Gello Browser ~ Aplikasi Browser Unik Dengan Fitur Internetan Offline

Gello Browser ~ Aplikasi Browser Unik Dengan Fitur Internetan Offline

Image dari Techspot.com
Image dari Techspot.com

Bagi Anda yang sudah bosan dengan browser atau peramban #internet yang itu-itu saja, maka Anda harus bersiap dengan peramban unik yang satu ini. Jika selama ini kita harus internetan dengan browser secara online, bagaimana jika hal ini kita lakukan dengan offline.

Tentu sangat menarik bukan. Saya sendiri mendengar berita ini langsung tertarik untuk membacanya. Lalu siapa pihak yang sangat inovatif dalam menciptakan browser yang unik dan menarik ini? tidak lain tidak bukan adalah CyanogenMod, tim pengembang sekaligus pengoprek di balik custom ROM #Android dengan nama yang sama.

Ya, tim CyanogenMod baru-baru ini telah mengumumkan bahwa mereka sedang menggarap dan mengembangkan Gello, sebuah #browser terbaru untuk operating system Android yang berbasis browser Chromium open-source. Dalam Gello browser ini, CyanogeMod menjanjikan kustomisasi besar-besaran pada Chromium untuk kemudian diterapkan pada Gello dengan membawa beragam fitur baru. Lalu seperti Apakah Gello browser ini sebenarnya? Berikut ulasanya.

Tidak mencuri Ide Google

Kehadiran Gello Browser memang sedikit menimbulkan kontroversial, pasalnya Gello dikembangkan dari sebuah browser Chromimum open source Chrome milik Google. Namun CyanogenMod sendiri menampik jika pihaknya dituduh mencuri ide dari #Google. CyanogenMod menyatakan bahwa Chromium bersifat opensource, jadi siapa saja bisa melakukan pengembangan di dalamnya.

Tim CyanogenMod sendiri juga mengaku tidak ada permusuhan dengan Google, sehingga jika ada tuduhan bahwa pihaknya mencuri hasil karya Google, tentu hal ini tidaklah beralasan dan tidak benar.  “Kami pun juga tidak ingin penggunanya menghapus Chrome dari perangkat. Kami selalu memberikan pilihan pada Anda untuk menginstall paket aplikasi Google bersamaan dengan CyanogenMod,”  ujar Joey Rizzoli, salah satu tim CyanogenMod.

Artikel lain: Diakses 100 Juta User per Hari, UC Browser Pimpin Persaingan Aplikasi Peramban Indonesia

Fitur-fitur Menarik Dari Gello Browser

Gello Browser dibuat oleh CyanogenMod di tengah persaingan browser mobile Android buatan pihak ketiga yang semakin ketat. Namun berbeda dengan browser sejenis, Gello melakukan deferensiasi layanan dengan menawarkan pilihan custom lebih banyak yang bisa disetting sendiri oleh penggunanya.

Pengaturan yang ditawarkan itu sendiri antara lain adalah menyimpan halaman untuk dibaca saat offline. Selain internetan secara offline, Gello juga menawarkan fitur menyimpan file yang di-download dari web, di lokasi berbeda sesuai yang diinginkan, sekaligus mengubah nama file tersebut.

Tidak hanya itu, masih banyak fitur menarik yang bisa dinikati para penggunanya. Beberapa fitur menarik tersebut antara lain mencakup kemampuan untuk mengubah nama dan memidahkan unduhan, kemampuan untuk memutar tab yang terbuka dengan cukup menggeser, plus pengaturan privasi per situs. Fitur lain yang rencananya juga diproyeksikan CyanogenMod pada Gello adalah modus malam, modus penghemat daya, modus yang lebih kompleks seperti menghilangkan iklan dan foto sekitarnya badan artikel.

Tidak Kompatibel Pada Perangkat Low End

Meski nampak sangat menarik dengan banyak fitur yang ditawarkan, namun sayang Gello browser tidak bisa berjalan pada perangkat low end. Hal ini sendiri kemudian diyakinkan oleh pihak CyanogenMod yang diwakili Joey Rizzoli bahwa bagi pengguna yang memiliki perangkat low end atau perangkat dengan sistem partisi kecil maka ia tidak bisa menggunakan Gello browser.

Untuk memberikan gambaran pada Gello browser, pihak CyanogenMod mengunggah video berdurasi 5 menit. Namun sayangnya dari tayangan tersebut, banyak hal yang masih belum bisa diungkap.

Sebuah kepastian hanya muncul dari tidak disertakannya Gello browser ke Operating System Cyanogen yang berjalan pada #smartphone droid OnePlus One. CyanogenMod baru akan memasukkan Gello ke dalam ROM Android untuk perangkat yang telah di root di masa depan.

Baca juga: Fitur Ini Akan Memaksimalkan Browser Google Chrome

Masih Dalam Pengembangan

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa Gello browser ini memang belum diluncurkan secara resmi ke publik. Browser karya CyanogenMod ini sendiri masih dalam tahap pengembangan yang entah sampai kapan akan selesai. Yang jelas nanti saat diluncurkan secara resmi, Gello akan menjadi browser open source yang kontribusinya bisa dijalankan oleh siapa saja.

Meski belum ada kejelasan perihal peluncuran Gello browser  ini, namun dengan kabar dan informasi tentang banyak fitur-fitur menarik yang dibawa Gello, tentu saja membuat netizen terus penasaran dan menantikan perilisan dari CyanogenMod untuk Gello browser tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan