Nxtlvlgaming, Startup E-commerce Khusus Pecinta Game Esports

Nxtlvlgaming,-E-commerce-Khusus-Pecinta-Esports

Dunia e-commerce Indonesia semakin ramai saja, apalagi banyak sekali startup Indonesia yang bermunculan dengan inovasi dan karakternya masing-masing. Mulai dari #ecommerce yang menyediakan peralatan harian, gadget sampai dengan makanan pun sudah masuk dunia e-commerce.

Fenomena ini terjadi karena perilaku masyarakat Indonesua yang konsumtif dan ketertarikannya akan dunia teknologi sehingga membuat peluang bisnis dengan model lama namun produknya lebih variatif. Nah bagi Anda pecinta Esports, sekarang sudah ada  Nxtlvlgaming yang menyediakan produk yang spesifik dengan minat Anda. Berikut ulasannya.

Pendiri dan Apa Itu Nxtlvlgaming

Nxtlvlgaming adalah sebuah e-commerce berbasis komunitas, karena tanpa komunitas e-commerce ini tidak berjalan. Maka tak heran jika e-commerce miliknya ini begitu populer dikalangan gamers dan forum-forum besar tanah air seperti Kaskus serta Chip Online.

Nxtlvlgaming ini didirikan dengan tujuan dapat mengakomodir dan memenuhi kebutuhan bagi para penggiat esports di Indonesia. Seorang gamers sekarang bukan hanya membutuhkan skill dan kesenangan semata namun mereka pun butuh penunjang dalam menyalurkan hobi mereka pada esports.

Ada banyak situs e-commerce yang membingungkan para pembelinya karena tidak menyediakan produk yang spesifik bagi kebutuhan para penggunanya. Berangkat atas dasar itulah Nxtlvlgaming (Nxtlvlgaming.com) muncul kepermukaan untuk ikut meramaikan dunia e-commerce Indonesia.

Nxtlvlgaming didirikan oleh seorang pemain esports tanah air yang bernama Richard Permana, namanya bukanlah nama baru di kancah esports Indonesia yang saat inipun menjadi salah satu personil pada Tim Nxl (Teamnxl.com) Indonesia sekaligus sebagai pengurus Indonesia Esports Association (iespa.or.id).

Artikel lain: Google Meluncurkan E-commerce Bernama Google Store

Produk yang Tersedia di Nxtlvlgaming

Produk-produk yang tersedia di Nxtlvlgaming memang dapat ditemukan ditoko manapun yang menjual peralatan komputer dan periperal. Namun keunggulan dari Nxtlvlgaming adalah mereka fokus hanya pada produk gaming dan esports, dengan kelebihan itu maka pelanggan akan lebih mudah memilih barang dan meminimalisir kemungkinan kekeliruan pembelian, terutama bagi mereka yang baru mengenal dunia esports. Bukan barang yang umum saja yanng dapat ditemukan di Nxtlvlgaming namun pembeli juga dapat menemukan produk-produk limited edition yang tentunya menjadi incaran banyak gamers.

Salah satu produk yang ada di nxtlvlgaming

Salah satu produk yang ada di nxtlvlgaming

Richard mengalami kendala dalam menjalankan bisnis e-commercenya ini, masalah yang paling sering dialami adalah mengenai waktu pengiriman yang terkadang memakan waktu cukup lama dan klaim garansi yang kerap tidak jelas. Dengan kendala yang dialaminya Richard mencoba membuat solusi yaitu dengan memberikan harga pada produk yang mereka jual itu sudah termasu ongkos pengiriman.

Proses pengiriman yang dilakukanpun termasuk  sangat cepat, begitu pula dengan klaim garansi, tuturnya. Sebagai salah satu dari penggiat dunia esports, Richard juga menyadari bila sebagian orang lebih memilih untuk memegang langsung barang yang akan mereka beli, seperti misalnya mouse dan keyboard atau mousepad.




Alasan Mendirikan Nxtlvlgaming

Dengan dasar itulah Nxtlvlgaming juga dihadirkan kedalam bentuk nyata (toko offline) Nxtlvlgaming di dua mall besar  di Jakarta yaitu Toys City Pondok Indah Mall dan Lotte Shopping Avenue Mall.Rata-rata harga produk yang dijual di Nxtlvlgaming memiliki harga pada kisaran Rp 1 juta sampai dengan Rp 10 juta.

Melalui toko online dan offlinenya tersebut Richard mengaku mendapatkan omset yang cukup besar. Setelah berjalan dalam hitungan tahun, Richard selaku inisiator Nxtlvlgaming kini sudah memiliki beberapa karyawan yang bertugas untuk mengatur distribusi, memperbarui website, #media sosial, dan shipping.

Untuk saat ini, Richard mengaku bahwa e-commerce Nxtlvlgaming miliknya ini masih belum memiliki investor, semua biaya operasional dia dapatkan murni dari kantong pribadi. Kompetitor di ranah ini memang sedikit banyak mulai bermunculan, selain banyaknya penjual di forum seperti Kaskus, cukup banyak toko online yang sudah merambah dunia gaming seperti Drakuli dan PSE, walaupun kebanyakan dari mereka masih sebatas untuk game konsol saja.

Richard mencoba menargetkan Nxtlvlgaming dapat menjadi tempat berbelanja yang terpercaya bagi komunitas esports di Indonesia langkah nyata ini juga mulai di lakukan dengan mencoba membangun kerjasama dengan beberapa bank di Indonesia untuk mempermudah sistem pembayaran.

Baca juga: Bermain Monopoli Ternyata Mengajarkan Banyak Hal Tentang Pengelolaan Keuangan

Dengan makin banyaknya #startup yang bermunculan, hal ini diharapkan dapat memicu kreatifitas anak bangsa untuk lebih kreatif dan dapat melihat peluang seperti Richard. Semoga makin maju dunia startup Indonesia supaya menjadi pemain yang penting dalam industri startup Indonesua jadi bukan hanya pengguna semata.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. jadi makin suka nih main gamenya..

  2. Pecinta game bakalan suka banget sama situs ini nih….

  3. Aih bahkan dari sebuah hobi bermain game aja bisa ya menjadi sebuah startup. Kerenlah indonesia sebenernya mah cuman ya gitu anak sekarang taunya instan aja

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud