Oscar Darmawan Raih Kesuksesan Dari Rasa Ragu Akan Mata Uang Digital

Image dari Twitter.com

Saat ini nama Oscar Darmawan mungkin sudah mulai banyak dikenal terutama bagi penggiat mata uang digital Bitcoin yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, bisa dibilang dirinya adalah salah satu orang yang mempopulerkan penggunaan mata uang Bitcoin di Indonesia.

Mempunyai basis usaha yang berada di pulau Bali, Oscar adalah pendiri dari situs jual beli Bitcoin, Bitcoin.co.id. Tidak main-main, situs tersebut saat ini bahkan diprediksi mampu menfasilitasi transaksi Bitcoin dalam jumlah miliaran setiap bulannya.

Inilah kisah unik dibalik kesuksesan Oscar mengembangkan bisnis Bitcoin.

Berawal Dari Rasa Ragu

Jika ditanya ketika pertama kali mendengar tentang mata uang digital, Oscar mengaku bahwa dirinya sama sekali tidak percaya tentang konsep yang ditawarkan. Ia ragu apakah memang konsep transaksi mata uang seperti itu benar-benar legal dan nyata.

”Saya memulai bisnis ini dengan skeptis, tidak  percaya dan ragu-ragu. Kok ada bisnis berjalan tanpa perantara, atau tanpa bank. Selain itu tidak ada komisi atau biaya administrasi untuk tiap transaksi,” kenangnya.

Artikel lain: Beli di Saat Murah, Inilah Kisah Roger Ver Yang Kaya Berkat Bitcoin

Namun justru karena rasa ragu tersebut, muncul keinginan untuk mencoba membeli mata uang digital yang pada waktu itu adalah #Bitcoin. Bitcoin, memang sempat menjadi fenomena baru bahkan dianggap sebagai salah satu penemuan terbesar industri finansial teknologi atau fintech.

Namun tidak sedikit pula pihak yang menyatakan bahwa Bitcoin justru memberi pengaruh buruk bagi perekonomian dunia. Dalam pertentangan tersebut, niat Oskar untuk mulai mendapatkan Bitcoin justru semakin muncul.

Jadilah, Oscar membeli bitcoin seharga US$ 8 pada Juli 2012. Dengan nilai 1 Bitcoin senilai Rp 40 ribu waktu itu. Siapa sangka kini nilai Bitcoin sudah melambung sangat tinggi bahkan hingga $100 dolar per 1 bitcoin.

Inilah awal mengapa dirinya langsung kepincut untuk mengembangkan usaha jual beli Bitcoin di Indonesia. Tidak hanya di beberapa negara maju, ternyata Bitcoin juga mulai mampu diterima di negara berkembang seperti Indonesia.

“Atas dasar inilah kami mencari peluang untuk membuka bisnis perdagangan atau jual beli Bitcoin di Indonesia,” kata Oscar.




Salah satu keuntungan yang selalu dipaparkan oleh Oscar terkait dengan penggunaan mata uang digital bitcoin adalah, banyaknya kemudahan serta kebebasan dalam penggunaan mata uang tersebut.

“Bitcoin dinilai sebagai transaksi yang sederhana dan murah, karena pembayaran tidak terikat pada negara tertentu dan tanpa regulasi. Pelaku usaha mikro sangat menyukai transaksi seperti ini karena tidak ada biaya kartu kredit,” tambah Oscar.

Erat Dengan Dunia Bisnis

Terkait dengan pengalaman bisnis yang pernah dialami oleh Oscar, sebenarnya dirinya sudah sangat erat dengan yang namanya dunia bisnis. Sejak kecil ia memang sudah sering melakukan usaha bahkan sejak masih duduk di bangku sekolah.

“Sedari kecil saya memang sudah gemar berbisnis. Bisnis apa saja, yang penting bisa menghasilkan uang,” ujarnya.

Mulai dari mainan hingga keperluan sekolah pernah dia jual untuk mendapat tambahan uang jajan. Bahkan ketika sudah menginjak bangku kuliah di Singapura, minatnya pada dunia bisnis justru semakin menggila.

“Saya orangnya suka mencoba berbagai usaha baru. Karena itu begitu saya mengenal e-money dan e-good saya langsung ikutan, sampai sempat jadi salah satu korban,” kisah Oscar.

Setelah pulang ke Indonesia, dengan modal sebesar Rp5 juta, ia mengembangkan usaha mandiri dengan mengontrak 4 buah komputer yang ada di sebuah warnet di kawasan Semarang. Usaha tersebut kini telah berkembang dengan Pondok Media (PT Bumi Inter Media).

Masih berkutat di bidang teknologi, perusahaan tersebut menangani beragam layanan seperti web development, internet marketing dan hosting provider. Yang membanggakan, usaha mandiri Oskar tersebut berhasil melakukan ekspansi wilayah hingga ke ibukota Jakarta bahkan ke luar negeri yakni Singapura.

Termasuk ketika mulai serius menggarap bisnis Bitcoin, pada waktu itu di tahun 2014 dengan modal sekitar Rp100 juta, bitcoin.co.id kini sudah mampu melayani lebih dari 120.000 member dengan nilai transaksi sekitar satu miliar per hari.

Baca juga: Bitbayar ~ Layanan Pembayaran Online Menggunakan Bitcoin

Potensi terbesar yang berhasil tercium radar bisnis Oskar adalah semakin banyaknya pemilik bisnis UKM yang mau menggunakan mata uang digital bitcoin. Terutama di kawasan Bali, penggunaan Bitcoin sudah mulai umum. Inilah alasan mengapa dirinya membuka kantor pusat pengembangan usaha di Bali.

“Saya ini sudah mulai berbisnis sejak usia muda. Bisa dibilang saya ini engine investor, jadi saya membangun bisnis dan kemudian saya persiapkan untuk take off,” ungkapnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud