Opera Neon ~ Browser Baru Dengan Fitur Anti Monoton

Image dari Opera.com

Belum lama ini pengembang aplikasi #browser, Opera, mengumumkannya rilisnya aplikasi browser terbaru yang diberi nama Opera Neon. Mengusung sejumlah fitur berbeda dengan kebanyakan browser saat ini, Opera Neon diklaim mampu memberikan sensasi menjelajah ruang internet dengan lebih menyenangkan.

Seperti apa saja fiturnya? Berikut ulasan lengkap tentang browser Opera Neon.

1. Interface Opera Neon

Hal pertama yang bisa kita amati dari browser ini tentu dari sisi interface. Mengikuti mayoritas browser populer seperti Google Chrome serta Firefox, Opera Neon juga didesain dengan lebih bersih serta ringkas. Kesederhanaan tampilan yang diberikan pada browser yang satu ini, pada kenyataannya sama sekali tidak mengurangi fungsi yang ditawarkan.




Secara umum ada 3 kolom utama yang bisa diakses oleh pengguna. Dari 3 kolom tersebut, kolom di bagian tengah merupakan kolom utama dengan tampilan dominan. Di dalamnya sudah ada beberapa ikon situs-situs besar yang bisa langsung diakses. Tampilan semacam ini cukup mirip dengan fitur yang diberikan browser mobile kebanyakan.

Artikel lain: Gello Browser ~ Aplikasi Browser Unik Dengan Fitur Internetan Offline\

Namun jika pengguna ingin melakukan custom pada ikon tersebut, bisa langsung melakukan dengan cara “drag and drop” dari sisi sebelah kanan. Di kolom sebelah kanan terdapat beberapa ikon lain serta ikon yang bisa disesuaikan atau diketik secara manual.

2. Tampilan Jendela Tab

Mayoritas browser saat ini menempatkan daftar jendela tab yang tidak terlalu jauh dari address bar. Namun hal ini tidak akan dijumpai pada browser Operation. Opera mendesain jendela tab layaknya jendela baru namun ditempatkan dalam ikon berbentuk bundar di kolom sebelah kanan.

Dari ikon tersebut, turut disematkan pula favicon dari situs yang disertai dengan label. Fungsi dari pemberian label ini adalah untuk mempermudah identifikasi dan pengenalan dari setiap situs. Namun sebenarnya, tampilan yang diberikan di bilah sebelah kanan sudah cukup besar jadi akan mudah untuk mengenali tiap jendela tab yang ada.

Jika nantinya kolom sebelah kanan sudah penuh, secara otomatis Opera Neon akan menampilkan tampilan scroll bar yang bisa memudahkan navigasi antar satu ikon dengan ikon yang lain.

3. Fitur Player

Inilah fitur yang tidak banyak ditemui di browser, yakni fitur player. Sesuai dengan namanya, fitur ini memiliki fungsi untuk memutar media. Media yang bisa diputar mulai dari musik hingga video. Jadi nantinya, setiap file tersebut dimuat, pengguna tidak harus membuka di jendela tab baru, melainkan secara langsung bisa memainkan musik.

Fitur semacam ini, tentu memberi keuntungan tersendiri bagi pengguna yang gemar mendengarkan musik kembali bekerja atau menjelajah dunia maya. Namun, perlu diperhatikan karena fitur ini juga mungkin menimbulkan gangguan dengan munculnya suara yang tidak diinginkan.

4. Fitur Penangkap Layar

Jika Firefox dan Chrome membutuhkan bantuan ekstensi atau aplikasi pihak ketiga untuk membuat tangkapan layar. Tapi tidak demikian halnya dengan Neon. Demi tujuan tertentu, Opera menambahkan fitur Snap yang memudahkan pengguna membuat screenshot laman tertentu.

Selain lebih mudah dan praktis, fitur penangkap layar yang disematkan secara default tentu bisa memberikan kinerja lebih baik daripada fitur yang ditambahkan melalui ekstensi atau aplikasi pihak ketiga. Pada beberapa kondisi, memasang ekstensi ke #aplikasi browser terkadang juga membuka kemungkinan persebaran virus atau program merugikan lainnya.

Untuk mengakses snap dapat dijumpai di menu kolom sebelah kiri, tepat di bawah Player. Untuk menggunakannya, cukup menandai laman dengan mengklik dan menarik menggunakan mouse atau keypad.

Baca juga: Fitur Ini Akan Memaksimalkan Browser Google Chrome

5. Fitur Gallery

Masih berhubungan dengan fitur sebelumnya, browser Opera Neon juga telah dilengkapi dengan daya tampung dalam bentuk fitur galeri. Dalam galeri tersebut nantinya pengguna bisa melihat hasil gambar screenshot yang telah ditangkap melalui fasilitas Snap. Di Gallery jugalah Anda dapat menghapus atau menemukan dari manakah sumber gambar aslinya.

Berikut tadi beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi browser baru, Opera Neon. Dalam keterangan resminya, aplikasi browser Opera masih akan disediakan secara terpisah dengan Opera Neon. Namun pihak pengembang menyatakan bahwa, dalam beberapa waktu ke depan semua fitur yang diterapkan pada Opera Neon akan ikut pula diterapkan pada aplikasi utama browser Opera.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. cakep tampilannya, kira-kira berat gak ya?

  2. luar biasa ya mas ada lagi browser terbaru yang patut untuk dicoba

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud