jumlah  suspect atau calon pembeli. Aplikasi dengan versi gratis tentu akan membuat orang akan lebih mudah dan tidak terlalu berpikir untuk mengunduh aplikasi.

Apalagi jika tim developer Anda terkategori baru dalam dunia IT, tentu dengan memberikan versi gratis akan membantu Anda bersaing dengan developer lain.  Jika Anda langsung mematok dengan harga maka bukan tidak mungkin orang-orang keburu kabur dahulu. Binsis memang butuh pengorbanan, namun jika Anda mau bersabar, Anda bisa menjadikan aplikasi Anda dikenal banyak orang dan sukses.

Artikel lain: 7 Aplikasi Ini Sempat Gegerkan Jagat Android Di Tahun 2014

2. Presentasi dan Promosikan Dengan Menarik

Sebuah aplikasi mobile perlu untuk dipresentasikan. Untuk apa? Tentu saja untuk mengenalkan kehebatan dari aplikasi yang Anda miliki. Dan mempresentasikan aplikasi mobile ini bisa Anda lakukan dimana saja, bukan hanya dihadapan calon klien dengan cara offline. Mengulas dan memperesntasikan di #media online kini juga menjadi cara yang cukup efektif untuk mengenalkan produk sekaligus ajang promosi.

Sebagai pebisnis Anda dituntut tidak hanya jago membuat aplikasi namun juga mampu dalam segala hal, presentasi salah satunya. Dengan presentasi yang baik, Anda akan lebih mudah menarik orang untuk menggunakan atau pun membeli aplikasi Anda. Jika Anda belum memiliki keahlian untuk presentasi, Anda bisa belajar atau kursus kepada yang ahli dalam hal mempresentasikan produk.

3. Kelola Aplikasinya

Aplikasi yang baik adalah aplikasi yang selalu ada versi pembaruannya. Hal ini dikarenakan dengan versi pembaruan, aplikasi yang Anda buat  lebih dapat dipercaya sebagai aplikasi yang serius dijaga dan dipelihara, bukan hanya sekedar aplikasi asal jadi. Memperbarui aplikasi adalah seperti layaknya anda melakukan pengelolaan bisnis yang lain.

Memperbarui aplikasi juga merupakan bentuk kepedulian Anda sebagai developer untuk terus berinovasi dan serius untuk mengembangkan aplikasi. Persaingan yang semakin ketat dari tahun ke tahun dari banyaknya developer dan aplikasi selayaknya membuat Anda semakin terpacu untuk terus berinovasi pada kualitas fitur dan layanan dari aplikasi Anda.

4. Kemas Dengan Baik

Sehebat apapun sebuah produk atau jasa, tanpa adanya penegemasan (packaging) yang baik dan benar, maka bisa jadi produk tersebut akan tidak laku. Masyarakat Indonesia yang mayotitas masih berpedoman pada tampilan luar tentu akan sangat memperhatikan hal yang satu ini. Aplikasi yang telah anda buat sedemikian rupa dengan fitur-fiturnya tentu harus pula didukung dengan kemasan atau packaging yang baik.

Kemasan sendiri adalah bentuk dari sisi estetika atau keindahan. Jika Anda mampu mengkombinasikan sisi fitur dan kemasan yang baik, maka bisa jadi aplikasi Anda akan banyak diunduh dan laris manis.




Baca juga: Puali, Aplikasi Marketplace Jual Beli Online Dengan Konsep Twitter

5. Berikan Kesempatan Pengguna Untuk Mengkritik

Terakhir untuk bisa sukses dalam usaha aplikasi mobile ini adalah dengan meminta masukan dari para pengguna yang telah menggunakan aplikasi anda. Berikan ruang seluas-luasnya untuk para pengguna aplikasi Anda untuk melakukan kritik dan saran pada aplikasi Anda. Jangan takut dengan kritik, karena dengan kritik, Anda akan mengetahui celah dari kekurangan yang ada pada  aplikasi Anda, sehingga Anda bisa langsung segera memperbaiki kekurangan tersebut.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Thanks web owner… artike menarik, semoga anak2 muda kita semakin terbuka jiwa wirausahanya melalui pasar yg begitu besar ini..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud